Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pesona Mistis Wisata Goa Pindul

Soko Guru di Goa Pindul, Yogyakarta

Kegiatan arung jeram mungkin sudah biasa Anda lakukan, tetapi menyusuri sungai menuju sebuah gua dengan ban pelampung sangatlah menegangkan dan mengasyikkan. Seperti itulah suasana yang akan Anda dapatkan ketika berwisata di Goa Pindul. Dengan memadukan kegiatan rafting dan caving inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan cave tubing di Goa Pindul.

Ketika Anda ingin melakukan cave tubing di Goa Pindul, tidak ada persiapan khusus yang diperlukan. Yang dibutuhkan hanyalah ban pelampung, jaket pelampung, dan senter, itupun juga sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola (Karang Taruna Dusun Gelaran I) dan sudah termasuk dalam paket wisata.

Objek Wisata

Memasuki Goa Pindul, Anda akan disambut oleh deretan stalagtit yang sangat indah yang seakan-akan mengucapkan selamat datang kepada Anda. Disinilah zona pertama yang akan Anda lihat, yaitu zona terang. Goa Pindul terbagi atas tiga zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap abadi.

Gua Pindul Wonosari, Gunung KidulSetelah melewati mulut goa, masih di daerah zona terang, terdapat satu stalagtit yang mempunyai bentuk yang sangat indah yang biasa disebut batu tirai. Terdapat pula beberapa stalagtit berukuran kecil dan sedang. Ada pula stalagtit dan stalagmit yang telah bersatu yang membentuk tiang dengan ukuran kecil. Zona ini dihuni oleh burung walet yang terkenal akan sarangnya. Di atas, terdapat sebuah lubang yang diatasnya pernah dibangun sebuah bangunan yang bertujuan untuk mengumpulkan burung walet agar mau bersarang tetapi tidak berhasil.

Stalagtit Stalagmit Goa Pindul, YogyakartaKeindahan ukiran bebatuan alam masih ditawarkan di zona remang hingga Anda memasuki zona gelap abadi. Zona ini sama sekali tidak tersentuh cahaya matahari sehingga para pemandu menggunakan alat bantu penerangan berupa senter. Di zona ini terdapat sepasang batu stalagtit dan stalagmit yang melambangkan kejantanan dan kewanitaan. Bagi para pria, terdapat sebuah stalagmit yang konon ceritanya jika disentuh dapat meningkatkan kejantanan seorang pria. Bagi para wanita, terdapat stalagtit yang konon ceritanya jika Anda terkena tetesan airnya dapat membuat Anda tampak lebih cantik dan awet muda. Tapi hanya bagi mereka yang beruntung saja, karena air dari stalagtit ini hanya menetes setiap sekitar 30 menit sekali. Di zona gelap ini Anda juga dapat menikmati lukisan abstrak di dinding atap goa yang di lukis oleh kelelawar penghuni goa pindul.

Stalagmit Batu Gong Goa Pindul, YogyakartaGoa Pindul memiliki sebuah stalagtit raksasa yang merupakan stalagtit terbesar ke 4 di dunia. Dibutuhkan 5 orang untuk melingkari stalagtit yang masih aktif ini. Oleh penduduk setempat stalagtit ini biasa disebut soko guru dan hanya tersisa celah yang bisa dilewati oleh satu orang saja. Bersebelahan dengan soko guru, terdapat stalagtit yang bila dipukul akan menimbulkan suara seperti gong sehingga disebut batu gong.

Mendekati akhir dari Goa Pindul, terdapat sebuah goa vertikal yang konon dari sinilah asal muasal nama Pindul muncul. Di bawah goa vertikal ini Anda bisa berenang, mengambil foto sebagai kenangan atau hanya sekedar bermain air dibawah sinar matahari yang memancar dari lubang di atas goa.

Lokasi

Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, tepatnya di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Akses

Dari Yogyakarta menuju Jalan Raya Wonosari ambil jurusan Piyungan yang menuju Bukit Patuk kemudian Hutan Bunder dan Anda akan sampai Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen). Dari Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) menuju Lapangan Gading kemudian pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) sampailah ke Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari ambil menuju Kota Wonosari) kemudian Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur di tengahnya) ambil arah ke kiri kemudian ikuti jalan aspal yang lebar (sampai ada pertigaan belokan ambil arah kanan) kemudian lurus hingga lampu merah sampai perempatan lampu merah lurus sampai ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo ambil kiri kemudian ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi. Sepanjang jalan menuju lokasi Gua Pindul terdapat banyak tulisan Pindhul/Pindul.

Tarif dan Fasilitas

Goa ini sisusuri dengan cara menggunakan ban pelampung yang ditarik oleh para pemandu. Penelusuran biasanya berlangsung selama 40 menit hingga 60 menit. Untuk tarif, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 30.000,00 dengan fasilitas ban pelampung, jaket pelampung, jasa pemandu dan asuransi.


View Wisata Goa Pindul in a larger map

One response to “Pesona Mistis Wisata Goa Pindul”

  1. Jojo says:

    tips bagi wisatawan:
    1.pilih tempat makan yang ada list harga makanannya.
    2.sebaiknya kalau berangkat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan terutama pada saat musim liburan.
    3.kalau mau beli foto dari fotografer amatiran jangan mau kalau lebih dari 10Rb(ini batas maksimal karena mrk sdh mdpt keuntungan 100%).
    4.pakai pakaian yang nyaman dan bawa baju ganti
    5.lebih baik bawa minuman kemasan dari rumah karena harga di sana sering tidak masuk akal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom