Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Melihat Sendratari Ramayana di Prambanan dan Purawisata Yogyakarta

hanuman-di-pertunjukan-sendratari-ramayana

Sendratari atau juga akrab disebut balet merupakan seni pertunjukan yang cantik, mengagumkan, dan sulit tertandingi. Pertunjukan ini mampu menyatukan ragam kesenian jawa, berupa tari, drama, dan musik dalam satu panggung dan satu momentum saat menyuguhkan Sendratari Ramayana, epos legendaris karya Walmiki yang aslinya ditulis dalam bahasa Sansekerta. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan itu dirangkum dalam empat lakon atau empat babak. Seluruh cerita disuguhkan dalam rangkaian gerak tari yang dibawakan oleh para penari yang rupawan dengan diiringi musik gamelan. Anda diajak benar-benar larut dalam cerita melalui lagu dalam bahasa Jawa dengan suasana yang khas.

Cerita Singkat

rahwana dalam pertunjukan sendratari ramayanaJika Anda dan keluarga tidak menguasai bahasa Jawa, sebaiknya Anda mengetahui garis besar kisah Ramayana ini. Wiracerita Ramayana menceritakan kisah Sang Rama yang memerintah di Kerajaan Kosala, di sebelah utara sungai Gangga, ibukota Ayodhya. Diawali dengan kisah Prabu Dasarata yang memiliki tiga permaisuri, yaitu Kosalya, Kekayi, dan Sumitra. Dari Dewi Sumitra, lahir putera kembar bernama Lakshmana dan Satrugna. Keempat pangeran tersebut sangat gagah dan mahir bersenjata. Saat beranjak dewasa, Rama mengikuti sayembara yang diadakan Prabu Janaka dan berhasil memenangkannya. Ia berhak meminang Dewi Sinta, Putri Prabu Janaka. Prabu Dasarata yang sudah tua ingin menyerahkan tahta kepada Rama. Atas permohonan Dewi Kekayi, Sang Prabu dengan berat hati menyerahkan tahtanya kepada Bharata, sedangkan Rama harus meninggalkan kerajaan selama 14 tahun dan memilih tinggal di dalam hutan.

pertunjukan sendratari ramayana di purawisata yogyakartaDalam masa pengasingannya di hutan, Rama dan Laksmana bertemu dengan berbagai raksasa, termasuk Surpanaka. Hidung Surpanaka terluka oleh pedang Lakshmana. Surphanaka mengadu kepada Rahwana, bahwa ia dianiaya. Rahwana marah dan berniat untuk membalas dendam. Dengan tipu muslihat, ia menculik Dewi Sinta, istri Rama. Setelah mengetahui istrinya diculik, Rama mencari Rahwana ke Kerajaan Alengka. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan Sugriwa, Sang Raja Kiskindha. Atas bantuan Rama, Sugriwa berhasil merebut kerajaan dari kekuasaan kakaknya, Subali. Untuk membalas jasa, Sugriwa bersekutu dengan Rama untuk menggempur Alengka. Dengan dibantu Hanuman dan ribuan wanara, mereka menyebrangi lautan dan menggempur Alengka. Rahwana yang tahu kerajaannya diserbu, mengutus para sekutunya, termasuk putranjya, Indrajit untuk menggempur Rama. Ia akhirnya gugur di tangan Lakshmana. Setelah sekutu dan para patihnya gugur satu per satu, Rahwana maju dan pertarungan sengit pun terjadi. Dengan bersenjatakan panah Brahmastra yang sakti, Rahwana gugur sebagai kesatria.

Purawisata Yogyakarta

Di Purawisata Yogyakarta, Anda juga dapat melihat pertunjukan Sendratari Ramayana. Jarak penonton dan panggung tidak terlampau jauh sehingga penonton dapat dengan dekat menyaksikan para lakon. Ditambah lagi dengan tempat duduk dari semen yang tidak terlalu berjauhan satu blok dengan blok lainnya, sehingga membuat suasana akrab tercipta di antara para penonton. Masing-masing yang hadir di sana mengenali wajah penonton lainnya. Satu yang disayangkan, kenapa lebih banyak turis asing yang menonton pertunjukan sendratari ini?

Video Sendratari Ramayana

Lokasi Pertunjukan

Untuk melihat pertunjukan ini, terdapat dua lokasi tetap, yaitu di halaman Candi Prambanan (tepatnya pada hari sebelum bulan purnama tiba) dan Purawisata Yogyakarta. Lokasi Purawisata Yogyakarta terletak di JL. Brigjend Katamso, Yogyakarta. Telepon : +62 274 – 7809 155

Harga Tiket dan Jadwal

Jadwal pementasan Sendratari Ramayana yaitu hari Senin sampai dengan Minggu pukul 18.00 – 21.30
Harga tiket Rp. 175.000,-/orang, sudah termasuk :

  • Makan malam di Restoran Jimbaran.
  • Melihat pentas gamelan selama makan malam.
  • Berkunjung ke backstage untuk melihat persiapan penari, jika Anda datang lebih awal.
  • Memotret selama pertunjukan.
  • Berfoto bersama para penari setelah pertunjukan selesai.

Fasilitas di Purawisata

Tersedia beberapa fasilitas yang berada di Purawisata Yogyakarta, antara lain :

  1. Restoran Kebun Gazebo. Hadir dalam gaya Jawa tradisional dengan menu masakan Indonesia. Iringan musik gamelan live oleh musisi profesional sehingga nuansa tradisi Jawa terasa kental.
  2. Restoran Jimbaran. Menu utama yang ditawarkan adalah seafood.
  3. Taman Wisata Ria. Tersedia berbagai jenis permainan yang pasti disukai oleh putra-putri Anda.
  4. Lapangan parkir.
  5. Toilet.


View Purawisata Yogyakarta in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom