Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Menikmati Pasir Putih dan Tebing Pantai Siung

pantai-siung-yogyakarta

tebing pantai siung yogyakartaKota Yogyakarta mempunyai beberapa pantai yang berderet di sepanjang pesisir pantai selatan. Salah satunya yaitu Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis merupakan obyek wisata andalan di Kota Yogyakarta yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara. Menjadi andalan obyek wisata Kota Yogyakarta, karena letaknya selain dekat dengan pusat kota juga lokasinya yang mudah dicapai. Jika Anda ingin merasakan suasana yang berbeda, dan ingin mencoba obyek wisata pantai yang baru dan mungkin Anda belum pernah ke sana, Anda bisa berkunjung ke Pantai Siung yang terletak di daerah Gunung Kidul. Gunung Kidul merupakan pegunungan kapur yang terletak di selatan Kota Yogya menyimpan pesona keindahan pantai yang sangat menawan. Selain terkenal dengan pesonanya, pantai Siung juga menawarkan lokasi panjat tebing yang sangat memukai bagi para pecinta olahraga Panjat Tebing. Dengan banyak pilihan lokasi panjatnya, karena itu banyak atlet panjat lokal dan mancanegara yang menjajal tebing Pantai Siung. Terdapat sekitar 245 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik jalur yang bermacam-macam.

Sebelum terkenal sebagai kawasan panjat tebing, pantai ini merupakan sebuah pantai yang kotor, sangat sulit dicapai, dan masih sepi. Tetapi, sejak dibukanya Pantai Siung menjadi area panjat tebing tahun 2000 silam, sedikit demi sedikit pengunjung mulai berdatangan ke pantai ini. Tidak hanya itu juga, pemkot Yogyakarta meresmikan pantai ini sebagai kawasan panjat tebing. Pantai ini pun semakin terkenal, karena digunakan sebagai tempat ACG 2005, merupakan kepanjangan dari Asean Climbing Gathering yang diikuti 6 negara dengan jumlah peserta sekitar 200 atlet panjat.

Obyek Wisata

pasir putih pantai siung  yogyakartaPantai Siung menyimpan potensi alam yang sangat luar biasa. Pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul yang berjarak sekitar kurang lebih 90 km dari Kota Yogyakarta ini menawarkan keindahan pantai dan juga deretan tebing-tebing tinggi yang indah. Biasanya beberapa pantai di Indonesia menawarkan pantai dengan olahraga airnya atau dengan para peselancarnya, namun berbeda dengan Pantai Siung. Pesona alam pantai dan panjat tebing, itulah yang ditawarkan Pantai Siung.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, Anda akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Jalan yang berkelok-kelok dan menaik, merupakan tantangan yang harus Anda lewati sebelum mencapai Pantai Siung. Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika Anda sudah berada di kawasan Pantai Siung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak, akan membuat suasana hati dan pikiran Anda tenang dan damai.

pantai siungSelain kegiatan panjat tebing yang bisa dilakukan di pantai ini, Anda juga bisa bermain pasir dan ombak, memancing, dan bermain sepak bola. Jika Anda suka berpetualan atau hiking, Anda bisa mengeksplorasi di sekitar kawasan pantai dengan berjalan naik menyusuri tebing-tebing yang berderet yang terletak di sebelah barat pantai.
Jika Anda ingin berkemah di sini, Anda bisa menggunakan tanah lapang yang berada di atas tebing dengan pemandangan laut lepas. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemui orang-orang yang sedang latihan panjat, biasanya mereka latihan pada sabtu dan minggu di sore hari. Waktu kunjungan terbaik di Pantai Siung pada saat sore hari. Karena dari atas tebing Anda bisa melihat matahari terbenam yang sangat indah.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Pantai Siung hanya dikenai biaya retribusi Rp 3.000,-. Tetapi, jika Anda menggunakan sepeda motor sendiri, Anda harus membayar biaya tambahan Rp 2.000,- untuk biaya parkir.

Lokasi

Obyek wisata Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia mash sangat minim, hanya tersedia tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk akomodasi hotel tidak tersedia di sini, tetapi jika Anda ingin bermalam di Pantai Siung, Anda bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya mirip rumah panggung dengan kapasitas kurang lebih sekitar 20 orang. Jika Anda ingin bermalam dengan suasana alam, Anda bisa membawa tenda sendiri yang bisa Anda gunakan di sekitar tebing-tebing.

Akses

Jika Anda dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta-Wonosari-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari. Sampai di terminal Wonosari, Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Tepus. Sesampai terminal Tepus, Anda bisa menggunakan jasa ojek, karena hanya itu transportasi umum yang bisa digunakan sampai ke Pantai Siung.

Info Tambahan

Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil dari terminal Wonosari dengan kapasitas 10 orang, jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Siung bersama rombongan. Poin tambahan lagi, Anda tidak perlu lagi ganti transportasi umum, karena jika Anda menggunakan jasa sewa mobil, Anda akan diantar sampai ke Pantai Siung.


Lihat Pantai Siung di peta yang lebih besar

One response to “Menikmati Pasir Putih dan Tebing Pantai Siung”

  1. TriHermanta says:

    temptny cantik… g kalah ma pantai d gunungkidul lainnya. monggo…mampir bro.. nikmati keindahan pntai n tebing2 yg menantan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom