Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pantai Sedahan Dan Pantai Greweng, Keindahan Alam Yang Tersembunyi

pantai greweng gunungkidul yogyakarta

Daerah Gunung Kidul memang memiliki banyak pantai yang dapat dijadikan objek wisata. Karena memang daerah ini merupakan daerah yang dekat dengan laut selatan, sehingga memiliki pantai yang sangat banyak. Salah satu pantai di Gunung Kidul yang masih alami bahkan sepi yaitu Pantai Sedahan dan Pantai Greweng. Jika anda menginginkan suasana pantai yang sepi serasa berada di pantai pribadi, Pantai Sedahan dan Greweng ini dapat dijadikan pilihan untuk berlibur.

 

Objek Wisata

Karena Pantai Sedahan dan Pantai Greweng merupakan pantai yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan, jalan menuju pantaipasir pantai greweng gunung kidul yogyakarta ini juga masih sangat sederhana. Sehingga cocok bagi anda yang suka berpetualang menyususri jalan setapak di tengah hutan, semak belukar, ladang penduduk dan menuruni bukit untuk menuju tempat ini. Ketika menyusuri jalan setapak menuju pantai, anda akan menemukan mata air dan sebuah gua yang masih sangat alami.

Pantai Sedahan dan Pantai Greweng tidak terlalu luas karena diapit oleh dua tebing, sehingga ombak hanya muncul dari satu arah, yaitu di tengah-tengah dua bukit tersebut. Kondisi pantai yang masih sepi membuat pantai ini cocok untuk camping sembari menikmati deburan ombak. Selain itu terdapat aliran sungai yang membentuk sebuah kolam yang tidak jauh dari bibir Pantai Greweng. Tempat tersebut biasa digunakan oleh pemuda-pemudi pecinta alam untuk mendirikan tenda. Air aliran sungai yang tawar tersebut juga memudahkan pengunjung yang berkemah untuk berwudhu dan memasak. Di Pantai Grewang ini pengunjung juga bisa memancing sehingga sangat seru ketika camping sambil mencari ikan untuk dibakar dan disantap bersama teman-teman. Benar-benar serasa berwisata di pantai pribadi.

batu karang pantai greweng gunugn kidul yogyakartaLokasi

Terletak di sebelah timur Pantai Wediombo, Pantai Sedahan dan Pantai Greweng ini berada di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke dua pantai tersebut.

Fasilitas

Karena merupakan pantai yang masih alami dan tersembunyi, tidak terdapat warung, kamar mandi, parkir motor dan penginapan. Sehingga jika pengunjung ingin bermalam, akan lebih baik jika membawa tenda sendiri. Sedangkan kendaraan dapat dititipkan di rumah penduduk yang tidak jauh dari Pantai Greweng atau di tempat parkir Pantai Wediombo.

Akses

Untuk menuju Pantai Greweng, pengunjung harus mengikuti petunjuk arah menuju pantai Wediombo. Dari kota Yogyakarta menuju jalan laut biru pantai greweng gunung kidul yogyakartaWonosari hingga bertemu denga pertigaan Tepus lalu ambil arah kiri (selatan) dan ikuti papan menuju pantai Wediombo. Sesampainya di pantai Wediombo, akan ada jalan setapak menuju Pantai Greweng. Namun karena minimnya penunjuk arah, anda jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar atau pemancing yang anda temui di jalan. Di jalan setapak yang berada di tengah hutan tersebut anda akan menemukan persimpangan jalan dimana arah ke kiri menuju Pantai Sedahan dan arah kana menuju Pantai Greweng.

Tips Berwisata

  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena di pantai ini anda tidak akan menemukan warung makan, khusunya bagi yang akan camping.
  • Usahakan berkunjung ke pantai ini bersama teman-teman, karena lokasi yang sangat sepi dan jauh dari pemukiman warga sangat berbahaya jika anda datang sendirian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom