Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pantai Kukup, Menikmati Deburan Ombak Di Atas Pulau Jumino

pantai kukup gunung kidul yogyakarta

Pantai Kidul, memang terkenal dengan misteri ratu pantai selatan. Namun siapa sangka ternyata banyak sekali deretan pantai selatan yang menyimpan keindahan. Mulai dari pantai berpasir hitam hingga pantai berpasir putih dapat anda temui di sepanjang deretan pantai selatan yang berada di Kota Yogyakarta. Salah satunya yaitu Pantai Kukup, pantai dengan pasir putih yang cukup dekat dan mudah dijangkau.

Objek Wisata

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki pasir berwarna putih. Selain pasirnya yang putih, pantai ini juga memiliki keistimewaan dibandingkan pantai-pantai yang lain. Jika biasanya pantai terdiri dari pasir-pasir yang merupakan kikisan dari karang laut yang terdampar, Pantai Kbatuan karang pantai kukup gunung kidul yogyakartaukup merupakan pantai yang merupakan gabungan dari pasir dan batu. Di daerah kering pantai ini berupa pasir putih, sedangkan area pantai yang terkena ombak merupakan batuan besar yang berbentuk datar seperti lempeng. Sekilas memang tidak begitu terlihat, namun deburan ombak yang menuju ke pantai terpecah setelah terkena lempengan batu tersebut. Karena itu sangat berbahaya jika bermain air terlalu dekat.

Sebelah timur Pantai Baron terdapat pulau kecil bernama Jumino yang sudah dibangun jembatan untuk menyeberang ke pulau kecil tersebut. Di atas pulau terdapat gardu pandang yang cukup luas dan bisa digunakan untuk berteduh sambil menikmati angin pantai yang berhembus dan suara deburan ombak yang menghempas dinding batu karang. Dari gardu pandang tersebut anda dapat melihat deburan ombak yang mengahantam bebatuan karang di selah timur gardu yang berbatasan langsung dengan laut. Jika lebih jauh memandang ke timur, anda akan melihat hamparan pantai yang cukup kecil dan sepi. Pantai tersebut bernama Pantai Porok. Walau kecil, terdapat gardu pandang di dataran tingginya. Berdasarkan penuturan warga sekitar, terdapat jalan setapak menuju Pantai Porok tersebut. Suasana yang cukup sunyi namun masih berdekatan dengan area yang ramai penduduk, membuat Pantai Porok tempat yang seru untuk berkemah.

panorama pantai kukup gunung kidul yogyakartaSelain menikmati pemandangan di gardu pandang, anda dapat menikmati laut dengan menyewa payung pantai yang sudah tersedia. Selain payung pantai, terdapat penjual yang menjajakan jaring ikan di pinggir pantai. Jaring ikan kecil tersebut biasanya disukai oleh anak-anak untuk menjaring ikan-ikan kecil yang terdampar di antara bebatuan karang pantai. Tidak jauh dari pantai terdapat penjual aneka macam ikan hias seperti ikan gembung, bintang laut, belut laut dan lain sebagainya. Sehingga cocok untuk anda yang ingin menambah koleksi ikan di akuarium.

Harga Tiket

Untuk masuk area Pantai Kukup, pengunjung hanya perlu membayar parkir. Uang parkir masuk Pantai Kukup yaitu Rp. 2.000,00 untuk motor dan Rp. 5.000,00 untuk mobil dan bus.

Lokasipulau jumino pantai kukup gunung kidul yogyakarta

Pantai Kukup terletak di sebelah timur Pantai Baron, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakatra.

Fasilitas

Karena merupakan area pantai di Gunungkidul yang mudah dijangkau oleh motor hingga bus-bus besar, fasilitas yang berada di Pantai Kukup cukup lengkap. Diantaranya yaitu warung makan, jajanan aneka olahan laut yang di goreng, area parkir, mushola, pendopo untuk pertemuan, penginapan serta terdapat tim penyelamat.

Tips Berwisata ke Pantai

  • Sebaiknya gunakan kacamata jika anda berkunjung pada siang hari agar tidak silau karena panasnya sinar matahari.
  • Jika ingin suasana yang teduh dan sejuk, sebaiknya berkunjung diwaktu pagi dan sore hari.
  • Jika hendak bermain air, sebaiknya gunakan pakaian berbahan tipis agar cepat kering. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti sekaligus sabun mandi agar badan tidak lengket karena air laut.
  • Jangan lupa gunakan pelembab kulit ketika bermain ke pantai untuk menjaga agar kulit tidak kering akibat paparan sinar matahari secara terus-menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom