Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pantai Krakal, Deretan Pasir Putih Dan Batu Karang Yang Indah

pantai krakal gunung kidul yogyakarta

Berada pada deretan pantai yang berada di Gunungkidul, terdapat pantai Krakal yang menyimpan keindahan khususnya bagi para penjelajah pantai. Letaknya yang berada dideretan pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini dan Sundak, membuat Pantai Krakal tidak sulit untuk ditemukan.

Objek Wisata

Pantai Krakal merupakan pantai dengan garis pantai yang panjang daripada pantai-pantai lain di Gunungkidul, yaitu mencapai 40.000 meter.  Dengan hamparan pasir putih dan beberapa batu karang besar di bibir pantai, memberikan pemandangan yang berbeda-beda disetiap tempatnya. Dari arah depan pintu masuk Pantai Krakal, anda akan disuguhi dengan pantai yang cukup landai dan aman untuk bermain karena disitu terdapat bebatuan karang kecil yang berwarna agak kehijauan mepasir pantai krakal gunung kidul yogyakartambuat debuaran ombak sedikit teredam. Jika pantai sedang surut dan bebatuan berubah menjadi hijau karena ditumbuhi lumut, terdapat ikan-ikan hias yang bermunculan. Ikan hias tersebut seperti ikan Kepe, Bustum, Pogat dan Tiger. Di sebelah kanan, terdapat batu karang yang besar dan di tumbuhi tanaman pantai di atasnya. Karena dibawah batu karang cukup teduh ketika matahari mulai condong ke barat, biasanya tempat ini digunakan untuk berfoto sambil bermain air.

Jika lebih jauh menjelajah, terdapat jalan setapak ke arah timur yang berada di atas bibir pantai. Di dekat jalan setapak tersebut anda dapat menemukan tempat penginapan dan beberapa warung makan. Berada di depan deretan warung makan, Pantai Krakal kembali menampakkan keindahannya. Di area timur ini terdapat dua batu karang yang besar. Batu karang yang pertama berada di pinggir bibir pantai. Sehingga dapat digunakan uair laut pantai krakal gunung kidul yogyakartantuk bermain air dan berenang karena terdapat genangan air di sela karangnya. Sedangkan batu karang yang ke dua berada dibelakangnya dan lebih menjorok ke laut. Sehingga sangat sulit dan berbahaya untuk di dekati. Uniknya, batu karang yang berada di tengah tersebut berlubang cukup besar dibagian bawahnya. Seakan-akan deburan ombak membuat batu karang tersebut terkikis hingga menimbulkan rongga.

Di area Pantai Krakal bagian timur, deburan ombaknya cukup besar. Sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak jika bermain air di sini. Pasir pantainya juga lebih miring dan curam. Ketika ombak surut seaolah-olah air laut berada jauh dari jangkauan, namun ketika ombak datang, sapuannya bisa naik dan membasahi tubuh anda. Karena itu disarankan berhati-hati ketika bermain air di Pantai Krakal sebkarang pantai krakal gunung kidul yogyakartaelah Timur. Namun, besarnya ombak di Pantai Krakal dapat dimanfaatkan untuk bermain surfing. Khususnya bagi para surfer pemula, ombak di Pantai Krakal cocok untuk latihan. Namun, surfing bukanlah jenis olahraga yang populer di kalangan penduduk setempat. Sehingga anda harus membawa papan surfing sendiri karena belum ada tempat persewaan surfboard.

Jika anda berkunjung ke Pantai Krakal bersama keluarga dan anak-anak, terdapat area pantai yang cukup aman dengan deburan ombak yang kecil. Area tersebut berada di bagian paling barat. Dari pintu masuk Pantai Krakal, langsung saja belok kanan dan terdapat jalan setapak. Ikuti saja jalan setapak tersebut dan anda akan disuguhi dengan pantai kecil dengan batu karang di sisi kanan dan kiri pantai. Batu karang tersebut membuat ombak terpecah sehingga arus air laut tidak terlalu berombak.

Harga Tiket

Untuk masuk ke area Pantai Krakal, hanya dipungut uang parkir sebesar Rp. 2000,00 untuk sepeda motor dan Rp. 5000,00 untuk mobil. Namun sebelumnya pengunjung harus membayar sebesar Rp. 20.000,00 untuk memasuki kawasan pantai Gunungkidul.

Lokasi

Pantai Krakal berada di sebelah timur Pantai Drini. Tepatnya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Fasilitas dan Akomodasi

Karena termasuk pantai yang panjang, fasilitas yang tersedia juga cukup memadai. Diantaranya yaitu penginapan, warung makan, mushola dan toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom