Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Oleh-oleh Khas Kota Yogyakarta

oleh-oleh-khas-yogyakarta

Selain terkenal dengan obyek wisata dan budayanya yang menarik, Kota Yogyakarta juga terkenal dengan makanan-makanan khasnya. Salah satu makanan yang  cukup terkenal di Yogyakarta adalah gudeg. Gudeg mempunyai cita rasa manis yang khas. Gudeg Yogya berbeda dengan gudeg di daerah lain. Gudeg pun sekarang sudah menjadi ikon bagi Kota Yogyakarta. Bahkan, begitu terkenalnya gudeg sebagai makanan khas Yogya sampai-sampai mendapat sebutan sebagai kota gudeg. Selain gudeg, masih ada banyak lagi beragam makanan khas Yogyakarta. Beragam makanan khas Yogyakarta yang bisa Anda jadikan oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga dan kerabat ketika Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta. Oleh-oleh makanan khas apa sajakah itu? Berikut beberapa oleh-oleh khas Kota Yogyakarta:

Besengek Tempe Benguk

besengek tempe benguk dan geblek khas kulon progoMerupakan makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempe benguk adalah tempe yang terbuat dari benguk, yaitu biji-bijian sejenis kacang koro. Bumbu-bumbu yang diperlukan untuk membuat besengek tempe benguk adalah bawang merah, bawang putih, gula jawa, lengkuas, jahe, garam, ketumbar, daun sereh, santan encer, santan kental, dan daun salam. Proses pemasakan ini memakan waktu sekitar 4 jam lamanya. Besengek tempe benguk ini biasanya disantap dengan geblek dalam keadaan hangat.

Geblek

Selain besengek tempe benguk, geblek juga merupakan makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Geblek terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji yang basah. Kenapa menggunakan tepung kanji basah? Alasannya agar warna gebleknya berwarna putih bersih. Cita rasa geblek yaitu gurih, yang merupakan kombinasi rasa dari garam, bawang putih, dan adonan tepung tapioka itu sendiri. Geblek yang baik berwarna putih walaupun tidak menggunakan pewarna. Selain itu, jika digoreng akan terasa sedikit berongga di bagian dalamnya dan setelah digoreng tidak mengeras.

Bakpia

bakpia khas yogyakartaBakpia merupakan makanan khas Yogyakarta. Begitu terkenalnya, di setiap toko oleh-oleh selalu menyediakan bakpia. Bakpia berbentuk bulat pipih dan di dalamnya berisi kacang hijau. Namun dalam perkembangannya bakpia mempunyai beragam rasa. Ada rasa cokelat, keju, nanas, durian, dan sebagainya. Sentra pembuat bakpia adalah kampung Pathuk. Di daerah ini, masyarakat setempat membuat bakpia sebagai industri rumahan. Di sini Anda bisa memilih rasa bakpia sesuai dengan selera Anda.

Geplak

geplak khas bantul yogyakartaGeplak adalah makanan khas Kabupaten Bantul. Makanan ini mempunyai rasa yang manis. Sama dengan bakpia, geplak juga dapat Anda jumpai di sebagian toko oleh-oleh. Geplak terbuat dari campuran beras ketan, parutan kelapa, dan gula pasir atau gula jawa. Bentuk geplak biasanya bulat atau lonjong. Makanan geplak bisa bertahan lama, meski dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Warna geplak bermacam-macam sesuai dengan cita rasanya. Misalnya kuning untuk rasa durian, hijau untuk rasa jeruk, dan putih hanya manis saja. Meski terdapat bermacam-macam warna dan rasa, tetap yang menonjol adalah rasa manis.

Yangko

yangko khas yogyakartaYangko merupakan salah satu macam makanan khas Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan berisi campuran cincangan kacang dan gula. Bentuknya persegi empat, dibaluri dengan tepung terigu, dan kenyal ketika digigit. Yangko bercita rasa manis. Dalam perkembangannya selain rasa asli yaitu manis, dijumpai banyak beragam rasa buah-buahan seperti strawberry, melon, dan durian. Anda bisa mendapatkan Yangko di toko oleh-oleh yang banyak di jumpai di kota Yogyakarta.

Peyek Jingking

peyek jingking khas bantulPeyek jingking hanya terdapat di Kabupaten Bantul. Itu pun hanya di kawasan pantai, yaitu pantai Parangtritis. Peyek jingking terbuat dari tepung dan binatang sejenis anak kepiting pantai yang besarnya hanya seukuran kedelai hijau. Tepung dibuat adonan dan dicampur dengan jingking, kemudian digoreng. Peyek jingking tidak dijual di toko oleh-oleh, tetapi hanya dijual di pantai Parangtritis dan yang menjual adaah pedagang asongan di kawasan pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom