Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Menikmati Kesejukan Dan Pemandangan Alam Di Hutan Wisata Kalibiru Yogyakarta

wisata kalibiru kulonprogo yogyakarta

Desa Wisata Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta memiliki hutan yang sangat hijau dan memiliki potensi sebagai tempat pariwisata. Hutan tersebut adalah hutan hasil pengelolaan masyarakat setempat. Pasalnya daerah Kalibiru dulunya di tahun 1950-an merupakan hutan lindung yang subur, alami dan memiliki pepohonan yang besar. Namun seiring berjalannya waktu hingga tahun 1997, hutan Kalibiru yang subur tersebut mulai tandus dan gersang akibat penebangan hutan secara liar. Karena itulah masyarakat sekitar bergotong-royong untuk menanami pohon dan merawatnya agar hutan Kalibiru kembali hijau dan subur.

Lebih dari 35 tahun berlalu setelah masyarakat merawat hutan Kalibiru, perkembangan pesatpun terjadi hingga muncul beberapa sumber mata air di hutan tersebut. Karena hutan sudah kembali subur dan hijau, maka hutan Kalibiru dibuka sebagai objek hutan wisata yang indah dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Objek Wisata

Berada pada ketinggian 450 mdpl, wisatawan dapat melihat pemandangan dari bukit yang terdapat di Hutan Wisata Kalibiru.   gardu pandang-wisata kalibiru-kulonprogo-yogyakartaDi bukit tersebut terdapat gardu pandang dimana wisatawan dapat melihat pemandangan hijau yang membentang dan waduk sermo yang tidak jauh dari area hutan. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi dan pantai selatan. Udara yang sejuk juga memberikan nilai tambah objek wisata ini. Dimana wisatawan akan dimanjakan dengan suasana alam yang segar sehingga cocok sebagai tempat untuk melepaskan penat dan stres selama bekerja diperkotaan yang panas dan penuh polusi udara.

Selain pemandangan alam dan perbukitan yang hijau, di Hutan Wisata Kalibiru juga terdapat area outbound, jalur untuk tracking dan flying fox. Pada pos flying fox yang terdapat di atas pepohonan merupakan salah satu spot yang bagus untuk mengambil gambar. Dengan panjang 85 meter dan 50 meter, wisatawan dapat memilih flying fox yang akan dicoba. Tidak jauh dari Wisata Alam Kalibiru, terdapat Waduk Sermo yang cukup indah untuk dinikmati. Waduk Sermo merupakan salah satu tujuan wisata alam yang cukup mengasikkan. Di waduk ini anda akan menemukan sejumlah wisata kalibiru kulonprogo yogyakartaorang yang tengah asik memancing ikan. Karena Waduk Sermo terkenal dengan kawanan ikan nila dan juga jenis ikan lain yang menghuninya. Untuk memancing di Waduk Sermo, wisatawan tidak akan dikenakan biaya. Namun terdapat beberapa tempat yang dilarang untuk memancing karena berbahaya. Selain itu pengunjung juga dapat berwisata di Waduk Sermo dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau berkendaraan dengan melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km dan bisa juga bersantai di bibir waduk sambil menikmati pemandangan dan hembusan angin yang semilir menyejukkan.

Lepas dari hutan wisata, sosial budaya masyarakat Kalibiru juga mengundang daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal tersebut karena warga desa setempat hidup rukun dan selalu bergotong-royong dalam melakukan sesuatu. Gaya hidup yang ramah, santun dan penuh dengan kekeluargaan membuat pengunjung semakin takjub dan sekaligus menambah pengetahuan tentang pentingnya bersosialisasi. Seni tradisional juga masih di pegang dan dikembangkan oleh warga Kalibiru sehingga menambah eksotisme bagi wisatawan yang berkunjung. Beberapa wisata lain yang dapat dilakukan di Wisata Alam Kalibiru yaitu outbound training, wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, wisata tracking dan wisata terapi alam.

Lokasi

Objek Hutan Wisata Kalibiru berada di perbukitan Menoreh, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.akses wisata kalibiru kulonprogo yogyakarta Dari kota Yogyakarta, Hutan Wisata Kalibiru berada di sebelah barat kota Yogyakarta, berjarak 40 km dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk

Harga retribusi untuk masuk ke Hutan Wisata Kalibiru sebesar Rp. 2.000. Sedangkan untuk menikmati flying fox, dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Untuk fasilitas lain seperti cottage (rumah penginapan) disewakan dengan harga berkisar antara Rp. 120.000 hingga Rp. 125.000, pendopo Rp. 150.000, makan Rp. 10.000 untuk satu kali makan, parkir motor Rp. 3.000, parkir mobil Rp. 5.000 dan sewa tikar Rp. 5.000/24 jam.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung Hutan Wisata Kalibiru antara lain yaitu rumah penginapan, pondok wisata, gardu pandang, joglo dan juga terdapat perpustakakan. Mayoritas bangunan yang disediakan terbuat dari bambu sehingga menambah kesan alami dan pedesaan.

Tips

–          Usahakan berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi yang dalam kondisi sehat karena terdapat tanjakan-tanjakan yang cukup ekstrim.

–          Jika akan menginap, jangan lupa untuk membawa pakaian hangat seperti jaket dan kaos kaki agar tidak kaget dengan udara pagi dan malam hari yang cukup dingin.

One response to “Menikmati Kesejukan Dan Pemandangan Alam Di Hutan Wisata Kalibiru Yogyakarta”

  1. kristy says:

    mohon infokan penginapan di sekitar wisata hutan kalibiru, dan contact person untuk reservasi
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom