Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Manjakan Mata Dengan Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Yang Mempesona

gunung purba nglanggeran gunung kidul yogyakarta

Yogyakarta terkenal dengan kota budaya yang menyimpan sejuta keindahan alam. Salah satunya yaitu di Kabupaten Gunung Kidul terdapat Gunung Api Purba yang unik dan berbeda dari gunung-gunung pada umumnya. Objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran adalah gunung yang terdiri dari bebatuan yang terbentuk selama ratusan juta tahun yang lau. Gunung Api purba ini memiliki ketinggian 200-700 mdpl dengan suhu 23˚ C sampai 27˚ C. Berdasarkan penelitian, 60 juta tahun yang lalu Gunung Nglanggeran ini merupakan gunung berapi yang aktif. Gunung yang litologinya tersusun dari fragmen material vulkanik ini memiliki dua puncak, yaitu puncak barat dan timur. Deretan bebatuan raksasa dari Gunung Api Nglanggeran menjadikan pemandangan yang menawan untuk dinikmati.

Objek Wisata

Bagi yang suka mendaki gunung atau camping, Gunung Api Purba ini dapat dijadikan alternatif pilihan. Perjalanan menuju puncak tidak pendopo gunung purba nglanggeran gunung kidul yogyakartamembutuhkan waktu yang lama karena hanya 1 – 1,5 jam saja. Rute yang dilewati yaitu tanah, bebatuan dan anda akan menjumpai lorong sempit yang hanya dapat dilewati oleh satu orang saja. Ketika melewati jalan bebatuan, sudah disediakan tali untuk berpegangan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Hal yang paling istimewa ketika di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran ini adalah pemandangan sunsetnya yang sangat menawan.

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki banyak tempat yang memiliki nilai sejarah. Tempat-tempat yang terdapat di gunung ini yaitu:

1. Gunung Gedhe

Gunung Gedhe adalah puncak tertinggi dan terbesar di Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat ini biasanya digunakan oleh para pendaki untuk berkemah atau beristirahat sembari menikmati pemandangan dan matahari tenggelam. Letak puncak Gunung Gedhe yang tepat di tengah-tengah juga dapat dijadikan tempat yang strategis untuk mengambil gambar dan mengabadikan momen-momen bersama sahabat dan keluarga tercinta.

2. Gunung Kelir

Gunung Kelir merupakan puncak lain di Gunung Nglanggeran yang bentuknya menyerupai kelir (layar). Tempat ini dipercaya sebagai tempat tinggal Punokawan dan Ongko Wijono.

3. Gunung Buchu

Gunung Bunchu ini biasanya digunakan oleh para pencinta alam untuk olahraga panjat tebing.

4. Sumber Air Comberan

Sumber air ini berada di puncak gunung Nglanggeran. Menurut penuturan warga, sumber mata air ini tidak pernah kering.

view gunung purba nglanggeran gunung kidul yogyakartaWisata Gunung Api Purba Nglanggeran juga dapat digunakan untuk jelajah gunung dan susur gua. Objek wisata lain di Nglanggeran yaitu perkebun buah. Tidak jauh dari gunung ini juga terdapat Danau Embung yang cukup menawan dan memanjakan mata. Dari danau ini pengunjung juga dapat melihat Gunung Api Purba dari belakang. Sayangnya pada siang hari area Danau Embung ini terasa panas karena tidak terdapat pohon di sekeliling danau. Namun jika datang pada pagi dan sore hari, anda akan dapat menyaksikan sunrise dan sunset yang membuat air danau berwarna kekuningan akibat pantulan cahayanya.

Lokasi

Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Jarak tempuh menuju Gunung Api Purba lorong gunung nglanggeran gunung kidul yogyakartaNglanggeran yaitu 25 km dari kota Yogyakarta dan 20 km dari kota Wonosari.

Akses

Dari kota Yogyakarta menuju jalan Wonosari. Kemudian lurus melalui rute Bunderan Sambipitu, lalu ambil kanan ke arah dusun Bobung  yang merupakan pusat kerajinan topeng dan kemudian menuju Desa Nglanggeran.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Gunung Api Purba Nglanggeran adalah Rp. 3000 (siang) dan Rp. 5000 (malam). Untuk tiket malam ini biasanya digunakan untuk pendaki yang ingin berkemah di puncak Gunung Api Purba.

Akomodasi dan Fasilitas

Fasilitas yang disedikan mencakup tempat parkir, kamar mandi, mushola dan beberapa warung di area bawah gunung. Namun di area puncak gunung tidak tersedia warung. Sehingga anda harus membawa bahan makanan sendiri jika ingin bermalam atau berkemah di puncak gunung ini. Sedangkan homestay di Desa Wisata Nglanggeran sudah cukup banyak disediakan untuk pengunjung yang ingin menginap untuk menikmati suasana dan makanan khas pedesaan.

Info Tambahan

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran menyediakan paket tahun baru dengan biaya Rp. 185.00/orang. Dengan paket tahun baru ini pengunjung akan mendapatkan homestay untuk menginap dengan 1 kamar dapat di tempati 2 hingga 4 orang, makan 2 kali di homestay dengan menu khas desa, sunset di Gunung Api Purba dari gardu pandang 1, api unggun di kebun buah Embung, pesta kembang api, sunrise di area timur Gunung Api Purba, asuransi dan didampingi oleh pemandu wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom