Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Kawasan Belanja Malioboro, Ikon Kota Yogyakarta

menikmati-malioboro-di-malam-hari

peninggalan bangunan bersejarah dekat malioboro yogyakartaPada awal abad 19, pemerintahan Kolonial Hindia Belanda membangun Malioboro sebagai kawasan pusat perekonomian dan pemerintahan. Dengan tujuan menandingi kekuasaan pada masa Sultan Mataram dengan kemegahan istananya. Selain itu dibangun pula Benteng Vredeburg pada tahun 1765 (sekarang dijadikan museum dan kawasan public area), dibangun pula Istana Karesidenan Kolonial, Pasar Bringharjo, Inna Garuda Hotel (dulunya Hotel Garuda yang digunakan untuk penginapan dan berkumpulnya para elit kolonial pada masa itu), serta kawasan Malioboro itu sendiri. Letak kesemua bangunan sejarah tersebut berada di utara alun-alun Keraton Yogyakarta.

Obyek Wisata

kawasan malioboro siang hariSebagai daerah obyek wisata, Malioboro menawarkan wisata belanja yang terdiri dari wisata belanja tradisional dan wisata modern. Wisata belanja tradisional yang dimaksud adalah adanya proses jual beli yang diikuti tawar-menawar. Berbagai jenis souvenir yang dijual oleh pedagang yang berjejer di sepanjang Malioboro. Barang dagangan yang dijual di kawasan ini seperti, pakaian, kaos dagadu, batik tekstil, berbagai macam kerajinan yang terbuat dari kayu, perak, kulit, dan sebagainya.

pedagang di kawasan malioboro yogyakartaUntuk wisata belanja modern, Anda juga bisa menemukannya di pertokoan-pertokoan yang berjajar di kawasan Malioboro. Bedanya hanya ada proses jual beli tanpa adanya penawaran harga. Barang-barang yang dijual pun hampir sama dengan para pedagan kaki lima yang berada di jalur trotoar. Jika Anda belum puas menyusuri kawasan Malioboro, Anda bisa meengunjungi obyek wisata sejarah yang berada tidak jauh dari kawasan ini. Seperti, Benteng Vredeburg, Sonobudoyo, Masjid Agung, Keraton Yogyakarta, Kampung kauman, dan juga terdapat pasar tradisional yaitu Pasar Bringharjo dan Pasar Ngasem.

wisata kuliner di kawasan malioboro yogyakartaJika Anda merasa lelah, tetapi masih penasaran dengan beragam obyek wisata di Yogyakarta, Anda bisa menggunakan jasa transportasi umum seperti andong dan becak. Jangan heran ketika Anda berkunjung di kawasan Malioboro begitu ramai. Ketika malam hari menjelang, Anda bisa mencicipi dan menikmati wisata kuliner Yogyakarta. Anda bisa menemukan berbagai jenis menu makanan yang berjejer di Malioboro. Warung lesehan khas Yogyakarta yang berada di pinggir jalan kawasan Malioboro, yang setiap saat akan ditemani musisi jalanan melantunkan tembang-tembang lagu mereka. Menikmati makanan yang Anda pesan, berhiasakan lampu kota yang remang-remang dan hembusan angin malam hari akan membuat terkesan dan membuat kenangan yang tidak akan terlupa di Malioboro.

Lokasi

Kawasan Malioboro terletak di Jl. Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY, Indonesia. Berjarak sekitar 800 m dari Keraton Ngayogyakarto.

Harga Tiket Masuk

Tidak dikenakan biaya tiket masuk di kawasan Malioboro, tetapi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda harus membayar parkir kendaraan.

Akses

Karena menjadi ikon Kota Yogyakarta dan letaknya yang berada di jantung kota, sangat mudah untuk mencapai lokasi ini. Jika Anda dari Terminal Giwangan, Anda bisa menggunakan bus kota jalur 4 ataupun bus Transjogja dengan trayek 3A dan 3B. Anda juga bisa menggunakan moda transportasi taksi yang setiap saat selalu ada. Jika Anda dari Surabaya, Bandung, Jakarta, Malang dan Solo, Anda bisa menggunakan transportasi Kereta Api, turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat peta di bawah artikel ini.

Fasilitas dan Akomodasi

Jangan khawatir, sebagai ikon Kota Yogyakarta, berbagai fasilitas tersedia di kawasan ini seperti, pusat informasi, tempat penukaran uang, ATM, wartel, warnet, tempat parkir, tempat ibadah, pos polisi, dan sebagainya. Berbagai jenis warung makan dan masakan juga tersedia di sini. Jika Anda ingin menginap di daerah Yogyakarta, tersedia juga akomodasi hotel dekat Malioboro seperti, Ibis Styles Yogyakarta Hotel, Grage Ramayana Hotel, Hotel Ibis Malioboro, Puri Pangeran Hotel Yogyakarta, dan Melia Purosani Hotel Yogyakarta.


View Kawasan Malioboro in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom