Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Keindahan di Puncak Candi Ijo Yogyakarta

candi ijo wisata jogja

Keindahan di Puncak Candi Ijo Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu propinsi yang mnejadi tujuan favorit para wisatawan dari dalam ataupun luar negeri karena memiliki banyak tempat wisata dari keindahan pegunungan, tempat wisata tengah kota, kuliner sampai dengan pantainya yang indah. Yogyakarta atau sering disebut Jogja juga memiliki begitu banyak candi yang berdiri dari peninggalan jaman dahulu, selama ini hanya Candi Prambanan, Candi ratu Boko atupun Candi Borobudur yang diketahui para wisatawan. Ternyata di Jogja masih banyak terselip candi-candi yang indah berdiri di Kota Pelajar ini. Salah satunya adalah Candi Ijo yang konon merupakan candi yang letaknya tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Obyek Wisata

Dinamakan Candi Ijo karena bangunan komplek candi ini berada di bukit atau Gumuk Ijo yang berada di sebelah candi ijo wisata jogjaTenggara sekitar 4 kilometer atau 18 kilometer disebelah Timur Kota Yogyakarta. Berada di ketinggian 410 diatas permukaan air laut membuat candi ini menjadi bangunan candi dengan letak yang tertinggi di Yogyakarta. Dan karena letak ketinggianya ini menjadikan bukan hanya kecantikan candi saja yang dikagumi melainkan juga pemandangan sekitar candi.

Candi ijo berdiri di komplek seluas sekitar 0,8 hektar dan diduga sebanrnya masih lebih luas. Menurut informasi, candi ini terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi menjadi 11 teras berundak. Tetapi untuk saat ini hanya ada 4 bangunan candi yang utuh, dari pintu masuk kita akan disuguhi hamparan reruntuhan batuan candi di bawah sebelah kiri yang sudah dikelompokan. Disebelah kanan berdiri sebuah pagar batu yang berdiri tinggi sekitar 5 meter yang menurut informasi batuan ini berada di teras 11 yang berdiri juga 8 buah lingga patok.

candi ijo wisata jogjaDiatas tertinggi terdapat 4 buah bangunan candi yang berdiri secara utuh. 1 candi utama yang paling besar berukuran sekitar 15 m x 15 meter ini memiliki pondasi setinggi sekitar 1 meter. Memiliki satu buah pintu masuk yang berbentuk ukiran sepasang makara yaitu makhluk mitos bebrbentuk ikan dan berbelalai seperti gajah. Dikanan dan kiri pintu masuk terdapat 2 buah jendela relung gawang yaitu jendela palsu yang tidak tembus kedalam. Didalam Candi terdapat sebuah ruangan yang besar dan berdiri sebuah arca lingga di tengahnya.

Berdiri juga 3 buah candi dengan ukuran yang lebih kecil dihadapan candi induk yang disebut dengan candi perwara. Candi ini hanya berukuran sekitar 4m x 4m yang terletak berjajar. Pintu masuk ketiga candi perwara ini menghadap ke candi induk. Ketiga candi perwara ini menghadap ke arah candi utama, yaitu menghadap ke timur. Ketiga candi kecil ini memiliki ruangan di dalamnya dan terdapat jendela kerawangan berbentuk belah ketupat di dindingnya. Atap candi perwara ini terdiri atas tiga tingkatan yang dimahkotai barisan ratna. Candi perwara yang berada di tengah melindungi arca lembu Andini, kendaraan Dewa Syiwa. Diduga bangunan 3 candi perwara ini untuk memuja Trimurti yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.

Dari letak ketinggian di candi utama ini, disebelah barat terdapat pemandangan luas Kota Yogyakarta dari atas. candi ijo wisata jogjaTepat lurus memandang ke barat, kita akan disuguhkan garis lurus Bandara Adi Sucipto dan pesawat yang landing dari kejauhan. Sebelah arah barat daya terdapat pegunungan batuan karts yang berdiri menjulang kehijauan yang tertutup rimbunya pepohonan. Candi ini akan ramai apabila menjelang sore atau menjelang matahari terbenam karena sunset disini terlihat indah apabila cuaca cerah.

Lokasi

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang melintas sampai ke tempat wisata ini. Dari Kota Yogyakarta menuju ke arah Candi Prambanan, setelah samapai di Candi Prambanan dilanjutkan dengan perjalanan arah ke Piyungan. Sekitar 15 km dari Candi Prambanan ke arah Piyungan dan sudah melewati Komplek Candi Ratu Boko anda akan menemukan papan penujuk jalan arah ke Candi Ijo. Belok kekiri menyusuri jalan utama tersebut dan jalan akan berkondisi menanjak.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas di Candi Ijo ini sudah terbilang lengkap dan untuk sampai saat ini tiket masuk candi masih gratis dan hanya memasukan data pengunjung di pos penjagaan. Untuk masalah penginapan, disekitar candi belum ada penginapan. Penginapan dapat ditemukan di sekitar Candi Prambanan atau Kota Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom