Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Kebun Buah Mangunan Dan Pemandangan Sungai Oya Yogyakarta

kebun buah mangunan bantul yogyakarta

Desa Mangunan merupakan salah satu desa yang berada di kabupaten Bantul  Yogyakarta. Suasana alam di daerah pegunungan ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan udara yang masih sangat segar dan sejuk. Karena letaknya berada di daerah pegunungan, maka banyak sekali bermacam-macam pohon yang dapat kita jumpai di sana. Di Desa Mangunan sendiri terdapat kebun buah yang cocok dijadikan untuk berlibur besama keluarga dan sahabat sembari menikmati buah yang dapat dipetik langsung dari pohonnya. Dirintis sejak tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul Yogyakarta, pohon buah yang terdapat di Kebun Buah Mangunan ini diantaranya yaitu buah jambu air, durian, mangga, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, belimbing dan aneka tanaman buah-buahan lainnya.

Kebun buah yang berada pada ketinggian 1000 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena letaknya yang berada di lereng panorama kebun buah mangunan bantul yogyakartapegunungan. Sembari piknik dan menikmati aneka buah-buahan, pengunjung dapat bersantai dibawah rindangnya pohon sambil menikmati pemandangan sekitar yang sangat alami dan hijau. Karena selain pohon buah, pepohonan lain juga dibudidayakan untuk menambah kesejukan di area kebun buah ini. Pepohonan yang dibudidayakan antaranya yaitu pohon pinus, jati, magium, king grass dan pagar hidup berupa pohon salak. Untuk menjaga kesuburan pepohonan yang berada di Kebun Buah Mangunan ini, pengelola menggunakan pupuk kandang (kompos) yang berasal dari kotoran ternak sapi yang juga dikembang biakkan.

Objek Wisata

Dari area Kebun Buah Mangunan terdapat gardu pandang yang dapat digunakan untuk bersantai melihat pemandangan dan aliran Sungai Oya yang meliuk-liuk. Gardu pandang ini berada di puncak bukit karang dari lembah sungai. Dibangun dengan dilengkapi tangga yang terbuat dari semen dan pegangan besi. Sehingga cukup aman untuk menaiki dan menuruni bukit menuju gardu pandang tersebut. Dari gardu pandang ini pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang sangat indah dan merupakan tempat yang cocok untuk mengambil gambar.

taman kebun buah mangunan bantul yogyakartaDari atas bukit terlihat jembatan gantung yang terdapat di atas Sungai Oya. Jembatan tersebut menghubungkan antar desa sehingga memudahkan dalam transportasi. Jembatan gantung yang berada di atas aliran Sungai Oya tersebut cukup menawan sebagai tempat pengambilan foto. Latar belakang pegunungan dan hijaunya pepohonan menambah kesegaran yang membuat anda ingin berlama-lama berada di jembatan gantung. Area jembatan gantung ini juga bagus untuk menyaksikan matahari terbenam.

Bagi anda yang suka bersepeda gunung, terdapat jalur sepeda offroad yang cukup ekstrim. Area sepeda offroad ini tidak jauh dari area kebun buah. Objek wisata lain di Mangunan yang tidak kalah menariknya adalah hutan pinus. Pagi pesepeda, terdapat jalan setapak menuju hutan pinus. Ketika melewati jalan tersebut, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menawan ditemani tiupan angin dan kicauan burung-burung pegunungan.

Harga Setiap Fasilitas

  • Sewa tempat dan kontribusi kebersihan/orang Rp. 5.000
  • Outbond (paket flying fox, reflying, jembatan goyang, kekompakan/kerjasama) per paket @ 10 orang Rp. 200.000
  • Area kemah/orang/24 jam Rp. 5000
  • Sewa gedung/6 jam : peserta 1-50 orang Rp. 100.000, peserta 51-100 orang Rp. 150.000, peserta lebih dari 100 orang Rp. 200.000
  • Pemancingan/orang/hari Rp. 2.000
  • Sewa penginapan/24 jam Rp. 300.000
  • Kolam renang/orang/jam Rp. 2.000
  • Sewa lintasan/sirkuit downhill/cross country/paket untuk 5 orang Rp. 50.000
  • Sewa tempat berjualan/tahun Rp. 2.400.000
  • Memetik/memakan buah: mangga/kg Rp. 5.000, rambutan/kg Rp. 4.000, jeruk/kg Rp. 5.000, jambu air/kg Rp. 2.000, durian kecil Rp, 15.000, durian sedang Rp. 25.000 dan durian besar Rp. 50.000

Lokasijalan  kebun buah mangunan bantul yogyakarta

Wisata Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jalan menuju lokasi Kebun Buah Mangunan tidak terlalu besar. Sehingga bus besar akan kesulitan jika berkunjung ke kebun buah ini. Wisata Kabun Buah Mangunan dapat ditempuh dengan jarak 15 km dari kota Bantul dan 35 km dari kota Yogyakarta.

Akomodasi dan Fasilitas

Fasilitas yang berada di Kebun Buah Mangunan yaitu penginapan/homestay, kamar mandi, mushola, gedung pertemuan, kolam renang, kolam ikan dan bangunan joglo yang berada di puncak. Bangunan joglo ini dapat digunakan untuk tempat beristirahat. Bagi pengunjung yang suka berkemah atau lintas alam, tersedia area untuk berkemah/camping dan outbond.

Kuliner

pembibitan kebun buah mangunan bantul yogyakartaUntuk menuju Kebun Buah Mangunan, anda akan melewati sebuah tanjakan yang cukup panjang. Setelah melewati tanjakan tersebut, 3 km kemudian anda akan menjumpai warung makanan khas desa. Makanan tersebut bernama tiwul, dijual di warung Tiwul Ayu Mbok Sum. Warung Tiwul Mbok Sum sangat laris, sehingga jika terlalu siang, anda bisa kehabisan. Tiwul yang dibuat dibentuk bulat dengan ukuran yang cukup besar. Ditaburi parutan kelapa dan berwarna merah dan putih. Tiwul merah dibuat dengan campuran gula merah yang enak disantap ketika hangat. Sedangkan tiwul yang berwarna putih dibumbuhi dengan gula pasir, enak disantap ketika hangat maupun dingin. Jika tidak ingin kehabisan tiwul, anda dapat pesan ke nomor telepon Tiwul Ayu Mbok Sum berikut 081 931 709 303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom