Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Belajar Seni Dan Budaya Jawa Di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

hiasan depan ulen sentalu yogyakarta

Selain wisata alam, di Yogyakarta juga terdapat museum yang menyimpan bebagai seni dan budaya jawa dari jaman dahulu kala. Salah satunya yaitu Museum Ullen Sentalu yang terletak di daerah Kaliurang atau Yogyakarta bagian utara. Tempatnya yang berada di kaki Gunung Merapi membuat suasana Museum Ullen Sentalu sejuk dan segar. Sehingga anda dapat memperkaya pengetahuan mengenai seni dan budaya Jawa yang berada di museum sambil menikmati indahnya pepohonan yang rindang dan suasana pedesaan yang sangat kental. Karena tidak mungkin orang dapat mencintai negeri dan bangsanya, kalau orang tidak mengenal sejarah dan budaya yang menjadi identitas bangsa.

Objek Wisata

Museum Ullen Sentalu merupakan museum swasta yang diprakarsai oleh seorang bangsawan dari keluarga Haryono Yogyakarta yang sangat dekat dengpintu masuk ulen sentalu yogyakartaan keluarga kraton Yogyakarta dan Surakarta serta dibawah pengelolaan Yayasan Ulating Blencong. Museum tersebut telah dirintis sejak tahun 1994 dan mulai diresmikan pada 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VII, selaku gubernur DIY. Tanggal peresmian tersebut dipilih karena merupakan peristiwa yang bersejarah bagi Yogyakarta, yaitu kembalinya Yogyakarta sebagai ibu kota negara Republik Indonesia yang merdeka dan lepas dari jajahan Belanda tahun 1949.

Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang berarti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Kata ini diambil dari sebuah lampu minyak yang selalu digunakan dalam pertunjukkan blencong atau wayang kulit pada jaman dulu. Blencong merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan pertunjukan wayang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa museum ini menjadi lampu penerang bagi kebudayaan Jawa yang kian meredup dan terkikis oleh perubahan zaman, sehingga budaya patung ulen sentalu yogyakartadan kesenian Jawa tetap terjaga. Pemilihan Taman Kaswargan sebagai lokasi museum ini juga memiliki filosofis tersendiri. Karena menurut pandangan masyarakat Jawa, gunung merupakan tempat yang sakral.

Museum Ullen Sentalu menyajikan seni dan budaya Jawa dalam kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram seperti Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegara, Kadipaten Pakualaman serta seni batik baik batik gaya Yogyakarta maupun gaya Surakarta. Sehingga dapat mengetahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang setiap corak dan simbolnya memiliki makna yang mendalam. Selain itu museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta para permaisurinya dengan berbagai macam pakaian kerajaan yang biasa dikenakan.

Di Museum Ullen Sentalu terbagi menjadi beberapa ruangan. Ruangan-ruangan tersebut yaitu:

  1. Ruang Selamat Datang Sebagaimana namanya, Ruang Selamat Datang berfungsi sebagai ruang penyambutan tamu atau pengunjung yang datang ke museum. Dalam ruang Selamat Datang dipenuhi unsur kayu yang kental. Selain itu pada ruang ini terpasang banner dengan latar belakang pendirian Museum Ullen Sentalu serta arca Dewi Sri yang memiliki makna sebagai simbol kesuburan.
  2. Ruang Seni Tari dan Gamelan Ruang Seni Tari dan Gamelan berisikan seperangkat gamelan yang merupakan pemberian dari loby ulen sentalu yogyakartaseorang pangeran Kasultanan Yogyakarta kepada museum dan pernah dipergunakan dalam pertunjukan wayang orang dan pagelaran tari di Kraton Yogyakarta. Selain itu, beberapa lukisan tari juga dipamerkan di ruangan ini. Dari sini, sebuah lorong akan menghubungkan anda dengan lorong lainnya. Material batu yang mendominasi lorong ini langsung diambil dari Gunung Merapi. Dilengkapi dengan pencahayaan yang temaram dalam lorong, memancarkan nuansa gothik yang kental sehingga memberi kesan yang sangat magis.
  3. Guwa Sela Giri Ruang Guwa Sela Giri merupakan ruang pameran yang dibangun di bawah tanah dengan tujuan untuk menyesuaikan kontur tanah yang tidak rata. Ruang  ini memamerkan karya-karya lukis dokumentasi para tokoh yang dibentuk dalam karya fine arts dan juga didukung oleh kelengkapan data sejarahnya. Salah satu lukisan yang unik yaitu lukisan 3 dimensi. Dimana mata wanita di lukisan ini akan mengikuti anda ke mana pun anda melangkah.
  4. Kampung Kambang Ruang Kampung Kambang merupakan area yang berdiri di atas kolam air dengan bangunan berupa ruang-ruang di atasnya. Bangunan ini diambil dari konsep Bale Kambang dan konsep Labirin. Kampung Kambang terdiri dari lima ruang pamer yaitu, Ruang Syair untuk Tineke, Royal Room Ratu Mas, Ruang Batik Vorstendlanden, Ruang Batik Pesisiran dan Ruang Putri Dambaan.
  5. Ruang Syair Di Ruang Syair terdapat kumpulan syair yang ditulis untuk Tineke, putri Sunan Surakarta Pakubuwono XI. Pada waktu itu, Tineke sedang jatuh cinta pada seorang pangeran dari kerajaan lain. Syair-syair itu ditulis dari tahun 1939 hingga tahun 1947. Syair tersebut ditulis oleh para kerabat dan sahabat-sahabat Tineke untuk menggambarkan kecintaan putri kepada sang pangeran.
  6. Royal Room Ratu Mas Ruangan ini khusus dipersembahkan untuk Ratu Mas yang merupakan permaisuri dari Sunan Pakubuwono X. bagian dalam ulen sentalu yogyakartaTerdapat lukisan Ratu Mas, foto-foto bersama Sunan dan putrinya, serta berbagai pernak-pernik kelengkapan Ratu Mas seperti kain batik dan aksesori lainnya.
  7. Ruang Batik Vorstendlanden dan Ruang Batik Pesisiran Di ruangan Batik Vorstendlanden terdapat koleksi batik dari era Sultan Hamengkubuwono VII hingga Sultan Hamengkubuwono VIII. Sedangakan di ruang Batik Pesisiran terdapat koleksi kebaya yang dikenakan kaum peranakan mulai tahun 1870-an.
  8. Ruang Putri Dambaan Ruang Putri Dambaan merupakan sebuah ruangan yang khusus dibuat untuk putri tunggal Mangkunegara VII yang bernama Siti Nurul Kusumawardhani. Sesuai namanya, beliau merupakan putri dambaan banyak pria karena kecantikannya yang terkenal. Di ruangan ini terdapat dokumentasi foto semasa dirinya kecil, hingga sekarang berusia 91 tahun dan tinggal di Bandung, Jawa Barat.
  9. Koridor Retja Landa Koridor Retja Landa merupakan museum yang berada di luar ruangan atau outdoor. Dalam Koridor Retja Landa terdapat arca-arca dewa dan dewi dari abad VII-IX Masehi, karena pada masa tersebut sedang berkembang agama dan budaya Hindu dan Budha. Sehingga terdapat pemujaan terhadap dewa dan dewi yang diwujudkan dalam bentuk penyembahan pada arca.
  10. Sasana Sekar Bawana Dalam ruang Sasana Sekar Bawana terdapat beberapa lukisan raja Mataram dan lukisan-lukisan jaman dulu lainnya serta patung pengantin dengan pakaiana gaya Surakarta dan Yogyakarta. Di runag terakhir ini anda bisa beristirahat sambil menikmati minuman spesial bernama  Ratu Mas yang diberi oleh pemandu. Minuman dengan resep rahasia yang terbuat dari 7 bahan alami ini dipercaya dapat memberi kesehatan dan awet muda.

bagian depan ulen sentalu yogyakartaBagi anda yang suka mengambil gambar, harus bersabar ketika memasuki setiap ruangan dalam museum. Karena tidak semua ruangan boleh diambil gambarnya. Menurut penuturan pemandu, mengambil gambar dapat merusak karya seni yang otentik dan  mengganggu nyawa yang berada di ruangan tersebut. Sebelum mencapai pintu keluar, terdapat areal taman yang sangat indah. Di titik inilah terlihat betapa cantik, elegan dan uniknya Museum Ullen Sentalu. Taman tersebut ditata dengan sangat indah dan rindang. Kolam yang dihiasi dengan bunga teratai juga mempercantik indahnya taman.

Waktu Kunjung dan Harga Tiket

Waktu berkunjung ke Museum adalah hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB. Hari senin museum tutup, sedangkan pada hari libur nasional tetap buka seperti biasa.

Harga tiket masuk museum untuk pengunjung domestic adalah sebesar Rp 25.000,00. Sedangkan pengunjung mancanegara biasa dikenakan tarif sebesar US$ 5.00 atau Rp. 50.000,00 (minimal dua orang). Harga tersebut sudah termasuk dengan jasa pemandu yang akan menemani anda berkeliling dan memberikan informasi tentang hal-hal yang ditemui di museum.

Lokasi

Museum Ullen Sentalu, terletak di Desa Pakem, Kecamatan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan alamat di Jl. Boyong Kaliurang, Sleman Yogyakarta. Tel. +62 274 895161.

Fasilitas

Selain terdapat falisitas umum seperti toilet, terdapat sarana pendukung lain yang dapat dinikmati yaitu Taman Kaswargan yang didominasi oleh hutan alami,Wisma Kaliurang, restaurant dan  toko souvenir. Taman Kaswargan berada dalam kawasan bersejarah yaitu Pesanggrahan Ngeksigondo dan Wisma Kaliurang. Pesanggrahan Ngeksigondo dibangun atas perintah Sultan Hamengku Buwono VII sebagai tempat peristirahatan keluarga kasultanan Ngayogyakarta. Sedangkan Wisma Kaliurang pernah digunakan sebagai tempat perundingan Komisi Tiga Negara (Amerika, Australia dan Belgia) pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia. Beukenhof Restaurant adalah restoran ala Eropa yang menempati sebuah bangunan kolonial dikelilingi pepohonan rindang. Toko suvenir Muse juga dibangun dengan konsep minimalis modern tapi tetap terlihat alami.

Jika anda datang pada tanggal 1 Maret, anda akan disuguhi semangkuk bubur sumsum dengan resep rahasianya karena pada tanggal itu Ullen Sentalu tengah berulang tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom