Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Wisata Kuliner Surabaya

wisata-kuliner-surabaya

Julukan baru yang layak disematkan untuk ibukota Jawa Timur yaitu Kota Surabaya adalah Kota Kuliner. Bagaimana tidak? Aneka makanan khas kota ini terbilang banyak. Lokasi pilihannya juga hampir ada di setiap sudut kota yang berwajah keras ini. Berikut ini hanya beberapa yang kerap disantap saat berkunjung di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rawon

rawon pak pangatOrang barat menyebutnya Black Soup. Karena sekilas memang bumbu yang terdapat dalam adukan kuahnya yang hitam ini tidak berbeda jauh dengan bumbu sop biasa. Kluak yang membuat kuah menjadi hitam kecokelatan. Tambahkan telor asin dan kerupuk udang pada masakan yang berbahan baku dasar daging ini. Jika Anda ingin mencicipinya, silakan datang di Rawon Pak Pangat di Jalan Ketintang Baru Selatan 1/15, Surabaya. Rawon Setan di Jalan Simpang Dukuh No. 38CC. Warung Sederhana di Jalan Kayon, Surabaya. Nasi rawon dan pecel di Pasar Pucang. Rawon Keputran yang khusus berjualan di tengah malam, yang terletak di Pasar Keputraan.

Soto

soto ayam kampung surabayaBicara soto daging di sini, pastilah yang dimaksud adalah soto madura yang paling terkenal. Menelusuri penjual soto daging di Surabaya terkesan mudah, tetapi juga sulit. Sebagian besar menggunakan nama jalan sebagai nama dagang rombong atau warung mereka, misalnya Soto Tapak Siring di Jalan Tapak Siring, Soto Gubeng Pojok di Jalan Kusuma Bangsa No. 30, Soto Bengawan ada di tiga lokasi, yaitu di Jalan Bengawan, Jalan Ngagel Madya, dan Jalan Dukuh Kupang, Soto Sulung di Jalan Sulung, Soto Wawan di Jalan Mayjend Sungkono (pusat) dan Jalan A. Yani (Cabang).

Soto ayam yang sangat terkenal adalah jenis soto ayam Lamongan dan soto ayam Ambengan. Isinya hampir sama, tetapi rasa gurih terdapat dari kaldu ayam kampung yang menambah nafsu makan Anda, termasuk remukan kerupuk udang yang dicampurkan ke dalam kuah soto. Berikut ini tempat yang dapat Anda kunjungi untuk bisa menikmatinya. Soto Ayam Bratang Gede, tepat di perempatan kali Bratang Gede, Soto Ayam Pak Pi’l depan sekolah Petra, Jalan WR Supratman di depan gereja Jalan Mojopahit, Soto Bangkong, Jalan Kusumabangsa, Soto ayam Kertajaya di sebelah Gang Reog Kertajaya.

Es Krim Zangrandi

es krim zangrandi surabayaJangan heran, kalau es krim juga dimasukkan dalam daftar wisata kuliner Surabaya. Usaha ini dimulai oleh seorang warga Itali yang sudah menjadi arek Suroboyo, Renato Zangrandi. Berdiri sejak zaman Belanda, tepatnya tahun 1930. Jadi, tidak heran kalau tempat makam es krim ini sudah menjadi milik masyarakat Surabaya. Bertempat di Jalan Yos Soedarso No. 15, di depan persis gedung Balaikota Surabaya. Es krim yang menjadi ikon dari Es Krim Zangrandi yaitu Tutti Fruti dengan pilihan rasa beraneka ragam, seperti cokelat, vanila, dan strawberry.

Sego Pecel

Dengan mengonsumsi berbagai jenis sayur-mayur, vitamin yang dibutuhkan oleh badan terpenuhi, kesehatan lebih terjaga, dan lidah pun dapat terpuaskan. Terlebih lagi kalau disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan ditambah dengan rempeyek yang gurih.

Bebek Goreng

bebek goreng papin surabayaJika tahu cara mengolah daging bebek yang memiliki tekstur yang keras, hasil masakannya pun tidak kalah empuk dengan daging ayam. Dan memang, rasa daging bebek sangat gurih. Jika Anda ingin coba mencicipi Anda bisa berkunjung di Bebek Goreng PAPIN di Jalan Kalianyar, Warung Bebek Goreng, di Jalan Yos Sudarso, Nasi Bebek Tembaan di Tugu Pahlawan Surabaya.

Rekomendasi Kuliner Lainnya

  1. Ayam Penyet Bu Kris, Kali Tenggilis Utara No.1.
  2. Warung Lontong Balap, Jalan Kepanjen, depan SMPN 2.
  3. Rujak Cingur Achmad Jais, Jalan Achmad Jais.
  4. SBS – Spesial Belut, Jalan Kayun No. 40.
  5. Ayam Goreng Pemuda, Jalan Pemuda.
  6. Bakso SMP 6, jalan Jawa (Depan SMP 6).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom