Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Sejuknya Udara di Telaga Sarangan

Telaga Sarangan Jawa Timur

Alternatif tujuan wisata selain objek wisata pantai, museum, dan air terjun yaitu wisata alam Telaga Sarangan yang berada di Pulau Jawa. Telaga ini berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur, berjarak sekitar 16 Km ke arah barat Kota Magetan. Bernama Telaga Sarangan, karena telaga ini berada di Desa Sarangan. Namun Telaga Sarangan dikenal juga dengan nama Telaga Pasir.

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa TimurTelaga Sarangan merupakan telaga yang terbentuk secara alami yang berada di lereng Gunung Lawu. Telaga ini memiliki luas sekitar 30 Hektar dengan kedalaman sekitar 28 Meter. Telaga Sarangan berada di ketinggian sekitar 1000 Meter di atas permukaan laut, dengan suhu 18 – 23 derajat celcius. Karena letaknya tersebut, mata Anda akan dimanjakan dengan panorama keindahan serta kesejukan udara Telaga Sarangan. Telaga dan pegunungan Sidoramping lereng Gunung Lawu merupakan perpaduan yang pas sebagai tempat wisata dan memberikan kesan tenang dan damai bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Objek Wisata

Pertama kali Anda menjejakkan kaki di telaga ini, Anda akan menjumpai pemandangan dengan hamparan air dengan latar belakang Gunung Lawu. Hijaunya pepohonan di sekitar telaga dan bukit-bukit yang mengelilingi telaga, membuat mata Anda menjadi sejuk dan memberikan kesan tenang di dalam pikiran Anda. Hembusan angin sepoi-sepoi nan dingin, menjadikan hati terasa damai.

Sarangan, MagetanDi objek wisata Telaga Sarangan, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat menghilangkan kepenatan. Bagi Anda yang hobi petualangan, Anda dapat menjelajah hutan pinus di lereng pegunungan di sekitar telaga. Anda juga dapat menunggang kuda, berkeliling di sekitar Telaga Sarangan. Jika Anda masih belum puas, Anda bisa menyusuri Telaga Sarangan dengan menggunakan becak air, perahu, ataupun speedboat.

Terdapat even yang digelar sekali dalam setahun. Yaitu Ritual Labuh Sesaji atau melarung tumpeng. Ritual yang digelar merupakan  bentuk syukur atas berkah yang diberikan oleh Sang Pencipta. Ritual ini biasanya diadakan pada hari Jumat Pon, bulan Ruwah dalam kalender Jawa.

Setelah Anda lelah mengelilingi Telaga Sarangan, kini waktunya untuk memanjakan perut Anda. Anda bisa menikmati makanan khas pegunungan, yaitu sate kelinci. Selain sate kelinci, Anda bisa menikmati makanan desa yang bergizi, yaitu nasi pecel dengan berbagai macam gorengan sebagai pendampingya.

Lokasi

Telaga Sarangan berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Timur. Tepatnya terletak di Desa Sarangan, Kec. Plaosan, kab. Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Akses

Untuk mencapai objek wisata Telaga Sarangan sangatlah mudah. Apabila Anda menggunakan transportasi umum dari Kota Surabaya, Anda bisa menggunakan bus jurusan Madiun, sesampai di terminal Madiun, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Magetan. Dari  terminal Magetan, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang menuju Sarangan.

Jika Anda dari Jakarta, Yogyakarta, atau Jawa Tengah, Anda dapat menggunakan kereta api atau bus. Jika Anda menggunakan kereta api, berhenti di Stasiun Balapan. Dari stasiun, Anda bisa menggunakan taksi atau becak menuju ke Terminal Tirtonadi. Sesampai di terminal, Anda bisa menggunakan bus jurusan Tawangmangu. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum jurusan Sarangan.

Harga Tiket

Harga tiket masuk tempat wisata Telaga Sarangan untuk dewasa Rp. 4.000,-/orang dan anak-anak Rp. 3.000,-/orang. Untuk tiket masuk (tidak termasuk parkir) sepeda motor Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 4.000,-.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas umum yang terdapat di objek wisata Telaga Sarangan yaitu lahan parkir, toilet, playground, toko souvenir, rumah makan dan tempat ibadah. Jika Anda ingin bermalam di sekitar Telaga Sarangan, Anda bisa menginap di pondok wisata, hotel melati, atau hotel berbintang.


View Telaga Sarangan in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom