Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran

taman-nasional-baluran-situbondo

Kawasan Baluran National Park tidak kalah cantik dari pulau di seberangnya yang sedikit tampak, yaitu Pulau Bali. Cobalah berpetualang dalam kesunyian di Pantai Bama, Pantai Bilik, dan Pantai Sejile, tiga pantai yang membius Anda di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

Obyek Wisata

pantai bama taman nasional baluranPantai Bama terletak sekitar 3 km dari kawasan savana Bekol. Pantai Bilik dan Pantai Sejile berada di wilayah utara perairan Taman Nasional Baluran. Nilai plus dari ketiga pantai yang mengelilingi seputar gunung dan hutan Baluran sangat berbeda, baik dari aktivitas maupun pemandangan lain yang dapat dinikmati. Untuk wisatawan yang menginginkan ketenangan, Pantai Bilik dan Sejile merupakan tujuan wisata di Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan. Panoramanya yang indah menjadi daya tarik tersendiri. Pada saat air laut surut, tampak daratan berpasir putih yang menyerupai lidah, sehingga dinamakan Sejile (dalam bahasa Madura yang berarti lidah). Aktivitas yang bisa Anda lakukan yaitu snorkeling. Pemandangan bawah airnya sangat menakjubkan, sama seperti beberapa tempat menyelam terbaik di Bali. Terumbu karang yang masih utuh dan aneka ikan hias benar-benar akan membuat kegiatan menyelam semakin mengasyikkan.

atraksi kera abu-abu di taman wisata baluranmenyelam di taman nasional baluranJika untuk sekedar berenang di bibir pantai, Pantai Bama lah yang paling cocok. Hamparan pasir putih yang landai dengan birunya laut benar-benar membuat larut dalam perpaduan biru dan putih. Bahkan, mungkin Anda juga akan lupa kalau di ujung pinggir pantai terdapat kera yang berkeliaran. Pantai Bama dikelilingi oleh hutan mangrove sebagai habitat berbagai jenis burung dan satwa primata, misalnya kera abu-abu (Macaca fascicularis), lutung (Trachypitecus auratus), dan biawak (Varanus salvator). Pada pagi hari, Anda dapat melihat atraksi kera abu-abu yang sedang memancing menggunakan ekornya, dan itu memang kegiatan mereka di pagi hari. Semuanya alami, dan bukan disengaja untuk sebuah pertunjukan. Ketika malam berlalu dan pagi datang menjelang, Anda harus melihat matahari terbit, karena sunrise merupakan andalan utama kawasan pantai ini.

Obyek Wisata Lainnya

Beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi yaitu :

  • Batangan – Terdapat gua Jepang dan makam putra Maulana Malik Ibrahim, melihat atraksi tarian burung merak pada musim kawin yaitu pada bulan Oktober atau November, dan berkemah. Fasilitas : Pusat informasi dan bumi perkemahan.
  • Bekol dan Semiang – Mengamati satwa, misalnya ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung lainnya. Fasilitas : Wisama penelitian, wisma tamu, dan menara pandang.
  • Balanan – Wisata bahari, memancing, snorkeling, serta melihat pertarungan antara rusa jantan pada bulan Juli atau Agustus dan sekawanan kera abu-abu yang sedang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.
  • Manting dan Air Kacip – Sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun dan merupakan habitat macan tutul.
  • Popongan, Sirontoh, dan Kalitopo – Bersampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, dan mengamati burung migran.
  • Curah Tangis – Kegiatan panjat tebing setinggi 10-30 meter, dengan kemiringan sampai 85%.
  • Candi Bang, Labuan Merak, dan Kramat – Wisata budaya.

Lokasi

Kantor Taman Nasional Baluran beralamat di Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi KM. 35, Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih Kab. Situbondo. Telepon +62 333 461650 dan Fax +62 333 463864.

Fasilitas dan Akomodasi

Taman Nasional Baluran tersedia berbagai fasilitas dan akomodasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan wisata alam, antara lain pusat informasi yang bisa Anda lihat di situs resminya, camping ground, menara pandang, pesanggrahan, tempat ibadah, toilet, sarana menyelam, dan penginapan. Klik di sini untuk mendapatkan informasi dan memesan hotel dekat Banyuwangi.

Akses

Anda dapat mencapai obyek wisata ini dengan mengarahkan kendaraan Anda ke rute Banyuwangi-Batangan dengan jarak sekitar 35 km, yang dilanjutkan ke Bekol dengan waktu kurang lebih 45 menit. Jika dari Situbondo-Batangan berjarak kurang lebih sekitar 60 km. Jika Anda menggunakan moda transportasi Kereta Api. Turun di Stasiun Banyuwangi, selanjutnya Anda bisa menggunakan transportasi bus umum Minto atau Ujang Jaya yang arah Situbondo. Turun di Batangan.

Informasi Tambahan

Sebaiknya, Anda berkunjung pada bulan Maret sampai dengan Agustus karena merupakan musim kunjungan terbaik setiap tahunnya.


View Taman Nasional Baluran in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom