Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Taman Nasional Baluran Jawa timur, Afrikanya Indonesia

taman nasional baluran jawa timur

Berkunjung ke padang savana yang begitu luas, hewan-hewan liar yang bermain berlalu lalang mencari makan, pepohonan yang agak kering kekuningan serta debu yang berterbangan membayangkan kita sedang berada di luar negeri, yaitu di Afrika. Tetapi semua itu bisa kita rasakan di negeri kita Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Baluran yang terdapat di Propinsi Jawa Timur.

Obyek Wisata

Taman Nasional Baluran merupakan pilihan wisata yang berbeda. Taman Nasional Baluran adalah kawasan savana yang terluas di Pulau Jawa. Berada di sisi selat madura dengan background gunung Baluran yang sudah tidak aktif membuat pemandangan yang indah bila dilihat dari kejauhan.satwa taman nasional baluran jawa timur

Destinasi wisata ini tergolong dalam ekosistem hutan kering yang ada di Pulau Jawa yang terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Disarankan apabila berkunjung kesana pada saat musim kemarau karena air hutan kering dan rermputan menjadi kuning menambah suasana khas padang savana. Pada musim kering, hewan seperti banteng, rusa dan burung merak keluar hutan menuju savana untuk mencari air dan kubangan yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola Taman. Tidak seperti di taman safari, apabila hewan mencium makanan yang kita berikan dari dalam mobil akan mendekat. Hewan disini benar-benar liar, sehingga kalau melihat kita dari deket mereka akan segera lari ke dalam hutan. Apabila pada musim hujan, savana akan penuh air dan becek. Hewanpun pilih berada didalam hutan karena air didalam hutan tercukupi.

merak taman nasional baluran jawa timurAgar lebih bisa menikmati wisata Taman Nasional Baluran ini disarankan untuk mengunjungi pusat informasi taman dahulu untuk mendapatkan informasi singkat tentang wisata Taman Naional Baluran supaya kita bisa lebih mengerti, menjaga, dan menghargai flora dan faunanya. Menurut pihak pengelola, akses ke taman ini tidak mahal dan memang serasa di Afrika. Sepanjang perjalanan menuju Savana Bekol di Taman Nasional Baluran ini di kanan-kiri jalan banyak sekali pohon jati.Alangkah baiknya apabila perjalanan dimulai sekitar pukul 4 pagi, karena sunrise yang terbit di Taman Naional Baluran sangatlah bagus. Di sini ada Pantai Bama yang merupakan spot untuk melihat sunrise, di sekitar Pantai Bama juga ada banyak pohon mangrove dan kawasan konservasi. Namun harap berhati-hati di sini karena banyak sekali monyet liar. Kalau Anda lengah sedikit, bisa jadi handphone atau kamera anda bisa diambil oleh monyet-monyet tersebut.

 

Lokasi

Taman Nasional berada di wilayah banyuputih, kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur.gapura taman nasional baluran jawa timur

Akses

Akses ke tempat wisata ini begitu mudah, apabila dari Kota Surabaya memerlukan waktu sekitar 6 jam perjalanan ke arah Situbondo.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas penginapan di Taman Nasional Baluran dapat ditemukan di Bekol dan Pantai Bama yang aksesnya cukup dekat dengan savana. Dan untuk kuliner dapt ditemukan disepanjang perjalanan kabupaten Situbondo yang khas dengan Tajin Pallapa yang cukup nikmat.

2 responses to “Taman Nasional Baluran Jawa timur, Afrikanya Indonesia”

  1. sri asih says:

    bagus nih buat wisata. ada binatang apa saja disana?

  2. Desi says:

    wah menarik untuk dikunjungi tuh. kalau boleh tau berapa biaya masuknya?

    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom