Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi

Gerbang Taman Nasional Alas Purwo

Dulu namanya Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan, sekarang Alas Purwo atau lengkapnya Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu tempat wisata di Jawa. Berada di ujung Pulau Jawa bagian timur, tepatnya di Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Nama Alas Purwo sendiri bagi masyarakat setempat mempunyai arti sebagai hutan tertua di tanah Jawa. Karena hal tersebut, Alas Purwo dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu selain menjadi tempat wisata alam, Alas Purwo juga dijadikan sebagai tempat wisata ziarah.

Taman Nasional Alas PurwoTaman Nasional Alas Purwo merupakan tipe hutan hujan dataran rendah dengan ketinggian sekitar 322 mdpl dan puncak tertinggi berada di Gunung Lingga Manis. Beberapa tipe hutan terdapat di taman nasional ini, seperti hutan bambu, hutan bakau, hutan tanaman, hutan pantai, hutan alam, dan padang savana. Dari beberapa tipe hutan yang ada, hutan bambu yang paling mendominasi, dengan prosentase sekitar 40% dari luas wilayah taman nasional ini.

Objek Wisata

Taman Nasional Alas Purwo, merupakan kawasan wisata yang sangat komplit. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati beberapa tempat wisata sekaligus. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana yaitu menjelajah hutan dan mengamati flora fauna Alas Purwo, berjemur di pantai, berselancar, dan wisata ziarah.

Hewan Liar di Alas PurwoTerdapat sekitar 13 jenis tumbuhan bambu dan 548 jenis tanaman lain yang terdiri dari semak, herbal, rumput, dan pohon. Sawo Kecik (Manilkara kauki) dan Bambu Manggong (Gigantochloa manggong) merupakan tumbuhan endemik yang ada di Taman Nasional Alas Purwo. Selain itu terdapat beberapa tumbuhan lain, misalnya Kepuh (Sterculia foetida), Nyamplung (Calophyllum inophyllum), Ketapang (Terminalia cattapa), dan Keben (Barringtonia asiatica).

Beberapa spesies hewan yang hidup di taman nasional ini adalah Banteng (Bos javanicus), Lutung Budeng (Trachypithecus auratus), Rusa (Cervus timorensis), Burung Merak (Pavo muticus), dan Macan Tutul (Panthera pardus). Jika Anda ingin berinteraksi langsung mengamati tingkah para spesies penghuni taman nasional ini, Anda bisa mengunjungi padang savana Sadengan. Dari pintu masuk taman nasional, berjarak sekitar 12 Km.

Pantai Trianggulasi Alas PurwoSetelah puas menjelajah hutan dan menikmati pemandangan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke sebuah pantai yang terdapat di dalam taman nasional ini. Pantai Trianggulasi, berjarak sekitar 1.5 Km dari padang savana Sadengan. Di pantai tersebut terdapat sebuah tugu yang bernama Tugu Trianggulasi. Pantai ini memiliki hamparan pasirnya yang putih dengan kombinasi hutan pantai. Merupakan lokasi yang sangat cocok untuk aktivitas berkemah dan melihat matahari terbenam. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan ke arah barat sejauh 5 km, Anda akan sampai di Pantai Ngagelan. Di pantai ini Anda bisa melihat tempat bertelurnya penyu. Oleh karena itu, tempat tersebut dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu.

Ombak Pantai G-LandJika Anda gemar olahraga selancar, Anda diwajibkan mencoba gelombang laut Plekung atau G-Land. Nama Plekung sendiri berasal dari warga setempat, untuk penamaan G-Land berasal dari wisatawan mancanegara yang terkesan dengan gelombang laut pantai ini. Waktu yang terbaik untuk mendapatkan gelombang tinggi untuk berselancar yaitu pada bulan Mei-Oktober.

Objek wisata lainnya yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yaitu Segara Anakan. Segara Anakan merupakan teluk kecil yang memiliki panjang sekitar 18 Km dengan lebar sekitar 400 meter. Daya tarik dari Segara Anakan yaitu pantai yang memiliki kawasan hutan bakau terluas di Provinsi Jawa Timur. Terdapat sedikitnya 26 jenis hutan bakau di Segara Anakan ini.

Pura Luhur Giri Salaka Alas PurwoSelain objek wisata alamnya, Alas Purwo juga sangat terkenal dengan wisata ziarah. Beberapa situs-situs ziarah yang dijadikan sebagai lokasi semedi atau bertapa oleh sebagian orang yang memohon berkah. Terdapat Pura Luhur Giri Salaka yang merupakan pura untuk ibadah bagi masyarakat Hindu di sekitar taman nasional. Selain pura, juga terdapat gua yang dianggap keramat. Gua Istana dan Gua Padepokan Jika Anda masih punya cukup waktu ketika Anda berwisata ke Taman Nasional Alas Purwo, Anda disarankan mengunjungi Gunung Kawah Ijen yang berada sekitar 33 Km ke arah utara.

Lokasi

Alas Purwo atau Taman Nasional Alas Purwo berada di kedua kecamatan yaitu Kec. Tegaldlimo dan Kec. Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Akses

Dari Banyuwangi, Alas Purwo dapat dijangkau dengan menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil berjarak sekitar 65 Km menuju Pasar Anyar. Sesampai di Pasar Anyar, Anda dapat menggunakan ojek menuju Pos Pintu Utama yang berada di Rawa Bendo.

Fasilitas dan Akomodasi

Kantor dan Petunjuk Arah Alas PurwoBeberapa fasilitas dan akomodasi yang terdapat di Taman Nasional Alas Purwo dapat dikatakan sangat memadai, misal tersedianya pemandu penjaga hutan atau Jagawana, persewaan mobil dan motor untuk menjelajah hutan, papan penunjuk jalan, wisma tamu di pos Rawa Bendo, warung makan, dan cottage yang terdapat di Plengkung (G-Land).

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi Kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo, Jalan Achmad Yani no. 108, Banyuwangi 68416, Jawa Timur. Telp (0333) 410857, Fax (0333) 428675, dan E-mail: alaspurwo@telkom.net



View Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Indonesia in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom