Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Si Cantik Coban Pelangi Malang

coban pelangi malang jawa timur

Kabupaten Malang mempunyai banyak taman wisata alam yang berupa air terjun, selain Coban Rondho, wisata Malang juga terdapat air terjun Coban Pelangi Malang. Lokasi air terjun berada di daerah Poncokusumo. Bagi yang suka mendaki gunung Semeru atau Bromo, Coban Pelangi sudah merupakan tempat yang cukup akrab di wisata Malang karena selalu dilewati saat akan mendaki gunung Semeru atau Bromo. Di Coban Pelangi Waterfall terdapat air terjun yang tingginya kira-kira di atas 100m, pemandangannya sangat indah dengan suasana gemeruh air serta sejuknya hawa yang menebar.

coban pelangi malang waterfallSaat muncul pelangi yang merupakan bias sinar matahari yang terkena air, akan menambah keindahan coban ini. Tidak setiap saat dapat disaksikan munculnya pelangi, karena hanya saat pagi sampai siang hari saja jika udaranya cerah. Mungkin karena ini air terjun ini dinamakan Air Terjun Coban Pelangi atauCoban Pelangi Waterfall.

Untuk mencapai air terjun Coban Pelangi Malang ini pengunjung harus melewati jembatan bambu yang terbentang diatas sungai. Jembatan dapat dilewati maksimal hanya untuk 2 orang, dan untuk melewatinya, pasangan muda-mudi saling bergandengan tangan, sehingga jembatan ini mendapat julukan yaitu ‘jembatan cinta’.

Saat berada di sekitar air terjun mesti berhati-hati karena banyak batu yang licin, juga saat hujan janganlah berada di bawah air terjun karena dikwatirkan terjadi longsoran di atas air terjun yang dapat membahayakan pengunjung.

Di lokasi sekitar air terjun terdapat tempat untuk berkemah, meskipun tidak terlalu besar. Terdapat kuda yang dapat ditunggangi pengunjung yang ingin merasakan berkuda di sekitar area air terjun.

coban pelangi malang jawa timurJalan yang harus ditempuh pengunjung untuk menuju ke air terjun,berupa jalan setapak yang terjal dan mendaki sehingga dibutuhkan tenaga yang cukup prima, tetapi sepanjang perjalanan pengunjung akan dihibur dengan indahnya pemandangan di kiri kanan jalan.

Sebaiknya anda ke Coban Pelangi Malang pada pagi atau siang hari, karena saat menjelang sore akan turun kabut sehingga dikwatirkan akan mengganggu perjalanan anda serta tidak dapat menyaksikan keindahan air terjun.

Fasilitas

Di lokasi sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap terdapat toilet, penjual makanan, tempat istirahat serta mushola. Pengelola menutup area air terjun sekitar jam 16.00 untuk berjaga-jaga jika terjadi longsoran.

Tiket masukcoban pelangi malang jawa timur

Pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6.000/orang, sedangkan yang akan berkemah dikenakan biaya Rp 10.000/orang untuk fasilitas toilet, wc dan lahan camping. Serta biaya parkir kendaraan.

Alamat

Lokasi : Desa Gubukklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia.

Akses

Akses jalan menuju ke Coban Pelangi Waterfall tidak ada angkutan umum, jadi harus membawa kendaraan pribadi, yang melewati jalan yang sempit dan saat berpapasan dengan kendaraan lain harus saling mengalah.

Rute yang harus dilalui adalah: Arjosari – Tumpang – Desa Gubukklah – Simpang Tiga Jemplang – Coban Pelangi Waterfall

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom