Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Segara Anakan Pulau Sempu yang Eksotis

Segara Anakan Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu merupakan pulau hutan tropis dengan luas sekitar 877 hektar dengan sebuah laguna yang dikenal dengan Segara Anakan. Pulau Sempu merupakan cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Pulau Sempu Malang Jawa TimurTernyata Malang mempunyai objek wisata yang patut dikunjungi, tidak hanya Jatim Park dan Gunung Bromo, sekarang ini Pulau Sempu-lah yang menjadi primadona tempat wisata Kota Malang sekarang ini. Pulau Sempu berada di Kota Malang, tepatnya terletak di Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur.

Objek Wisata Pulau Sempu

Selain menikmati keindahan Pulau Sempu yang (katanya) masih alami, Anda bisa menikmati sebuah laguna yang sangat eksotis, dengan gradasi warna air dan pasir pantainya. Sesampai di Pulau Sempu, Anda tidak bisa langsung melihat Laguna Segara Anakan. Bila ingin mencapai Segara Anakan, Anda harus berjalan dan melewati jalur trekking yang menantang dengan kombinasi bukit terjal dan lembah yang curam untuk sampai ke laguna tersebut.

Laguna Segara Anakan SempuSepanjang perjalanan menuju Segara Anakan, di dalam hutan yang masih rimbun, Anda akan berjumpa dengan beragam spesies flora dan fauna misalnya babi hutan, kancil, kijang, monyet ekor panjang dan sebagainya. Mungkin perjalanan tersebut akan sangat melelahkan, namun sesampainya Anda di Segara Anakan kelelahan Anda akan terbayar. Begitu indah (katanya) laguna ini. Anda bisa menceburkan diri Anda ke laguna tersebut untuk menghilangkan rasa lelah yang membungkus diri Anda. Selain itu Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang yang masih alami. Untuk Anda yang mempunyai hobi fotografi, tebing karang yang mengelilingi laguna bisa Anda jadikan tempat untuk melampiaskan hobi Anda.

Lokasi

Pulau Sempu berada di Kota Malang, tepatnya terletak di Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur.

Akses

Pantai Sendang Biru MalangUntuk mencapai Pulau Sempu, jika Anda dari Kota Malang, Anda harus menuju ke Pantai Sendang Biru yang memerlukan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di Sendang Biru, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan kapal nelayan. Biaya sewa kapal sekitar Rp. 200.000,-. Sebelum menyebrang ke Pulau Sempu, Anda diharuskan memiliki izin dari petugas setempat. Untuk itu kapal akan berlabuh dahulu ke Teluk Semut. Setelah birokrasi selesai, perjalanan ke Sempu akan dilanjutkan.

Info Tambahan

Pulau Sempu merupakan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah, maka dari itu Anda harus turut serta melestarikannya, paling tidak dengan membawa kembali sampah yang Anda bawa. Berikut beberapa tips untuk Anda yang berwisata ke Pulau Sempu:

  • Mempersiapkan diri untuk menjaga kondisi tubuh. Karena perjalanan dari Sendang Biru, Teluk Semut, Pulau Sempu dan Segara Anakan sangatlah melelahkan.
  • Bawalah perbekalan yang cukup selama Anda berwisata di Pulau Sempu. Terutama air untuk minum. karena setiba di Pulau Sempu, Anda tidak akan menemukan air tawar. Penjual makanan ataupun kamar mandi tidak ada di sini.
  • Bawalah pakaian, celana dan sepatu khusus untuk kegiatan di alam terbuka. Karena Anda nanti akan menelusuri hutan lebat untuk mencapai Laguna Segara Anakan.
  • Bawalah perlengkapan renang Anda, seperti pakaian renang, kacamata renang, pelampung dan sebagainya. Karena di Segara Anakan, Anda bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang.
  • Sebelum meninggalkan kapal yang mengantar Anda ke Pulau Sempu, minta nomor telepon untuk penjemputan Anda pulang.
  • Bila kurang yakin, gunakan jasa pemandu untuk mengantar Anda ke Segara Anakan atau tempat lain di sekitar Pulau Sempu. Biaya sekitar Rp. 100.000,- untuk mengunakan jasa pemandu.
  • Yakinkan api sudah padam ketika Anda habis menggunakannya.
  • Bawalah tenda untuk Anda yang berniat berkemah. Persewaan tenda bisa Anda dapatkan di Pantai Sendang Biru.
  • Dan yang paling penting, jaga kebersihan selama Anda berada di Pulau Sempu. Minimal, bawalah sampah Anda sendiri.


View Pulau Sempu in a larger map

One response to “Segara Anakan Pulau Sempu yang Eksotis”

  1. obyek wisata says:

    indah benar pulau sempu ini,
    kari kita jaga dengan tidak membuang sampah sembarangan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom