Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pesona Wisata Pulau Bawean di Jawa Timur

pulau noko pulau bawean jawa timur

Propinsi Jawa Timur yang terletak di bagian timur pulau Jawa tidak hanya mempunyai Pulau Madura. Selain pulau-pulau kecil yang berada di sebelah timur pulau Madura. Propinsi Jawa Timur memiliki satu buah pulau kecil yang berada di sebelah utara Pulau Jawa. Pulau Bawean namanya, yang kalau dilihat di google map hanya sebuah bulatan kecil di diatas Pulau Jawa.

Obyek Wisata

Pulau Bawean adalah sebuah yang terletak di laut jawa dengan luas pulau hampir sekitar 200 kilometer persegi. pulau bawean mempunyai beragam potensi destinasi pariwisata yang belum terjamah, keindahan alam pegunungan dengan hutan hujan tropis yang cukup lebat, danau dan air terjun, hingga pantai yang sangat elok. Semua destinasi wisata yang ditawarkan di pulau ini masih sangat asri, alami dan terjaga kebersihannya. Terdapat beberapa pesona destinasi wisata yang diandalkan Pulau Bawean yang sangat indah untuk dikagumi.

Danau Kastobadanau katoba pulau bawean jawa timur

Danau ini satu-satunya yang berada di Pulau Bawean. Terletak di Kecamatan Tambak dan berada di atas bukit. Untuk sampai ke danau ini harus dengan berjalan kaki melewati hutan dan tebing – tebing tinggi dengan jalan setapak yang sedikit terjal. Namun semua itu akan terbayarkan apabila sudah sampai di danau yang tenang dan berair jernih ini. Bagi yang ingin lebih menyatu dengan alam dan hobi berenang, tidak ada larangan untuk berenang menikmati segarnya air Danau Kastoba.

Air Terjun Laair terjun laccar pulau bawean jawa timurccar

Air terjun ini merupakan salah satu dari beber4apa air terjun yang berada di Pulau Bawean. Air terjun ini berada di Desa Teluk Dalam dan memiliki tinggi sekitar 10 meter. Air terjun ini masih alami, kata orang bawean kalau belum mandi di air terjun ini belum sah dalam mengaggumi Pulau Bawean.

 

Penangkaran Rusa Beto Gebang

Penangkaran yang mempunyai luas sekitar 4 hektar ini memiliki puluhan hewan endemik asli dan termasuk hewan penangkaran rusa pulau bawean jawa timuryang dilindungi dari Pulau Bawean. Terletak di Kecamatan sangkapura tepatnya berada di kaki gunung gadun. Rusa – rusa disini dibiarkan hidup liar walaupun ada yang belum jinak, pengunjung tidak boleh memberikan makan sembarangan oleh rusa tersebut. Bagi penikmat ekowisata sangat cocok berada ditempat ini, karena tempat ini juga berdekatan dengan perkebunan salak yang luas.

Pulau Gili dan Pulau Noko

pulau bawean jawa timurPulau Gili merupakan pulau kecil yang berjarak sekitar 2,3 km di timur pulau utama Bawean. Membutuhkan sekitar 30 menit perjalanan menyeberangi laut menggunakan perahu nelayan. Walaupun pulau ini kecil, akan tetapi banyak dihuni oleh warga. Keindahan pasir putih dan pesona sunsetnya menjadi andalan di pulau kecil ini.

Satu lagi pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Gili adalah Pulau Noko. Pulau Noko ini memiliki keunikan tersendiri. Pulau ini memiliki luas hanya 1 kilometer persegi dan semuanya hanya berupa pasir putih berhias sedikit semak hijau yang berada ditengahnya. Pulau Noko memiliki bentangan pasir yang cukup panjang apabila air laut sedang surut. Selain itu, snorkling juga sebagai pilihan tepat untuk menikmati keindahan bawah laut disekitar pulau tersebut.

Lokasi

Pulau Bawean terletak di utara Pulau Jawa yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur

Akses

Untuk mencapai ke Pulau Bawean dapat ditempuh dengan menyeberang dengan kapal dari pelabuhan Kota Gresik. Jarak tempuh mencapai 120 km dan menempuh perjalan sekitar 3 jam menggunakan kapal cepat.

Fasilitas dan Akomodasi

Penginapan dan fasilitas di pulau ini sudah cukup lengkap. Berbagai penginapan dari hotel sampai dengan homestay banyak tersebar disana, harganya pun bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

 

One response to “Pesona Wisata Pulau Bawean di Jawa Timur”

  1. kresna says:

    Untuk penyebrangan habis dana berapa? Mhn infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom