Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pesona Teluk Hijau Banyuwangi

teluk hijau banyuwangi jawa timur

Banyuwangi salah satu kota yang berada di ujung timur dari pulau Jawa memilki keanekaragaman destinasi wisata yang mengagumkan. Banyuwangi mempunyai suatu wilayah taman nasional yang disebut Meru Betiri, yaitu gugusan pantai-pantai nan menawan dan sangat mengaggumkan. Salah satunya adalah Teluk Hijau atau Green Bay yang pantainya jarang di kunjungi wisatawan menjadikan Teluk Hijau sebagai surga tersembunyi di Banyuwangi.

 

Obyek Wisata

Pantai yang tidak begitu luas, berada diantara perbukitan. Teluk Hijau kebanyakan hanya menjadi tempat singgah wisatawan yang akanpantai teluk hijau banyuwangi jawa timur ke kawasan Meru Betiri lainnya. Teluk Hijau mempunyai keunikan seperti namanya. Jikalau teluk lainnya mempunyai air laut yang berwarna biru, Teluk Hijau mempunyai warna air laut yang berwarna hijau ini dikarenakan didasar perairan dangkalnya terdapat alga yang memantulkan warna hijau dipermukaan perairannya. Selain warna hijau airnya, Teluk Hijau memiliki hamparan pasir putih yang halus dan bersih. Begitu halusnya pasir putih ini dengan mudah melekat di kulit saat kita bermain di pantainya. Perpaduan antara pasir putih, warna hijau air lautnya, perbukitan disekitarnya menjadikan perpaduan yang sangat mengaggumkan sepanjang mata melihat.

Tidak semudah mbukit teluk hijau banyuwangi jawa timurenuju pantai pada umumnya yang sudah ada pengelolanya, butuh perjuangan dan sedikit andrenalin untuk menuju ke Teluk Hijau.  Dengan cara treking wisatawan bisa menuju ke Teluk Hijau. Jalan setapak, jurang yang curam, menaiki dan menuruni bukit serta menembus hutan pepohonan yang besar akan menjadikan keistimewaan tersendiri dalam perjalanan.

Tidak hanaya keindahan pantainya, tidak jauh dari pantai terdapat sebuah air terjun air tawar yang tidak begitu besar. Dengan ketinggian sekitar 8 meter air terjun ini memiliki debit air yang sedang pada musim kemarau, debit akan bertambah pada saat musim penghujan. Jadi tidak perlu khawatir walaupun jauh dari pemukiman pengunjung masih bisa berbilas diri di air terjun tersebut.

Lokasi

Teluk Hijau terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.laut teluk hijau banyuwangi jawa timur

Akses

Apabila menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Banyuwangi melewati akses Jajag, Pesanggaran, Sarongan, Rajegwesi, Teluk Hijau dan Sukamade.

Dan jika menggunakan kendaraan umum, dari Kota Banyuwangi dapat ditempuh menggunakan bus kecil rute Banyuwangi-Pesanggaran yang terdapat di Terminal Brawijaya. Dari Terminal Pesanggaran pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan desa yang langsung menuju ke Teluk Hijau.

air terjun teluk hijau banyuwangi jawa timurFasilitas dan Akomodasi

Teluk Hijau merupakan tempat wisata yang terpencil dan belum dikelola penuh menjadikan tempat ini minim akan fasilitas. Bagi yang suka akan camping ditempat ini bagus untuk menginap, tetapi perlu waspada karena sewaktu pasang air laut dapat naik dan jangkauan ombak dapat menjamah seluruh permukaan pantai. Persiapkan perbekalan makanan dan perbekalan pribadi karena di tempat tersebut tidak ada penjual makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom