Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pantai Banyu Tibo, Keunikan Lain Pantai Pacitan

Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pacitan merupakan salah satu kabupaten dengan kelokan tempat wisata yang mengagumkan. Tidak hanya terkenal dengan gua-gua nya yang eksotis, tetapi juga memiliki pantai-pantai yang tak kalah dengan kabupaten-kabupaten di daerah lain. Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu pelengkap keindahan pantai di Pacitan diantara gugusan laut selatan.

Obyek Wisata

Selain Pantai Klayar dan Pantai Teleng ria, kabupaten Pacitan memiliki satu pantai yang unik dan berbeda dengan pantai yang lainnya. Pantai Banyu Tibo berasal dari kata bahasa jawa yang berarti air jatuh atau air terjun. Seperti namanya, Pantai Banyu Tibo memiliki keindahan air terjun air tawar yang langsung mengalir ke bibir pantai. Pemandangan ini sangat jarang kita temui apabila kita sedang berwisata di pantai.sumber air pantai banyu tibo pacitan

Pantai yang didominasi karang-karang tinggi ini memiliki pasir pantai yang tidak begitu luas, keindahan pantai bisa kita nikmati dari atas karang. Batuan kapur yang tergerus ombak laut menjadikan hiasan tersendiri seperti sebuah ukiran kayu yang sangat mempesona mata. Air terjun yang mempercantik Pantai Banyu Tibo ini berasal dari mata air pegunungan yang tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau, mengalir melewati bebatuan menjadikan sebuah sungai yang sangat jernih dan jatuh ke bibir pantai dan menjadi titik pertemuan antara air tawar dan air pantai.

air terjun pantai banyu tibo pacitanHanya sebuah gubug reot kecil milik nelayan yang dapat kita temui di Pantai Banyu Tibo. Karena pantai ini belum banyak yang mengetahui , sehingga hanya terdapat fasilitas-fasilitas minim tetapi cukup memadai. Justru dengan minimum fasiltas ini akan menjaga kealamian Pantai Banyu Tibo ini. Masyarakat sekitar sudah mengolahnya menjadi tempat wisata, jadi jika anda berkunjung ke Pantai Banyu Tibo tidak usah khawatir karena fasilitas parkir kendaraan bermotor sudah dikelola oleh warga. Dan bagi anda yang hobi dengan memancing, anda dapat menikmati hobi ini dengan teknik memancing diatas tebing. Karena tebing dipantai ini kebanyakan langsung berada diatas laut lepas, dengan teknik rock fishing anda dapat menikmati sensasi memancing di laut.

 

Lokasi

Terletak di desa Widoro kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur

Akses

Berjarak sekitar 110 km dari Kota Solo. Jalan termudah adalah mencari jalur arah Pantai Klayar, karena pantai ini tidak jauh dari Pantai Klayar. Disarankan anda mengunakan kendaraan pribadi. Karena akses Pantai ini belum dilewati oleh angkutan umum.

Akomodasi

Karena terletak di sebuah desa, akomodasi penginapan akan sulit ditemui. Apabila anda akan menginap, disarankan untuk menginap di Kota Pacitan yang jaraknya tidak begitu jauh. Fasilitas di sekitar pantai akan sulit ditemui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom