Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Keeksotisan Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang

Pantai berpasir putih kecoklatan ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, 52 Km dari pusat Kota Malang, pantai indah ini memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 2 Km. Pantai Balekambang dihiasi oleh tiga pulau batu yang masing-masing namanya diambil dari karakter pewayangan, yaitu Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman dan Pulau Ismoyo. Pulau Wisanggeni terhubung ke pantai dan Pulau Ismoyo oleh jembatan beton sepanjang 100 meter.

Pura Amerta Jati Pulau Ismoyo MalangDi Pulau Ismoyo terdapat pura Hindu yang bernama Pura Amerta Jati atau banyak dikenal sebagai Pura Ismoyo. Pura Amerta Jati berbeda dengan  pura-pura yang terdapat di Bali, keindahan Pura Amerta Jati tidak kalah cantik. Kecantikan dan pesonanya akan semakin nampak di saat matahari terbenam. Diresmikan pada tanggal 17 Oktober 1985 oleh Bupati Malang Edi Slamet, Pura Ismoyo ini dibangun mengikuti desain Pura Tanah Lot yang ada di Pulau Bali.

Objek Wisata

Matahari Terbenam di Pantai Balekambang Jawa TimurPantai Balekambang adalah tempat melepas penat yang wajib dikunjungi, pasalnya di pantai cantik ini tumbuh pepohonan sebagai tempat berteduh bagi wisatawan dari sengat panasnya Matahari. Selain bersantai di pasir putih kecoklatannya, di pantai dangkal ini Anda dapat berenang atau sekedar bermain-main di perairannya. Perlu diingat, jangan sampai berenang melewati batas aman yang ditandai dengan bendera merah. Pantai ini terkenal karena pusaran arus bawahnya. Kegiatan yang tak boleh dilewatkan adalah menantikan Matahari tenggelam.

Selain pesona keindahan pantainya, tepat 3 hari menjelang perayaan Nyepi bertempat di Pura Amerta Jati akan diselenggarakan upacara Jalani Diphuja yakni upacara pembersihan diri yang merupakan rangkaian perayaan Nyepi dan ritual keagamaan terpenting bagi umat Hindu di Malang dan selalu diadakan di Pantai Balekambang. Salah satu kelengkapan upacara yang terpenting dan tak boleh tidak adalah disediakannya jolen (sesajen) yang akan dilarung ke laut. Larung jolen ini merupakan simbolisasi atau ungkapan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi atas semua rezeki yang mereka terima selama ini, khususnya kepada Sang Hyang Baruna yang menguasai laut. Selain itu, pelarungan sesajen tersebut juga bermakna permohonan keselamatan dan dijauhkan dari segala mara bahaya di masa yang akan datang.

Lokasi

Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur.

Akses

Disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di Pulau Jawa ini, sebaiknya Anda menggunakan mobil pribadi atau agen tur. Mengingat transportasi umum untuk menuju pantai ini relatif sulit. Tarif masuk pantai Rp. 1.000,- untuk motor, Rp. 2.000,- untuk mobil dan Rp. 3.000,- untuk bus/truk.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang ada di Pantai Balekambang relatif lengkap seperti kolam renang, rumah makan, kios cinderamata, tempat informasi, tempat ibadah, pendopo, serta tempat parkir yang luas. Jika Anda ingin bermalam Anda dapat mendirikan tenda di sekitar pantai atau bermalam di hotel  yang berada di pusat Kota Malang.


View Pantai Balekambang (Pulau Ismoyo) in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom