Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Menikmati Suasana Kota Sidoarjo

Kota Sidoarjo

Kota Sidoarjo yang terletak di Propinsi Jawa Timur yang selama ini dikenal dengan Lumpur Lapindo semenjak sumur lumpur meluap menutup sebagian kota. Sidoarjo yang berdekatan dengan Kota Surabaya kadang hanya sebagai kota hanya lewat. Tetapi sebenarnya Kota Sidoarjo mempunyai banyak spot atau tempat wisata yang bisa kita nikmati bersama teman ataupun keluarga.

Museum Empu Tantular
Museum ini bukan untuk mengenang seorang Empu Tantular, tetapi museum ini menyimpan Kota Sidoarjohampir semua benda bersejarah. Museum Empu Tantular dulunya berada di Surabaya, karena bertambahnya koleksi maka museum ini dipindah di Kota Sidoarjo pada tanggal 14 Mei 2004 menempati lokasi tetap di Jl. Raya Buduran, Sidoarjo (sebelah barat Jembatan Layang Buduran).

Banyak sekali koleksi dari museum ini, diantaranya : Sepeda motor uap, Durga Mahesasuramardhini, Hiasan Garudeya, sepeda kayu dan lain lain.

Delta Fishing
Kota SidoarjoBuat Anda yang punya hobi memancing, disinilah tempat yang tepat untuk menguji ketangguhan memancing Anda. Kawasan dengan luas sekitar 2 hektar ini memiliki berbagai wahana seperti outbound, kolam renang serta tempat makan keluarga yang begitu nyaman.

Delta Fishing berada di di desa Prasung, kec. Buduran, kab. Sidoarjo ini mempunyai fasilitas permainan seperti Sepeda Air / Perahu Dayung, Kolam Renang, Loncat Trampolin, Kuda Terbang, Kereta Api, Kincir Angin, Permainan Koin dan Umpan Ikan, untuk tiket terusan dua anda bisa menikmati Flying Fox / Wall Climbing, Nyeberang ke Pulau, Sepeda Air / Perahu Dayung, Kolam Renang, Play Ground, Loncat Trampolin, Kereta Api, Kincir Angin / Kuda Terbang dan Umpan Ikan.

Tugu Alun Alun Kota
Alun alun berada ditengah Kota Sidoarjo tepatnya di jalan Ahmad Yani. Ikon ini tergolong baru Kota Sidoarjountuk melengkapi keindahan alun alun yang telah dipugar dan diperbarui. Disekitaran tugu disediakan sarana olahraga bagi masyarakat dan rindangnya pepohonan membuat kita nyaman untuk berlama-lama duduk disini. Disisi lain dari alun-alun terdapat kawasan kuliner yang telah disediakan sebagai pencari wisata kuliner.

Kampung Batik Jetis
kampung-batik-kota-sidoarjoKampung ini merupakan sentra batik di Kota Sidoarjo, disini kain kain batik diproduksi sendiri jadi kesan lokal masih melekat disini. Dari berrbagai model pakaian batik yang non formal sampai formal ada disini. Selain berbelanja, Anda dapat melihat secara langsung produksi pembuatan kain batik secara langsung. Adapun kadang rombongan yang berwisata dan melakukan pelatihan batik tulis di kampung batik Jetis ini.

Sentra Tas Tanggulangin
Sentra tas ini telah ada semenjak tahun 60an dan kualitasnya tidak kalah dengan tas imporKota Sidoarjo dari luar negeri. Bagi Anda yang gemar mengoleksi tas dan dompet dari kulit, disinilah surganya. Soal harga Anda tidak perlu khawatir karena bahan baku asli dari sini menhjadikan harga miring dan model yang juga tidak ketinggalan jaman.

Candi Pari
Kota SidoarjoCandi yang berada di Desa Candi Pari kecamatan Porong yang berada di bagian selatan Kota Sidoarjo  ini memiliki bentuk candi yang tidak umum, candi ini memiliki bentuk bentuk sempurnanya berpola Candi Khamer ( Birma ) dan Champa ( Thailand ) dengan panjang 16,86 m , lebar 14,10 m, dan tinggi 13,40 m sehingga terkesan pendek dan lebar.

Lumpur Lapindo
Mungkin ini adalah yang paling pertama tersirat dipikiran Anda apabila dengar kata Kota Sidoarjo. Kota SidoarjoLuapan lumpur akibat pengeboran yang salah pada tahun 2006 mengakibatkan tergenangnya Desa Renokenongo yang menghanyutkan ratusan pabrik dan rumah sempat menyita perhatian dunia ke Indonesia, berbagai penanggulangan dilaksanankan tetapi tidak membuahkan hasil.

Lambat laun membuat orang penasaran untuk melihat langsung bencana itu, sekarang setiap wisatawan pasti menyempatkan untuk berwisata ke lumpur lapindo. Bahkan setiap sore tempat ini ramai banyak yang menikmati sunset dari tanggul penghalang lumpur.

Pantai Kepetingan
Kota SidoarjoPantai ini berada di sebelah utara dari Kota Sidoarjo, tepatnya di Desa Sawohan Kecamatan Buduran. Uniknya apabila Anda kesan tidak akan langsung menemui indahnya pasir pantai, Anda harus menggunakan perahu menyusuri sungai hutan bakau yang asri nan hijau.

Ada tradisi yang sering digelar di pantai ini, yaitu tradisi nyadran sebagai bentuk rasa syukur warga lokal untuk berkah laut yang disediakan alam. Biasanya tradisi nyadran dilaksanankan setiap libur panjang.

Pulau Sarinah dan Wisata Bahari Telocor
Akibat dari aliran lumpur lapindo yang dibuang ke laut membuat Pulau Sarinah ini terbentuk, dalam Kota Sidoarjokurun waktu sekitar 5 tahun pulau ini sudah mencapaui sekitar 80 hektar denga ketinggian 2 sampai 3 meter dan setiap harinya luasnya bisa bertambah. Bermula dari rasa penasaran warga akan pulau baru tersebut sekarang pulau Sarinah menjadi tempat wisata dan Wisata Bahari Tlocor terbentuk untuk mendukung wisata di Pulau Sarinah.

Jarak antara dermaga Tlocor sampai dengan Pulau Sarinah sekitar 5 kilometer, wistawan dapat menyewa kapal nelayan yang selalu ada di dermaga tlocor untuk menyeberang denga haraga terjangkau tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom