Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Menikmati Grojogan Sewu nya Pacitan Jawa Timur

grojogan sewu pacitan pacitan jawa timur

Mendengar destinasi wisata yang bernama Grojogan Sewu, terlintas dibenak kita pasti wisata itu didaerah Karanganyar Jawa Tengah. Tetapi ternyata didaerah lain di Indonesia ini banyak sekali air terjun dengan nama Grojogan Sewu, salah satunya Grojogan Sewu Pacitan yang memang belum seterkenal destinasi air terjun bernama Grojogan Sewu lainnya.

Obyek Wisata

Pacitan adalah kota yang masuk dalam wilayah Jawa Timur dan bersebelahan dengan Propinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan kota 1000aliran grojogan sewu pacitan jawa timur gua yang memiliki keindahan bebatuan karst, gua dan keindahan pantai selatanya ternya memiliki keindahan air terjun. Air terjun ini bernama Grojogan Sewu. Air terjun ini berbeda dengan air terjun yang lainnya yang hanya memiliki satu air yang jatuh dari ketinggian, namun air terjun ini memiliki bentuk air terjun yang unik.

Grojogan Sewu Pacitan ini memiliki bentuk air terjun yang berundak dan memiliki aliran air yang deras, ketinggian air terjun ini hanya 6 meter. Namun jarak antara air terjun ini memiliki ukuran 1 sampai 100 meter. Jadi bisa terbayangkan kalau air terjun ini tidak tinggi, melainkan air terjun ini memanjang. Diantara air terjun terdapat kolam-kolam penampung air dan meluap membentuk air terjun yang lainnya. Biasanya pengunjung menikmati air terjun dengan berbasah-basahan dan menikmati air di tiap tingkatan air terjunya. Uniknya dari air terjun ini walaupun saat musim kemarau, air terjun ini tidak akan mengalami kekeringan.

kolam grojogan sewu pacitan jawa timurDisekitar air terjun alamnya masih terjaga keasliannya, air yang jatuh dari air terjun terasa sangat jernih dan segar. Didasar air terjun terdapat kolam penampungan air yang terbentuk secara alami dengan warna air yang berwarna kehijauan dan dengan kedalam kolam yang tidak begitu dalam membuat pengunjung dapat menikmati terpaan air yang jatuh dari atas. Aliran sungai dari air terjun yang mempunyai keindahan dengan batuan karts yang indah menjadikan perpaduan yang sepandan untuk dinikmati.

Lokasi

Air terjun Grojogan Sewu Pacitan ini terletak Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur.

Akses

Apabila dari Kota Pacitan dapat ditempuh dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi dengan menuju ke Kecamatan Punung atau searah dengan Goa batuan grojogan sewu pacitan jawa timurGong. Jarak dari Kota Pacitan ke Grojogan Sewu ini sekitar 25 km dan jarak dari Goa Gong sekitar 5-7 km. Apabila dari Solo kecamatan Punung terletak sebelum memasuki Kota Pacitan.

Fasilitas dan Akomodasi

Destinasi wisata air terjun ini masih belum dikolala oleh pemerintah, jadi untuk masalah fasilitas masih jarang ditemukan. Disarankan membawa perbekalan pribadi seperlunya karena tidak adanya warung penjual makanan didaerah air terjun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom