Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Keindahan 3 Air Terjun di Lereng Gunung Ijen Bondowoso Jawa Timur

air terjun bondowoso jawa timur

Kabupaten Bondowoso Jawa Timur yang memiliki keindahan Pegunungan Ijen yang terkenal dengan blue fire nya dan sudah terkenal di dunia. Ternyata memiliki keindahan lain yang terletak di lerengnya. Terdapat 3 buah air terjun yang indah dan unik berada di lereng dan berada di satu jalur naik ke Gunung Ijen. Sayang apabila sewaktu ke Bondowoso hanya menikmati pesona Gunung Ijen dan keindahan blue firenya saja.

Obyek Wisata

Dengan melewati jalur turun dari Kawah Ijen ke arah Kota Bondowoso, memang agak jauh perjalananya kalau dibandingkan langsung menuju ke air terjun kalipait bondowoso jawa timurKota Banyuwangi. Tetapi Pelancong akan melewati daerah lereng gunung yang sangat sejuk dan memiliki 3 buah air terjun yang cantik dan saling berdekatan.

Air terjun pertama sangat dekat dengan jalan, cuma butuh beberapa menit untuk sampai disini. Bernama Air Terjun Kali Pahit yang memiliki bentuk air terjun yang memanjang beraliran seperti sungai tetapi mengalir dari atas memalui jalur yang terbentuk alami diantara bebatuan pegunungan. Air disini memiliki warna kuning kehijauan mengandung belerang yang sangat tinggi. Menurut informasi, air terjun ini merupakan rembesan dari Kawah Ijen.

Air Terjun Nair terjun niagara mini bondowoso jawa timuriagara Mini begitu warga sekitar menyebutnya untuk air terjun tujuan yang ke dua. Air terjun ini juga sangat menakjubkan karena juga berbeda bentuk dengan air terjun biasa. Air terjun ini memiliki bentuk yang melebar, berundah dan mempunyai ketinggian hanya 6 meter. Air disini sangatlah jernih dan sejuk yang mengalir dari sebuah sungai kecil dari sebuah taman. Air terjun ini berada dalam lingkungan perkebunan kopi Arabika yang dikelola oleh PTP Nusanair terjun belawan bondowoso jawa timurtara XII.

Yang ke tiga adalah Air terjun Blawan, jarak dari Air Terjun Niagara Mini hanya sekitar 1 km. Air terjun ini juga memiliki permandian air panas. Bentuk dari air terjun ini seperti air terjun yang biasanya kita temui, tetapi mempunyai debit air yang sangat deras dan berwarna coklat. Tidak disarankan untuk mandi dibawah air terjun dan hanya bisa menikmatinya dari samping kanan dan ditengah air terjun tidak bisa menikmati dasar dari air terjun. Karena air terjun ini diapit oleh tebing yang tinggi.

Lokasi

Ke tiga air terjun yang indah ini berlokasi di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur.

Akses

Jarak dari Kota Bondowoso ke destinasi wisata ini berjarak sekitar 52 km menuju arah Gunung Ijen.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas disini sudah sangat lengkap. Karena berada di lingkungan perkebunan yang dikelola oleh PTP Nusantara XII. Dari area parkir sampai penginapan mudah ditemukan di area ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom