Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pesona Kawah Ijen

Kawah Ijen

Blue Fire Api Biru Kawah IjenKawah Ijen atau Gunung Kawah Ijen adalah salah satu gunung yang masih aktif di provinsi Jawa Timur. Gunung Kawah Ijen juga termasuk dalam bagian Taman Nasional Alas Purwo. Gunung Kawah Ijen terletak di antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Gunung Kawah Ijen pernah meletus beberapa kali yang mengakibatkan terbentuknya sebuah danau kawah dan mengandung belerang di dalamnya. Dengan ketinggian 2.443 mdpl dan danau kawah yang memiliki luas sekitar 55 hektar, kawah ijen disebut-sebut termasuk salah satu danau kawah terbesar di dunia. Daya tarik lainnya selain danau kawah yaitu fenomena api biru atau Blue Fire di Kawah Ijen. Fenomena tersebut hanya ada dua di dunia ini. Salah satunya yang ada di Kawah Ijen.

Objek Wisata

Gunung Kawah IjenJika Anda mempunyai rencana akan berwisata di Jawa Timur, masukkan Gunung Kawah Ijen ke dalam daftar tujuan wisata Anda. Dalam perjalanan sebelum mencapai Gunung Kawah Ijen, jika Anda melewati Bondowoso, Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi yang cukup luas. Selain itu, Anda bisa menyempatkan waktu sebentar untuk menikmati kesejukan Air Terjun Banyupahit. Sumber air dari air terjun ini berasal dari Gunung Kawah Ijen. Dinamakan Banyupahit, karena airnya yang berwarna kehijau-hijauan dan memilki rasa pahit yang disebabkan kandungan kadar belerang dari Kawah Ijen. Pemandangan bertambah sejuk karena selain itu terdapat hutan cemara yang di sekitar lokasi Air Terjun Banyupahit.

Setelah puas menikmati kesejukan pemandangan air terjun, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kawah Ijen. Sesampai di kawasan Kawah Ijen, Anda harus berjalan mendaki sekitar 3 km untuk mencapai bibir kawah. Sesampai di lokasi, kelelahan Anda akan dibayar ketika di depan Anda terbentang luas sebuah danau kawah nan eksotik dengan air yang berwarna hijau. Merupakan pemandangan yang sangat indah dengan gradasi warna langit biru dan air yang hijau, mungkin Anda tidak bisa membayangkan jika belum mengunjunginya.

Belerang Gunung Kawah IjenSelain itu pemandangan hilir mudik para penambang belerang yang memikul bongkahan-bongkahan belerang berukuran sangat besar yang berwarna kuning akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Disarankan ketika Anda berwisata di Kawah Ijen, sebaiknya Anda membawa masker atau penutup hidung. Dikarenakan kadar belerang yang cukup tinggi mungkin akan menyebabkan gangguan pernafasan Anda yang belum terbiasa.

Waktu terbaik untuk menikmati pesona keindahan Gunung Kawah Ijen yaitu pada bulan Agustus-September. Karena pada bulan tersebut bunga edelweis yang berwarna putih dan kuning sedang tumbuh dan akan menambah eksotisme keindahan Gunung Kawah Ijen.

Lokasi

Berada di dua kecamatan dan kabupaten. Yaitu Kec. Licin, Kab. Banyuwangi dan Kec. Sempol, Kab. Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Akses

Dari arah utara (Situbondo)

Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau dengan kendaraan pribadi menuju Kec. Sempol dengan jarak sekitar 90 Km. Sesampai di Desa Sempol, Anda harus menuju Pos Paltuding dengan jarak sekitar 15 Km.

Dari arah selatan (Banyuwangi)

Untuk sampai ke Kec. Licin berjarak sekitar 15 Km, kemudian dilanjutkan ke Pos Paltuding dengan jarak sekitar 18 Km.

Pos Paltuding merupakan pos pendakian menuju Kawah Ijen. Disarankan sebaiknya Anda sampai di pos ini pada waktu pagi hari. Untuk alasan keamanan, pada pukul 2 siang pos pendakian akan ditutup, karena biasanya angin yang mengandung sulfur mengarah melewati jalur pendakian yang akan membahayakan pengunjung.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas dan akomodasi di Gunung Kawah Ijen relatif memadai. Jalan yang akan dilalui menuju Pos Paltuding cukup memadai. Area parkir yang nyaman dan tergolong luas. Untuk Anda yang ingin bermalam, Anda bisa menggunakan pondok, penginapan dan bumi perkemahan. Terdapat juga warung makan di sekitar pos pendakian.


View Gunung Kawah Ijen in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom