search
top

Pesona Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo yang merupakan salah satu obyek wisata di Jawa Timur, mempunyai ketinggian 2.392 m di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih sekitar 800 m membentang dari utara ke selatan dan sekitar 600 m yang membentang dari timur ke barat. Sedangkan lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo merupakan daerah yang berbahaya.

Video Keindahan Matahari Terbit di Gunung Bromo

Gunung Bromo berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti Brahma, merupakan salah seorang Dewa Utama Hindu, merupakan gunung berapi yang sampai sekarang masih aktif dan merupakan obyek wisata di Jawa Timur yang paling terkenal dan populer. Obyek wisata Gunung Bromo yang masuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m di atas permukaan laut. Dari puncak Gunung Penanjakan di ketinggian 2.770 m, wisatawan datang untuk melihat pemandangan matahari terbit Gunung Bromo. Pemandangannya sungguh menakjubkan dimana Anda akan melihat dengan latar belakang Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan.

Prosesi Upacara Kasodo Masyarakat Gunung BromoSelain menyaksikan keindahan panorama yang ditawarkan oleh Gunung Bromo, Anda juga dapat menyaksikan Upacara Kesodo, yang diadakan oleh masyarakat Tengger. Upacara ini biasanya dimulai pada saat tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kesodo (ke-sepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Akses Ke Daerah Wisata Gunung Bromo

Anda dapat mencapai lokasi ini dengan menggunakan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor. Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini, Anda bisa melaluinya dari desa Cemorolawang jika melalui Probolinggo, desa Wonokitri jika Anda dari Pasuruan, desa Ngadas jika Anda lewat Malang dan desa Burno jika Anda lewat Lumajang. Untuk penjelasan mengenai jalur perjalanannya adalah sebagai berikut : Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo dengan menggunakan transportasi mobil berjarak sekitar 71 km, Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo menggunakan transportasi mobil dengan jarak sekitar 53 km Atau jika Anda dari Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan dengan jarak sekitar 83 km.

Akomodasi di Gunung Bromo

Berbagai fasilitas seperti hotel berbintang 4, losmen atau vila dapat Anda temukan di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menginap di obyek wisata Gunung Bromo. Hotel terdekat dengan lokasi wisata Gunung Bromo yaitu BJ Perdana Hotel, Villa Biru, Lie Mas Hotel, dan Villa Apel.

Anda dapat membeli oleh-oleh atau cinderamata di sekitar kawasan wisata Gunung Bromo. Di kawasan ini banyak terdapat kios cinderamata yang menjajakan dagangan mereka seperti kaos atau t-shirt, topi, penutup kepala, syal dan lain-lain. Selain itu, di sekitar kawasan laut pasir juga terdapat beberapa penjaja cinderamata yang menjual kaos atau t-shirt yang bertemakan Gunung Bromo – Semeru.

Tips

  • Waktu kunjungan terbaik yaitu sekitar bulan Juni s/d Oktober dan bulan Desember s/d Januari.
  • Perlu persiapan kesehatan prima dan jaket, baju hangat, penutup kepala dan kaos tangan untuk menahan hawa dingin.
  • Jika Anda berencana ingin melihat matahari terbit di puncak penanjakan, Anda harus berangkat pagi-pagi sekitar pukul 03.00 – 04.00.
  • Persiapkan bekal secukupnya, mengingat sulitnya mencari makanan pada malam hari.


View Gunung Bromo in a larger map


Leave a Reply

top