Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Gua Tetes, Gua Bernuansa Air Terjun di Lumajang Jawa Timur

gua tetes lumajang jawa timur

Kota Lumajang Propinsi jawa Timur yang kadang pelancong dari daerah lain hanya melewatinya untuk menuju ke Kota Malang yang terkenal memiliki banyak pilihan destinasi wisata. Tetapi Kota Lumajang juga memiliki destinasi wisata yang eksotis, namanya adalah Gua Tetes. Keunikan gua dan keindahan gua ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Obyek Wisata

Gua Tetes ini adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Lumajang, karena tempatnya yang tersembunyi dan kurangnya promosi wisata menjadikan aliran gua tetes lumajang jawa timurdestinasi wisata gua ini jarang dikunjungi. Sebenarnya wisata gua ini sangat menakjubkan mata, gua ini berbeda dengan destinasi gua yang ada pada umumnya. Berdasarkan cerita dari warga sekitar, gua ini ditemukan pada tahun 1969 oleh seorang penggergaji kayu. Dan pada tahun 1975 baru dikunjungi oleh pelancong.

Nampak dari kejauhan, gua ini seperti air terjun yang berundak-undak. Memiliki debit air yang deras saat musim penghujan. Ternyata mulut gua berada di tengah air terjun. Gua ini sarat dengan air karena gua ini menjadi aliran air pegunungan yang konon berasal dari Gunung Semeru. Air yang senantiasa menetes dari atas gua menjadikan nama gua ini menjadi Gua Tetes. Pelancong yang berniat masuk dan menikmati sensai dalam gua harus mengeluarkan sedikit tenaga untuk mulut gua gua tetes lumajang jawa timurmemanjat batuan air terjun untuk sampai ke mulut gua. Uniknya bebatuan yang dialiri air terjun ini tidak licin saat dipanjat, karena bebatuan ini berupa endapan batuan kapur yang terdapat rongga-rongga diantara bebatuan endapan.

Gua Tetes ini sebenarnya tidak terlalu luas dan dalam. Tetapi keindahan ukiran alam berupa stalagmit dan stalagtit menghiasi dalamnya gua yang senantiasa dialiri oleh air. Mitosnya, air yang menetes dan menimpa badan akan membuat awet muda. Bahkan air terjun ini dapat membuat pasangan yang sedang dalam perpecahan akan rukun kembali dan memperlancar menemukan jodoh bagi yang belum berjodoh. Itu cerita dari warga sekitar gua.

Lokasi

Gua Tetes terletak di Dusun Krajan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur.

Akses

Letak Gua Tetes ini berjarak 55 km di selatan Kota Lumajang. Dapat ditempuh dengan angkutan umum ataupun angkutan pribadi dari Kota Lumajang. Letaknya sekitar 1 km dari jalan raya perbatasan Lumajang-Malang.

Fasilitas dan Akomodasi

Wisata ini dikelola oleh warga sekitar tempat wisata Gua Tetes. Fasilitas disini minim. Diharapkan membawa perbekalan seperlunya karena di area Gua tidak ada penjual makanan. Untuk masalah penginapan bisa didapatkan di Kota Lumajang atau di Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom