search
top

Pesona Keindahan Gua Istana Maharani

Gua Maharani terletak di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Gua yang berjarak kurang lebih 500 meter dari pantai utara Jawa ini memiliki kedalaman sekitar 25 meter dibawah permukaan tanah dengan luas 2.500 meter persegi. Gua ini ditemukan oleh para penambang fosfat pada tanggal 6 Agustus 1992 yang dikepalai oleh Sunyoto. Dan pada tanggal 10 Maret 1994, Gua Istana Maharani resmi dijadikan sebagai kawasan wisata oleh Bupati Lamongan pada saat itu Mohamad Faried.

Gua Istana Maharani Lamongan

Ada sebuah cerita sebelum Gua Istana Maharani ditemukan, pada malam sebelumnya istri dari Sunyoto bermimpi melihat taman bunga yang bersinar sangat indah, taman tersebut ditunggu oleh 2 ekor naga. Kemudian mimpi tersebut oleh para penambang dianggap sebagai petunjuk sebelum para penambang tersebut menemukan Gua Maharani tersebut. Kemudian Sunyoto mengusulkan nama Gua Istana maharani kepada Mohamad Faried (Bupati Lamongan), Gua Istana sendiri oleh Sunyoto diberi nama tersebut karena keindahan gua tersebut sangatlah mirip sebuah istana.

Obyek Wisata

Gua Istana Maharani oleh sebagian orang yang sudah menyaksikan sendiri gua tersebut mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan gua-gua yang ada di Indonesia. Penilaian tersebut dikarenakan gua tersebut memiliki gugusan-gugusan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah. Ada yang beranggapan juga bahwa keindahan Gua Istana Maharani mampu disejajarkan dengan guaa-gua yang ada di negara barat, seperti Gua Mammoth Amerika, Gua Altamira Spanyol, serta Gua Coranche Perancis.

Keindahan Gua Istana MaharaniAda hal unik yang ada di gua ini, stalaktit dan stalagmit yang terbentuk ratusan tahun yang lalu tersebut memiliki nama-nama tersendiri, seperti Lingga Pratala berbentuk menyerupai alat kelamin pria, Yoni Pratiwi berbentuk menyerupai alat kelamin wanita, Karang Raja Kadal yang berbentuk hewan purba dinosaurus, Selo Gajah mempunyai bentuk seperti kepala gajah, Cempaka Tirta yang berbentuk seperti bunga kantil, dan sebagainya. Dan menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh Dr. K.R.T. Khoo (ahli gua dari Yayasan Speleologi Indonesia Bogor), gua batu kapur yang memiliki stalaktit dan stalagmit di gua tersebut terus bertumbuh sekitar 1 cm setiap 10 tahun.

Gua MaharaniUntuk menambah keindahan di dalam gua, pihak pengelola memasang lampu-lampu yang berwarna-warni yang digunakan untuk menyinari stalaktit dan stalagmit tersebut. Tidak hanya itu, alat pendukung lainnya seperti pemutar lagu dan kipas angin tidak lupa digunakan. Ini sengaja digunakan untuk kenyamanan para pengunjung yang datang menikmati keindahan Gua Istana Maharani.

Setelah puas menyusuri dan menikmati keindahan Gua Maharani, wisatawan juga dapat mencoba rekreasi wisata lainnya yang berada persis di depan pintu masuk gua. Wisata Bahari Lamongan itulah nama tempatnya. Di kawasan wisata ini para wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti bermain adu ketangkasan, memacu adrenalin dengan mengendarai gokart atau motocross, berenang, dan fasilitas lainnya yang ada di kawasan Wisata Bahari Lamongan.

Lokasi

Gua Istana Maharani berada di tepi jalan raya Gresik – Tuban. tepatnya berada di Tanjung Kodok, Paciran, Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Akses

Untuk mencapai objek wisata Jawa Timur tersebut, jika dari Surabaya Anda langsung dapat menuju Lamongan. Surabaya-Lamongan berjarak kurang lebih 70 km, memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket

Buka setiap hari pada pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Harga tiket masuk untuk hari Senin-Kamis Rp. 25.000,-/orang dan Rp. 30.000,-/orang untuk hari Jumat sampai Minggu.

Fasilitas dan Akomodasi

Tersedia berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Gua Istana Maharani dan Kompleks Wisata Bahari. Fasilitas tersebut antara lain, tempat ibadah, klinik, ATM, kamar mandi, tempat khusus menyusui, tempat parkir yang luas, toko souvenir, dan penjual makanan.


View Gua Istana Maharani in a larger map


Leave a Reply

top