Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Tumang, Sentra Kerajinan Tembaga dan Kuningan

kerajinan-tembaga-tumang

Ternyata Kota Boyolali tidak hanya terkenal dengan susu sapinya, tetapi juga merupakan sentra kerajinan tembaga dan kuningan. Sentra Industri Kerajinan Tembaga dan Kuningan ini terletak di Desa Tumang. Desa Tumang berada di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Desa Tumang berjarak sekitar 16 km arah barat dari Kota Boyolali, termasuk wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Kerajinan tembaga di Desa Tumang merupakan warisan budaya turun-temurun.

Obyek Wisata

hasil produksi kerajinan tembaga tumangDi Desa Tumang, pengunjung bisa secara langsung melihat bagaimana cara proses pembuatan kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin sekaligus distributor kerajinan tembaga yaitu Bapak Muhammad Mansyur. Beberapa produk kerajinan tembaga/kuningan yang di hasilkan antara lain Bathub, Copper Tile, Meja, Kursi, Vas bunga, Kaligrafi, Washtafel, dan lain sebagainya. Kerajinan logam tembaga memang telah mengalami perkembangan yang pesat. Dulunya hanya membuat produk untuk rumah tangga, seperti dandang, wajan, kwali, dan lain-lain, tetapi sekarang kerajinan tembaga menjadi produk yang bernilai seni tinggi, dan banyak digunakan untuk perkantoran, villa dan hotel sebagai perlengkapan eksterior maupun interior.

galeri kerajinan tembaga dan kuningan TumangSetelah menyaksikan dan melihat proses pembuatan kerajinan tembaga, pengunjung juga bisa melihat beberapa barang-barang kerajinan yang sudah jadi yang dipajang di galeri. Anda pun juga bisa membelinya, harganya pun bervariasi. Dari Rp. 200.000,- sampai dengan harga jutaan.

Lokasi

Sentra Pengrajin Tembaga/Kuningan ini terletak di Desa Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah.

Fasilitas dan Akomodasi

-

Akses

Jika Anda dari Kota Solo, Anda bisa naik bus jurusan Boyolali atau bus jurusan Semarang. Sesampai di Kota Boyolali, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik mikro bus jurusan Cepogo. Turun di Cepogo Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek ke Desa Tumang. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ikuti penunjuk arah ketika sampai di Kota Boyolali. Jika Anda mengalami kesulitan menuju Tumang, Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang Anda jumpai di jalan. Disarankan untuk Anda, jika ingin melihat-lihat seluruh wilayah sentra kerajinan sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi.


View Tumang, Sentra Kerajinan Tembaga dan Kuningan in a larger map

Leave a Reply

bottom