Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Telaga Madirda, Keindahan Tersembunyi Di Lereng Lawu Karanganyar

telaga madirda karanganyar jawa tengah

Mendengar wisata Kota Karanganyar dan Gunung Lawu pasti terbesit dipikiran adalah wisata Grojogan Sewu, Candi Sukuh, Candi Ceto dan perkebunan teh. Ternyata diantara keindahan-keindahan tersebut mempunyai keindahan yang tersembunyi, Telaga Madirda salah satunya yang berada tak jauh dari Candi Sukuh.

Obyek Wisata

Telaga Madirda adalah sebuah telaga yang tidak begitu luas, tetapi mempunyai area wisata yang cukup luas. Dikelilingi oleh bukit-bukit view telaga madirda karanganyar jawa tengahyang menjulang tinggi berwarna hijau menambah keasrian Telaga Madirda. Luas telaga yang tidak terlalu besar dengan ukuran 1000 m persegi di tengah-tengah suatu cekungan dengan luas sekitar 3000 m persegi dan dikelilingi oleh rumah-rumah warga yang begitu bersahaja.

Ditempat ini sering dijadikan oleh umat Hindu untuk merayakan Melasti, yaitu upacara menyucikan diri dengan tirta atau air dan perayaan ini merupakan awal dari perayaan Nyepi. Jadi jangan kaget kalau disana kita akan menemukan bekas perayaan. Kemungkinan telaga ini masih ada hubunganya dengan tradisi Hindu majapahit yang dibuktikan dengan dekatnya tempat wisata ini dengan lima candi yaitu candi Planggatan, Candi Sukuh, Candi Cetho, Candi Kethek dan Candi Menggung yang semua terletak di Lereng Gunung Lawu.

air telaga madirda karanganyar jawa tengahSedikit cerita dari warga sekitar. Telaga Madirda ini terbentuk dari penjelmaan dari mustika cupu manik. Mustika cupu manik adalah sebuah mustika yang bisa memperlihatkan tempat-tempat indah tanpa kita harus kesana.

Air di Telaga Madirda sangatlah jernih, sehingga ikan yang berenang bebas dan bebatuan di dasar telaga dapat kita lihat dengan jelas. Keunikan yang lain adalah debit air dari Telaga Madirda ini tidak akan berubah, walaupun pada musim kemarau atau penghujan telaga ini akan tetap terlihat asri, sesuk dan segar. Di sekitar telaga terdapat ladang rumput yang begitu luas, terdapat mainan anak-anak yang disediakan yang kadang pula tempat tersebut digunakan untuk ajang outbound.

 

Lokasi

Telaga Madirda terletak di di Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.taman bermain telaga madirda karanganyar jawa tengah

Akses

Untuk menuju ke Telaga Madirda agak cukup rumit, karena belum adanya penunjuk arah. Akses paling mudah dan dekat adalah dari Candi Sukuh.Kita memang harus rajin bertanya kepada warga setempat. dari Kota solo bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang menuju ke Telaga Madirda dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk fasilitas disana masih cukup minim, disarankan persiapan bekal apabila akan berkunjung di telaga ini. Untuk tempat menginap disarankan untuk menginap di area Tawangmangu yang juga terdapat pariwisata puncak dan Grojogan Sewunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom