Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Segarnya Bermain Air di Taman Wisata Umbul Cokro Tulung Klaten Jawa Tengah

wisata air-cokro tulung-klaten-jawa tengah

Klaten adalah sebuah kabupaten yang berada diantara Kota Solo dan Yogyakarta, sangat disayangkan kalau Klaten Cuma dianggap sebagai jalur wisata. Sebagian besar pelancong dari luar kota lebih memilih untuk ke Solo atau Yogyakarta sebagai tujuan wisata mereka. Padahal di Kabupaten Klaten ini banyak menyimpan keanekaragaman tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Air Umbul Cokro Tulung yang sangat cocok sekali untuk dinikmati bersama orang dekat ataupun keluarga.

Obyek Wisata

Destinasi wisata air yang bernama asli Wisata Air Umbul Inggas ini lebih dikenal oleh masayarakat dengan nama Wisata Air Umbul Cokro Tulung aliran-wisata air-cokro tulung-klaten-jawa tengahdan wisata ini biasanya sepaket dengan wisata kuliner pemancingan Janti yang berada di satu kawasan. Wisata ini sudah lama dikenal oleh masyarakat sekitaran Kota Solo dan Yogyakarta, karena wisata ini sudah lama berada. Wisata Air ini berasal dari mata air alami sumber mata air Cokro yang berada disisi utara tempat wisata ini. Dengan luas sekitar 15000 meter persegi tempat ini sudah sangat berbeda dari sekitar 10 tahun yang lalu. Wisata ini semakin berbenah diri untuk kenyamanan para pengunjungnya.

Tempat favorit di Umbul Cokro ini adalah aliran mata air yang berbentuk layaknya sungai dengan aliran yang hampir tidak terasa dan dengan kedalaman sekitar 80cm ini anda bisa bermain air sepuasnya. Air yang cukup jernih membuat pengunjung untuk tidak ragu menyelam menyusuri keindahan bawah aliran air yang suasan-wisata air-cokro tulung-klaten-jawa tengahterdiri dari bebatuan kecil dan pasir halus. Cuaca panaspun tidak akan terasa di area wisata ini dikarenakan akan rimbunya pepohonan hijau yang menghalangi sinar matahari untuk menyentuh ke bumi.

Seiring waktu berjalan, Wisata Air Umbul Cokro ini sudah sangat berbeda tanpa merubah konsep taman air alami. Sekarang, berbagai fasilitas bermain seperti: Water Sliding, Fliying Fox, Kolam Bermain, Pancuran, Gardu-gardu tempat istirahat dan ditambahkan jembatan baru. Tetapi masih ada yang menjadi ikon dai tempat wisata ini adalah jembatan gantung sebagai pintu masuk ke tempat wisata. Jembatan berwarna biru ini sering untuk ajang narsis atau selfie sebagai kenang-kenangan kalau pernah kesana.

Lokasi

Wisata Air Umbul Cokro berlokasi di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah.

Akses

Apabila dari Yogyakarta : Memasuki Kota Klaten hingga bertemu dengan perempatan GOR Gelarsena, kemudian belok kiri mengikuti jalan ke jembatan gantung-wisata air-cokro tulung-klaten-jawa tengaharah Karanganom, setelah di pertigaan Karanganom ambil kanan dan sekali lagi ikuti jalan yang terbesar saja serta jangan memasuki perkampungan. Dengan mengikuti jalan paling besar dan paling ramai nanti akan bertemu terlebih dahulu dengan Ponggok, kemudian ikuti papan petunjuk untuk menuju Umbul Cokro.

Dari Solo : Ada beberapa rute yang bisa dipilih karena memang akses menuju Umbul Cokro bisa ditempuh dari beberapa titik dari Jalan Raya Jogja – Solo , seperti Penggung, Polanharjo, atau Delanggu. Papan petunjuk yang mengarah ke Cokro/Djanti banyak kok yang terpasang dari Jalan Raya Jogja Solo.

Fasilitas dan Akomodasi

Wisata Air Umbul Cokro memilik fasilitas sudah sangat lengkap. Dari area parkir, kamar mandi, dan tempat jajanan sudah tersedia di dalam area tempat wisata. Jasa sewa tikar untuk istirahat banyak kita temui disana. Untuk penginapan bisa kita temukan di Kota Delanggu atau jalan jalur Solo-Jogja yang terdekat dengan kawasan wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom