Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pasar Klewer, Pusat Batik Solo

pasar-klewer-solo

Pasar Klewer adalah salah satu tempat yang cukup terkenal di Kota Solo, Jawa Tengah. Pasar ini berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Pasar Klewer adalah pusat perbelanjaan dari berbagai macam jenis kain yang sangat lengkap, sehingga merupakan tempat para pedagang grosir yang berada di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Jakarta untuk kulakan.

berbagai macam batik soloBerdasarkan cerita zaman dulu, Pasar Klewer digunakan untuk lokasi pemberhentian kereta api kuno. Oleh sebab itu, warga sekitar menjadikan lokasi Pasar Klewer untuk menawarkan beraneka macam dagangan pada penumpang kereta. Pasar Klewer dulu terkenal dengan nama Pasar Slompretan. Asal-usul Slompretan yaitu dari kata slompret (dalam bahasa indonesia berarti terompet), munculnya kata slompret ini berasal dari klakson kereta api pada saat akan berhenti dan berangkat yang bunyinya mirip dengan terompet ketika ditiup.

Beraneka ragam dagangan yang ditawarkan di Pasar Slompretan, salah satunya yaitu pedagang yang menawarkan kain tekstil yang berjenis batik. Pedagang-pedagang tekstil batik ini menawarkan dagangannya dengan cara di taruh pundak, yang menyebabkan dagangannya tampak berkleweran. Karena itu, semakin banyaknya para pedagang-pedagang ini yang berlalu lalang, akhirnya Pasar Slompretan lebih populer dengan sebutan Pasar Klewer.

Sekitar tahun 1970, Pasar Klewer dibuat sebagai bangunan permanen yang mempunyai dua lantai. Ini berfungsi agar para pengunjung tidak akan berdesakan ketika akan melewati lorong-lorong pasar. Dikarenakan jumlah kios lebih dari 2000 unit ini.

Obyek Wisata

tengkleng kuliner khas soloPasar Klewer seiring dengan perkembangannya menjadi pusat grosir batik dan aneka macam jenis tekstil murah yang ada di Kota Solo. Seperti pakaian kebaya, kain polos, pakaian resmi, pakaian batik, daster motif, hingga pakaian anak-anak tersedia di sini. Tidak hanya batik motif Solo, batik motif dari Kota Banyumas, Pekalongan, Madura, Yogyakarta, dan sebagainya pun tersedia di sini. Di Pasar Klewer ini pun, pengunjung bisa menemukan batik dengan cara cap ataupun batik tulis dengan harga murah tetapi dengan kualitas terbaik. Tawar menawar sangat diperlukan di pasar ini, karena pengunjung akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Setelah lelah mengelilingi lorong-lorong pasar dan berbelanja, Anda dapat menyusuri bagian depan dan samping Pasar Klewer. Di sana Anda dapat menemukan berbagai jenis kuliner khas Solo seperti timlo, nasi pecel, tengkleng, nasi liwet, es dawet, dan es gempol yang akan membayar rasa lelah Anda.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung tidak dikenakan biaya ketika memasuki kawasan Pasar Klewer. Tetapi, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir kendaraan.

Fasilitas dan Akomodasi

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pasar Klewer seperti, tempat ibadah, kamar mandi, tempat parkir, warung makan khas solo, dan pusat informasi. Akomodasi hotel juga ada di sini. Klik di sini untuk melihat beberapa hotel dekat Pasar Klewer.

Lokasi

Pasar Klewer terletak di Jalan DR. Rajiman, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Akses

Pengunjung yang ingin mencapai lokasi Pasar Klewer dari Terminal Bus Tirtonadi, bisa menggunakan angkutan kota seperti bus kota, angkuta, dan taksi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ke lokasi sekitar setengah jam.


View Pasar Klewer Solo in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom