search
top

Napak Tilas di Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah. Yang menarik di museum ini yaitu, terdapat kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen yang sampai sekarang masih dapat berjalan dengan baik dan dapat menjalankan aktivitasnya sebagai kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan marupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua Kereta Api Uap ini di antaranya ada di Swiss dan India. Di museum ini jug` masih dapat ditemui berbagai macam jenis lokomotif uap dari seRi B, C, D hingga jenis CC yang paling besar yaitu CC 5029, buatan Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik di depan halaman museum.

koleksi museum kereta api ambarawaKemudian tanggal 6 Oktober 1976, museum ini dibangun di lahan Stasiun Ambarawa yang difungsikan sebagai lokasi untuk melestarikan kereta api uap dan sekaligus juga sebagai museum terbuka yang satu lahan dengan stasiun asli. Rencananya Museum Ambarawa akan direnovasi untuk dijadikan sebagai museum yang benar dan diharapkan museum tersebut menjadi museum kereta api terbesar di Asia Tenggara Pemerintah juga tengah menghidupkan jalur kereta api Semarang – Ambarawa yang diharapkan bisa tersambung pada 2014 mendatang. Museum Kereta Api Ambarawa yang merupakan salah satu cagar budaya aset PT Kereta Api Indonesia (KAI juga baru saja selesai menjalani rehabilitasi tahap peptama. Mdski demikian, museum baru akan diresmikan di tahun 2013 nanti.

Lokasi

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Kabupaten Semarang, tepatnya di jalan Stasiun Ambarawa No.1 Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini merupakan salah satu obyek wisata di Jawa Tengah yang memiliki koleksi kereta api uap terlengkap.

Obyek Wisata

ruang museum kereta api ambarawaDi museum ini terdapat koleksi 21 lokomotif uap. Koleksi yang lain dari museum ini adalah telpon antik, peralatan telegram morse, dan beberapa perabotan antik lainnya. Jika Anda ingin merasakan naik kereta api uap yang sempat berjaya pada jaman dulu, Anda bisa menikmati kereta api uap wisata yang ditawarkan di museum ini. Di sepanjang jalan ketika Anda sedang menikmati kereta api uap wisata ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa sawah dan ladang dengan latar belakang Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu, serta Rawa Pening di kejauhan. Tidak hanya semata-mata bertamasya naik kereta, dalam perjalanan ini Anda seakan dibawa pada masa lalu dan merupakan napak tilas jejak perkeretaapian di Indonesia.

lori kereta wisata ambarawaKereta Api Wisata Uap
Perjalanan kereta api uap wisata dengan rel bergerigi. Perjalanan diawali dari Stasiun Ambarawa ke Bedono pulang pergi dengan biaya Rp. 3.250.000,- untuk kapasitas 80 Orang dengan jarak tempuh sekitar 9 km. Mengingat biayanya yang mahal, biasanya kereta api wisata ini hanya bisa di sewa, tidak digunakan untuk perorangan.

Kereta Lori Wisata
Perjalanan diawali dari Stasiun Ambarawa ke Tuntang pulang pergi dengan biaya Rp. 10.000,-/orang dan minimal pemberangkatan berjumlah 15 orang.

**Harga sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung harga bahan bakar kayu, untuk informasi mengenai harga, Anda bisa telepon langsung ke Museum Kereta Api Ambarawa di nomor telepon (0298) 591035.

Video Kereta Api Uap Rel Bergerigi

Informasi Tambahan

Setiap tahun pada liburan hari raya Idul Fitri, pengelola Stasiun Kereta Api Ambarawa memberikan kesempatan bagi wisatawan yang ingin menaiki Kereta Api Uap Bergerigi secara personal (tiket eceran) dengan biaya sebesar Rp. 100.000,-/orang.

Harga Tiket Masuk

Museum Kereta Api Ambarawa ini beroperasi pada hari senin sampai minggu dan buka pada jam 8 pagi sampai 4 sore. Untuk harga tiket masuk ke museum ini Anda akan dikenakan biaya Rp. 5.000,-

Akses

Jika Anda dari arah Semarang, akses jalan yang harus dilewati hanya menuju selatan ke arah Ungaran, setelah sampai pertigaan Bawen silakan menuju ke arah Jogjakarta (belok kanan) menuju tugu Palagan Ambarawa.

Jika Anda dari Kota Jogjakarta, Anda hanya perlu berjalan lurus menuju arah Semarang dan langsung ke pertigaan tugu Palagan Ambarawa. Setelah sampai di tugu Palagan Ambarawa, Anda ambil kekiri (arah Semarang) atau kanan (arah Jogja), sekitar 100 meter sampai di Museum Kereta Api Ambarawa.


View Museum Kereta Api Ambarawa in a larger map


Leave a Reply

top