Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Menikmati Curug Ceheng di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

curug ceheng banyumas jawa tengah

Mendengar Pariwisata Kabupaten Banyumas Jawa Tengah memang tidak akan terpisah dengan wisata alam pegunungan, karena kabupaten ini berada di lereng Gunung Slamet. Selain pariwisata Banyuraden yang menjadi ikon wisata Kabupaten Banyumas, dilereng Gunung Slamet masih banyak terdapat curug-curug atau air terjun yang tidak kalah indahnya. Salah satunya adalah Curug Ceheng yang bisa menjadi alternatif wisata apabila sedang berada di Kabupaten Banyumas.

Obyek Wisata

Curug Ceheng ini berada di tengah-tengah hutan dan perkebunan dan berada di lereng tenggara Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 600 meter gerbang curug ceheng banyumas jawa tengahdiatas permukaan laut. Menjadikan curug ini berhawa sejuk. Curug Ceheng merupakan salah satu bagian dari aliran Kali Pelus yang mnegalir sampai ke Sumbang dan Sokaraja.

Bentuk dari curug ini sangat eksotis, dengan tinggi air terjun tunggal sekitar 13 meter yang beraliran cukup deras. Dengan sebuah kolam dengan warna airnya yang kehijauan dan luas kolam yang tidak begitu luas. Curug yang terbentuk secara alami ini berbentuk setengah lingkaran dengan ditumbuhi tumbuhan hijau yang menghiasi bebatuan disekitarnya. Terkadang adanya hewan asli pegunungan yang berwujud Kelelawar terbang disekitar air terjun. Disarankan jangan terjun dari atas air terjun ataupun berenang ke tengah atau bawah air terjun, karena kedalaman kolam dibawah air terjun ini sekitar 6 meter atau lebih. Apabila pengunjung ingin berbasah-basahan, pengunjung bisa bermain di pinggir kolam ataupun sungai aliranya yang tergolong masih dangkal dan air nya tetap jernih dengan batuan besar yang menghiasinya.

Sebelum sampai di air terjun Curug Ceheng, pengunjung akan diajak berjalan kaki dari tempat parkir diatas dengan melewati tangga sekitar 400 meter atau 10 sampai 15 menit perjalanan. Disepanjang perjalanan pengunjung akan ditemani dengan pepohonan dan semak-semak hijau membentang. Anak tangga yang berkelok-kelok mengahruskan pengunjung untuk berhati-hati dalam mneginjakan kaki. Ada beberapa gubug-gubug yang disediakan oleh pengelola untuk sekedar tempat istirahat dalam berjalan kaki dari atau menuju ke air terjun.

Lokasi

Curug Ceheng berada di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah .

air terjun curug ceheng banyumas jawa tengahAkses

Untuk menuju ke Curug Ceheng, tidak terlalu sulit. Jika berangkat dari arah Purwokerto dengan kendaraan pribadi langsung ambil jalur ke arah Sumbang dengan melewati kawasan wisata Baturaden. Dua jurusan dapat ditempuh, melalui Dukuh Waluh atau Jalan HR Bunyamin. Setelah melewati Baturaden dan sampai di pertigaan Pabuaran, ambil belokan ke kanan ke arah sumbang. Selanjutnya belok ke kiri ke arah Limpakuwus. Kondisi jalan ke curug ini sudah beraspal dan lumayan bagus dan menempuh jarak sekitar 15 km.

Dan jika masuk dari Purbalingga bisa lewat Padamara hingga sampai di Sumbang, selanjutnya tinggal lurus ke utara. Bagi yang menggunakan kendaran umum dapat naik angkutan pedesaan dari Sumbang dengan rute ke Limpakuwus.

Fasilitas dan Akomodasi

Tempat Wisata Curug Ceheng ini memiliki fasilitas yang belum cukup lengkap. Disana terdapat area parkir yang cukup aman karena berada di dalam lokasi wisata, dan toilet yang berada di pintu masuk. Disarankan membawa perbekalan secukupnya, karena di area air terjun tidak ada penjual yang menjajakan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom