Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Kesejukan Air Terjun Jumog Karanganyar Solo Jawa Tengah

air terjun-jumog-karanganyar-jawa tengah

Mendengar destinasi wisata air terjun di karanganyar yang masih masuk dalam eks karisidenan Kota Surakarta Jawa Tengah ini pasti terlintas dalam benak kita akan destinasi wisata air terjun Grojogjan Sewu di Tawangmangu Karanganyar. Ternyata bukan hanya Grojogan Sewu yang dimiliki oleh Kota Karanganyar, masih ada 2 lagi destinasi wisata air terjun yaitu Air Terjun jumog dan air Terjun Parang Ijo. Dalam Waktu ini Air terjun Jumog yang akan kita kupas.

Obyek Wisata

Air Terjun Jumog tak kalah menariknya dengan Air Terjun Grojogan Sewu. Air Terjun Jumog juga memiliki keindahan alam sekitar air terjun yang hijau dan subur. Air terjun Jumog ini masih satu jalan dengan area Candi Sukuh, Candi Ceto dan Air Terjun Parang ijo. Jadi anda mempunyai alternatif wisata lain setelah menikmati Air Terjun Jumog ini.tempat istirahat-air terjun-jumog-karanganyar-jawa tengah

Air Terjun Jumog mempunyai air terjun bersisian atau dalam bahasa Jawa disebut Klueng, ketinggian air terjun sekitar 30 meter dan mengalirkan air yang jernuh dan hempasan air berupa butiran-butiran embun yang apabila kita berada tidak jauh dari air terjun akan menjadi basah. Dibawah air terjun terdapat aliran sungai yang terdapat banyak bebatuan-bebatuan besar yang berwarna hijau karena lumut membuat keindahan aliran sungai jernih begitu segar dipandang.

Ada sebuah jembatan berada tepat didepan air terjun yang biasanya sebagai tempat mengambil foto dengan background air terjun. Ada sekitar 160 anak tangga yang akan menyambut kita saat kita memasuki pintu masuk ke air terjun. Dengan pemandangan dan kesegaran area anak tangga yang hijau segar membuat perjalanan menuruni tangga seakan tidak terasa. Dari kejauhan suara deru air yang jatuh lirih terdengar.

Lokasi

Air Terjun Jumog terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar Jawa Tengah.

Akses

Dari arah solo kaliran-air terjun-jumog-karanganyar-jawa tengahe timur arah ke Tawangmangu, Jarak dari solo kira-kira 40 Km. Apabila menggunakan kendaraan umum dari solo dapat naik bus umum dari solo, menuju terminal karangpandan ( Jurusan Tawangmangu). Dilanjutkan dengan naik bus kecil dengan jurusan Nglorog (Candi Sukuh) atau terminal kemuning (Candi Cetho). Dan untuk masuk ke Jumognya anda bisa menggunakan jasa ojek.

Apabila menggunakan kendaran pribadi. Kalau dari Kota Solo bisa menempuh perjalan arah ke Tawangmangu, setelah sampai di terminal Karangpandan lurus sekitar 200 meter dan ambil belokan yang ke kiri karena yang ke kanan arah ke Tawangmangu. Ikuti jalan tersebut sampai dengan pertigaan pertama dan ambil belok kanan atau lihat papan penunjuk jalan yang sudah tersedia.

Fasilitas dan Akomodasi

Obyek wisata alam Jumog sudah mempunyai fasilitas lengkap, diantaranya adalah : Arena permainan anak, Kolam renang yang masih segar dan lumayan besar, gazebo, rest area, rumah makan dan hiburan. Terdapat juga akomodasi home stay dengan tarif kira-kira 50-250 ribuan per malam. Nah untuk makanan khas yang terkenal dan enak di sana adalah Sate ayam dan sate kelinci.

2 responses to “Kesejukan Air Terjun Jumog Karanganyar Solo Jawa Tengah”

  1. dhebie says:

    wonogiri di muat dong mas biar terkenal tempat wisatanya, hehehehe, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom