Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Keindahan dan Kesejukan Candi Cetho Karanganyar

candi cetho karanganyar jawa tengah

Kota Karanganyar Jawa Tengah, terletak di sebelah timur Kota Solo terkenal dengan keindahan Gunung Lawu yang memiliki keindahan wisata puncak. Dari keindahan tebing, agrowisata sampai dengan air terjun berada di kota ini. Bukan hanya keindahan itu saja, diantara tebing lereng pegunungan Lawu terdapat jajaran candi. Salah satunya adalah Candi Cetho yang dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau.

 

 

Obyek Wisata

Berada di ketinggian 1496 meter diatas permukaan laut candi ini kadang terasa dingin saat pengunjung menikmati suasana candi. pintu masuk candi cetho karanganyar jawa tengahCandi Cetho memiliki corak agama Hindu yang diduga dibangun pada masa era Majapahit. Candi Cetho diambil namanya dari tempat candi ini ditemukan, yaitu Dusun Cetho yang dalam bahasa Indonesia berarti jelas. Karena pada saat cuaca cerah dari dusun ini dapat melihat jajaran pegunungan yang berada di Jawa Tengah antara lain Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu dan dari kejauhan akan terlihat puncak Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain itu, dari tempat ini akan disuguhkan dengan pemandangan Kota Karanganyar dan Kota Solo.

Candi ini memiliki konsep punden berundak yang merupakan ciri dariĀ  candi era jaman Majapahit. Pada saat ditemukan, candi ini berupa reruntuhan. Pada tahun 1928 digali dan dibenahi. Candi Cetho awalnya mempunyai 14 teras, tetapi pada saat perbaikan hanya 9 teras saja yang dipugar.

Pada awal pintu masuk terdapat beberapa anak tangga dan terdapat 2 buah arca yang menurut informasi namanya Nyai Gemang Arum. Dan terdapat sebuah gapura besar yang mempunyaibangunan tengah candi cetho karanganyar jawa tengah candi bentar yaitu candi pura yang berada di Bali.

Setelah melewati gapura, terdapat sebuah halaman yang luas dan disebelah kiri terdapat sebuah bangunan tanpa dinding dengan pondasi sekitar 2 meter. Didalamnya ada sebuah tatanan batu. Dihalaman atasnya terdapat tatanan batu yang membentuk bentangan sayap garuda dan dipunggungnya terdapat tatanan batu berbentuk kura-kura. Didepanya terdapat juga tatanan batu yang menggambarkan sinar matahari dan berbentuk alat kelamin laki-laki yang disebut candi lanang dalam bahasa Indonesia artinya lelaki.

Pada teras selanjutnya terdpat dua buah bangunan tanpa dinding yang mengapit jalan menuju ke teras diatasnya. Dalam bangunan terdapat susunan batu persegi, pada dinding batu terdapat relief gambar orang dan binatang yang konon merupakan kidung sudamala. Selanjutnya di teras atasnya terdapat 2 buah bangunan tanpa dinding yang tidak begitu luas, 2 buah bangunan yang tertutup dan 2 buah bangunan dengfan arca yang berada didalamnya.

Dan teras terakhir terdapat 2 buah bangunan tanpa dinding yang digunakan sebagai ruang tunggu sebelum masuk ke dalam bangunan candi arca candi cetho karanganyar jawa tengahyang menyerupai candi suku maya tersebut. Di dalam candi utama yang terletak paling atas diantara candi-candi lainnya terdapat sebuat batu dengan tinggi sekitar 1,6 meter dengan luas sekitar 5 meter persegi. Tempat ini menurut informasi merupakan tempat pesanggrahan Prabu Brawijaya.

Selain Candi Cetho, area tersebut juga mempunyai sebuah puri. Yaitu Puri Saraswati yang terdapat dibelakang Candi Cetho. Tempat ini merupakan tempat berdoa bagi umat hindu. Terdapat patung Dewi Saraswati, bangunan yang terbuat dari kayu dan sebuah umbul di area ini.

Candi Kethek juga akan melengkapi perjalanan anda menikmati pemandangan area Candi Cetho. Candi Kethek terletak di lereng bawang area Candi Cetho yang berjarak sekitar 300 meter di belakang Candi cetho.

Lokasi

Secara Administratif Candi cetho berada di wilayah Dusun Cetho, Desa Gumen, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Akses

Untuk mencapai di Candi Cetho, Kalo dari arah Kota Solo ambil arah ke Tawangmangu. Setelah sampai ke Terminal Karangpandan belok kekiri dan mengikuti jalur tersebut. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi, dikarenakan tidak adanya transportasi umum yang menuju ke Candi Cetho. Dan untuk berhati-hati dikarenakan akses jalan yang naik dan turun.

Fasiltas dan Akomodasi

Untuk fasilitas yang berada di area Candi Cetho terbilang sudah cukup lengkap. Dari area parkir, area penjual makanan dan penginapan dapat dengan mudah ditemukan di area pintu masuk dan keluar candi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom