Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Taman Nasional Kepulauan Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Kepulauan Karimunjawa adalah kawasan wisata yang berupa kepulauan. Terletak di Laut Jawa, dan menjadi obyek wisata di Jawa Tengah, berjarak kurang lebih 83 km dari kota Jepara menuju arah utara. Luas daratannya 7.120 ha dengan jumlah pulau 27 buah. Namun, yang berpenghuni hanya 5 pulau. Kelima pulau tersebut adalah Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting.

Bercengkeraman Dengan Ikan di KarimunjawaDi sekitar pulau kawasan ini terlihat hamparan pemandangan alam yang indah. Selain itu, tampak pula pasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Di kawasan ini terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik. Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok daratan dan kelompok perairan. Kelompok daratan meliputi rusa, trenggiling, landak, ular, bangau tong-tong, bangau abu, elang laut, dan wedi-wedi. Burung elang laut merupakan satwa langka yang dapat dijumpai di kepulauan ini. Adapun kelompok perairan, meliputi terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu, dan ikan hias. Sebagian besar pantai di Karimunjawa berpasir putih. Oleh karena itu, obyek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam, dan memancing. Kegiatan menyelam cocok dilakukan di Tanjung Gelam yang terletak di Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemara Kecil. Sementara itu, kegiatan berenang di pantai dan berjemur cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil.

Masyarakat

Pulau Tengah KarimunjawaPendidikan di Karimunjawa sudah menjangkau sampai tingkat SMU. Selain memiliki sekitar 10 SD (lima di Karimun, tiga di Kemujan dan masing-masing satu di Parang dan Genting), Karimunjawa juga memiliki satu SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan SMK Negeri jurusan Budidaya Rumput Laut serta Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan yang merupakan sekolah gratis, serta satu Madrasah Aliyah di Kemujan.

Transportasi

Untuk menuju tempat ini yang paling umum digunakan yaitu kapal dari Semarang dan Jepara. Jika Anda dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Anda bisa menggunakan kapal Kartini I yang berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Namun jika Anda berangkat dari Pelabuhan Pantai Kartini,Jepara, Anda bisa menggunakan Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali,lama penyebrangan kapal kelas ekonomi ini membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Yang perlu diperhatikan, untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari selasa, kamis, dan sabtu jam 9 pagi dan dari Karimunjawa menuju Jepara yaitu hari rabu, jumat, dan minggu jam 8 pagi. Jadwal ini bisa berubah tergantung cuaca atau ombak di laut jawa. Dan jika seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca.

Jkura kura resort karimunjawaika Anda ingin lewat jalur udara untuk menuju Karimunjawa, Anda bisa menyewa pesawat dengan jenis CASSA 212 yang berangkat dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan yang jelas waktu yang ditempuh lebih cepat, yaitu sekitar 30 menit.

Akomodasi Karimunjawa

Beberapa fasilitas dan akomodasi hotel yang ada di Karimunjawa yaitu Kura Kura Resort, Wisma Apung, Escape Romantic Beach Hotel, Karimunjawa Inn, Dewandaru Resort, Blue Laguna Inn, Puri Karimunjawa, dan Homestay Dafista.


View Taman Nasional Kepulauan Karimunjawa in a larger map

5 responses to “Taman Nasional Kepulauan Karimunjawa”

  1. artikel bagus mas, websitenya juga keren..
    🙂

  2. karimun jawa says:

    terima kasih sudah memperkenalkan pulau karimunjawa. maaf, sebagai tambahan kapal muria digantikan dengan kapal KMP Siginjai, perjalanan jepara-karimunjawa bisa ditempuh _+4jam yg sebelumnya 6 jam dengan kapal muria. ^_^

  3. joe says:

    pengen kesini, tapi kapal balik nya nggak pasti ya mas.. jadi rawan pulangnya terlambat

  4. Karimun says:

    Terimakasih sudah berkunjung ke
    pulau karimunjawa saat ini sudah ada tambahan akomodasi untuk ke karimunjawa, yaitu menggunakan pesawat perintis miliki SUSI AIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom