Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pesona Keistimewaan Gua Lawa

pintu-masuk-obyek-wisata-gua-lawa

Umumnya gua di Indonesia berada di lereng bukit atau batuan kapur sehingga dengan sendirinya akan membentuk stalagtit dan stalagmit. Namun, gua yang berada di daerah Jawa Tengah ini tidak seperti gua pada umumnya, Gua Lawa memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan gua iniĀ  terbentuk dari proses pendinginan lava, dengan terjadinya proses tersebut batuan Gua Lawa menjadi keras dan kuat. Terbentuknya gua ini disebabkan karena aliran lava dari Gunung Slamet yang membeku.

Obyek Wisata

jalan menuju lorong gua lawa purbalinggaObyek wisata Gua Lawa ini terletak di Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, kurang lebih berjarak sekitar 27 km dari kota Purbalingga. Lokasi obyek wisata Gua Lawa mempunyai luas sekitar 11 hektar. Udara di sekitar obyek wisata ini sangat sejuk dan bersih dengan panorama yang sangat indah karena terletak di lereng sebelah timur Gunung Slamet dan juga berdekatan dengan obyek wisata Pemandian Air Panas Guci. Karena memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 900 m di atas permukaan laut, maka udaranya berhawa sejuk.

jembatan di dalam gua lawa PurbalinggaUntuk bisa melihat keindahan Gua Lawa dari dekat, pengunjung diharuskan menuruni lubang tanah dan menelusuri lorong-lorong dengan lebar sekitar satu meter. Ketika Anda berada di lorong tersebut Anda bisa menikmati lembabnya di dalam gua dan merasakan sejuknya mata air yang menetes dari dinding gua. Karena di dalam gua memiliki kelembaban yang tinggi terdapat beberapa lubang yang berfungsi untuk fentilasi udara. Lubang-lubang yang berjarak sekitar 30 meter tersebut bukan merupakan sengaja dibuat oleh manusia, tetapi terbentuk dari proses alam. Awalnya lubang-lubang alami tersebut berjumlah 17 buah, tetapi 2 lubang diantaranya mengalami penyempitan dengan sendirinya.

salah satu gua di gua lawa PurbalinggaTerdapat 14 gua dengan nama-nama yang diambil dari cerita legenda tersendiri yang dapat Anda temui dalam menelusuri Gua Lawa. Salah satunya Gua Batu Semar, gua ini diberi nama tersebut karena di dalam gua tersebut terdapat batu yang bentuknya mirip dengan Semar (Semar adalah seorang tokoh dalam dunia pewayangan). Ada juga Gua Dada Lawa, gua ini sangat indah dan didalamnya terdapat kolam yang airnya sangat bening. Ada juga Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, dan Gua Sendang Drajat. Gua-gua ini memiliki sumber mata air yang berbentuk pancuran yang tidak pernah kering.

Fasilitas dan Akomodasi

Di dalam kompleks Gua Lawa dilengkapi dengan berbagai sarana wisata seperti taman bermain Lokarta, taman Kenanga, panggung gembira, tempat ibadah, kamar mandi, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Lokasi

Obyek wisata Gua Lawa ini terletak di Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Akses

Untuk mencapai obyek wisata Gua Lawa tidak sulit. Jika Anda dari Kota Purbalingga, arahkan kendaraan Anda ke utara sejauh 27 km. Setelah sampai di Jalan Raya Purbalingga-Pemalang, atau lebih tepat di pertigaan Kecamatan Karangreja, terdapat papan selamat datang Obyek Wisata Gua Lawa, ikuti penunjuk arah tersebut, kurang lebih sekitar 3 km dengan jalan yang agak sedikit naik sampailah Anda di lokasi wisata Gua Lawa.


Lihat Pesona Gua Lawa di peta yang lebih besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom