Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Eksotisme Candi Sukuh Karanganyar Jawa Tengah

candi sukuh karanganyar jawa tengah

Kota Karanganyar memiliki sebagian besar daerahnya berupa pegunungan. Sehingga kota ini mempunyai kesan sejuk dan subur. Beraneka destinasi wisata ada di kota yang berada disebelah timur Kota Solo ini. Dari destinasi wisata agrowisata, wisata religi, wisata air terjun sampai dengan wisata candi. Selain ketenaran Air Terjun Grojogan Sewu. Kota Karanganyar mempunyai candi yang eksotik, yaitu Candi Sukuh yang mempunyai relief-relief ukiran yang berbeda dengan candi lainnya di negara kita.

 

Obyek Wisata

Candi Sukuh berada di ketinggian 1.186 diatas permukaan laut. Sehingga di area ini terkesan sejuk akan udaranya dan pemandangan sekitar. pelataran candi sukuh karanganyar jawa tengahDengan letak area yang tidak begitu luas dan berada di tanah berundak. Bentuk dari Candi Sukuh sendiri berbeda dangan candi-candi besar yang ada di Indonesia umumnya. Candi Sukuh lebih mirip dengan candi peninggalan suku maya yang berada di meksiko dan sepintas melihat akan terlintas seperti bangunan piramida di Mesir tetapi terpotong pada bagian atasnya.

Menurut warga sekitar. Candi ini bukan tempat sembahyang kepada yang diatas, melainkan candi ini sebagai tempat pemujaan kepada para leluhur. Karena dari bentuk relief candi ini banyak yang tak lazim, banyak bentuk relief berupa manusia yang telanjang dan ada yang berbentuk alat kelamin manusia.

Candi Sukuh mempunyai tiga teras berundak. Dari depan area candi terdapat sebuah gapura yang beratap. Di bagian atas ada ukiran berbentuk pahatan kala berjanggut panjang, pada dinding sebelah kanan terdapat relief yang menggambarkan seorang yang sedang berlari sambil menggigit ekor ular dan di sebelah kiri terdapat pahatan raksasa yang sedang memekan manusia. Didalamnya ada relief berbentuk alat kelamin manusia yang sekarang gapura itu ditutup dengan pagar untuk menjaga keaslian bentuk relief dari injakan pengunjung. Tangga masuk berada di sebelah kanan gapura tersebut. Di teras selanjutnya terdapat sebuah gapura yang tidak beratap dan mengapit anak tangga.  Di sebelah kanan dan kirinya terdapat patung penjaga yang keadaanya sudah tidak berbentuk lagi. Teras ini tidak begitu luas dan tidak ada batuan relief disekitarnya.

arca candi sukuh karanganyar jawa tengahPada Teras ketiga merupakan teras tertinggi dan paling suci. Berukuran paling luas diantara teras lainnya dan memiliki banyak batuan relief. Di teras ketiga ini terdapat jalan yang terbuat dari batuan yang tertata rapi menuju ke candi utama. Disebelah kanan terdapat 3 buah arca manusia yang bersayap, tetapi hanya satu arca yang masih dalam keadaan utuh. Disebelah kiri terdapat batuan relief berjajar yang mempunyai ukiran berbentuk gajah dan sapi. Dipelataran candi utama ini terdapat batuan relief yang berukiran yang mungkin mempunyai alur cerita. Didepan tangga candi utama terdapat 3 buah arca kura-kura yang berukuran besar. Bangunan utama berbentuk trapesium dengan ukuran dasar 15 meter persegi dan tinggi mencapai 6 m. Di pertengahan sisi barat bangunan terdapat tangga yang sempit dan curam menuju ke atas atap. Diduga bangunan yang ada saat ini adalah batur atau kaki candi, sedangkan bangunan candinya sendiri kemungkinan terbuat dari kayu. Dugaan tersebut didasarkan pada adanya beberapa umpak (kaki tiang bangunan) batu di pelataran atap. Di tengah pelataran atap terdapat sebuah lingga.

Lokasi

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Aksesrelief candi sukuh karanganyar jawa tengah

Apabila dari Solo menggunakan kendaran umum bisa menggunakan bus jurusan Solo – Tawangmangu dan turun di Terminal Bus Karangpandan. Dari terminal Karangpandan bisa melanjutkan dengan naik bus berukuran kecil ke arah jurusan Kemuning dan dilanjutkan dengan naik ojek untuk sampai ke Candi Sukuh. Apabila menggunakan kendaraan pribadi dari Solo, bisa mencari arah ke Tawangmangu. Sesampai di Terminal Karangpandan ambil arah kekiri untuk menuju ke kawasan Candi Sukuh. Sudah banyak penunjuk jalan untuk sampai ke candi ini.

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk fasilitas di area Candi Sukuh sudah terbilang cukup lengkap. Terdapat beberapa warung kecil yang bisa kita pergunakan untuk istirahat menikmati kopi hangat di suasana dinginnya lereng Gunung Lawu. Untuk masalah penginapan, di sekitar area jalan menuju ke candi Sukuh sudah tidak terlalu sulit dicari. Jangan lupa untuk mampir ke Candi Cetho dan perkebunan teh yang luas di Kemuning yang masih satu area dengan Candi Sukuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom