Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Keindahan 7 tingkat Curug Nangga Banyumas

curug nangga banyumas jawa tengah

Kabupaten Banyumas merupakan kabupaten yang memiliki kataristik kota pegunungan dan memiliki banyak wisata alam pegunungan dan berbagai keindahan curug yang tersebar diwilayahnya. Yang paling terkenal adalah wisata Baturaden yang berada di kota Purwokerto. Tetapi selain itu, Kabupaten Banyumas ini memiliki Curug yang baru dikelola oleh warga setempat untuk tempat wisata yaitu dikenal dengan Curug Nangga.

Obyek Wisata

Curug Nangga ini sebenarnya sudah lama menjadi tempat wisata bagi warga sekitar. Tetapi dengan banyaknya berita-berita yang tersebar curug nangga banyumas jawa tengahdi media sosial, semakin banyak orang yang berdatangan dari jauh untuk menikmati keindahan ini. Pemerintah kabupaten Banyumas juga tidak tinggal diam dengan melihat potensi wisata yang berada di daerahnya. Pemerintah langsung memberikan petunjuk jalan untuk menuju ke tempat wisata Curug Nangga.

Curug yang juga dikenal sebagai sainganya curug yang berada di Tabanan Bali ini memiliki 7 tingkatan air terjun dengan tinggi keseluruhan air terjun yang mencapai 200 meter dan memiliki 20 sapai 300 meter setiap tingkatan air terjunnya. Menurut dari penjelasan salah satu warga sekitar, setiap tingkatan dari curug ini mempunyai nama sendiri-sendiri yaitu yang paling atas namanya Curug Nangga lalu yang kedua Curug Cikidang, Curug Gomblang, Curug Pewinian, Curug Bantar Pewinian, Curug Lunjar, dan yang terakhir ini curug Benda.

curug nangga banyumas jawa tengahAliran dari Kali Arus yang selalu memenuhi curug ini apabila pada saat musim hujan airnya akan sedikit keruh dan sedikit agak besar aliranya. Karena curug yang tinggi ini juga dapat kita nikmati dari kejauhan. Curug yang menawan dengan aliran air yang berundak diantara pepohonan hijau yang sangat cocok untuk melapas penat dalam rutinitas sehari-hari.

Lokasi

Curug Nangga berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah

Akses

Wisatawan dapat mengambil jalan Purwokerto Tegal. Jika dari arah selatan / arah Ajibarang, petunjuk yang bisa digunakan adalah dari curug nangga banyumas jawa tengahjembatan timbang bernama jembatan Kali Tonjong. Setelah melewati itu, akan terdapat Rumah Makan cukup besar yang merupakan Rest Area dari bus PO Sumber Alam. Sekitar 100 meter dari rumah makan tersebut terdapat pos ojek yang bertepatan dengan pertigaan bernama pertigaan Cikawung. Dari pertigaan tersebut wisatawan dapat belok ke kiri menuju Desa Semedo, kemudian Desa Petahunan.

Fasilitas

Sekarang sudah lengkap akan fasilitas di Curug Nangga, Jalan yang dulu hanya berupa tanah sekarang sudah dibangun oleh warga menjadi lebih enak dilewati. Area Parkir dan warung-warung makan dari warga sekitar menjadi pelengkap dikala mengisi perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom