Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Keindahan Candi Prambanan

candi-prambanan

Candi Prambanan atau disebut juga Candi Rara Jonggrang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini terletak di desa Prambanan, berjarak sekitar 20 km sebelah timur Kota Yogyakarta, 40 km sebelah barat Kota Surakarta dan 120 km sebelah selatan Kota Semarang, yang terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara Kabupaten Sleman dan Klaten. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli komplek candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna Rumah Siwa), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Sama seperti Candi Borobudur, candi ini juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan candi ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Cerita Legenda

arca loro jonggrangTerdapat sebuah legenda yang diyakini sebagian masyarakat Jawa tentang Candi Prambanan atau juga disebut dengan Candi Rara Jonggrang. Zaman dulu kala, ada seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang ternyata jatuh cinta pada seorang putri raja yang cantik rupanya. Dia bernama Rara Jonggrang. Karena tak kuasan menolak cinta Bandung Bondowoso, kemudian Rara Jonggrang mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan candi dengan jumlah 1000 arca hanya dalam waktu semalam. Kemudian Bandung Bondowoso menerima syarat itu, setelah permintaan itu hampir terpenuhi, sebelum akhirnya Rara Jonggrang berhasil meminta bantuan masyarakat desa untuk menumbuk padi dan membuat api yang besar, agar seolah-olah terkesan suasana sudah pagi. Karena merasa dicurangi, Bandung Bondowoso yang pada saat itu baru membuat 999 arca, kemudian mengutuk Rara Jonggrang menjadi arca yang terakhir, agar genap menjadi 1000.

Bentuk Komplek

Komplek candi Prambanan terdiri dari 3 Candi Trimurti yaitu candi Siwa, Wisnu, dan Brahma. 3 Candi Wahana yaitu candi Nandi, Garuda, dan Angsa. 2 Candi Apit yang berada di antara barisan candi-candi Trimurti dan candi-candi Wahana di sisi utara dan selatan. 4 Candi Kelir yang berada di 4 penjuru mata angin tepat di balik pintu masuk halaman dalam zona inti. 4 Candi Patok yang berada di 4 sudut halaman dalam atau zona inti. Dan terdapat 224 Candi Perwara yang tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar.

Daya Tarik Lain

Video Pementasan Sendratari Ramayana di Prambanan

Bagi wisatawan yang ingin tahu secara jelas mengenai Candi Prambanan, wisatawan dapat mengunjungi sebuah museum yang terdapat di komplek candi. Di museum ini wisatawan dapat menikmati audio visual tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses pemugarannya. Bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, juga terdapat taman bermain untuk anak-anak dan kereta mini yang dapat digunakan untuk mengelilingi kawasan wisata candi Prambanan
Terdapat juga sebuah pementasan Sendratari Ramayana yang merupakan terjemahan dari relief yang terdapat di Candi Prambanan. Pementasan ini sudah berlangsung sejak tahun 1960 dan pertunjukan sendratari Ramayanan ini dilakukan setiap bulan pada malam purnama.

Akses

Letaknya yang tepat di tepi jalan raya Solo – Yogyakarta membuat obyek wisata Candi Prambanan sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari Solo, Anda bisa menggunakan  Bus jurusan Solo – Yogyakarta, dan turun tepat di depan Candi Prambanan. Jika Anda dari Surabaya, Anda juga bisa menggunakan bus jurusan Surabaya – Yogyakarta dan langsung turun di depan Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk untuk wisatawan lokal dikenakan biaya Rp. 8.000,- sedangkan tiket masuk untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya $10. Obyek wisata ini dibuka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Akomodasi dan Fasilitas

Di sekitar lokasi candi Prambanan banyak tersedia akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap, seperti hotel, restoran dan toko souvenir. Terdapat juga pemandu wisata yang siap menemani Anda dalam mengelilingi obyek wisata Candi Prambanan. Rekomendasi hotel sebagai tempat Anda menginap yaitu Poeri Devata Resort Hotel. Klik di sini jika Anda ingin mencari dan memesan hotel dekat candi Prambanan.


View Candi Prambanan in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom