Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Bledug Kuwu. Antara Fenomena Alam, Legenda dan Manfaatnya

bledug kuwu grobogan jawa tengah

Mungkin semua tahu kalau kubah lumpur hanya ada di Lapindo Sidoarjo. Sebenarnya selain lapindo ada kubah lumpur yang telah ada ratusan tahun yang lalu. Terletak di Desa Kuwu Kecamatan Kradeanan 28 km dari Kota Purwodadi Grobogan menuju ke Kota Blora Jawa tengah, Bledug Kuwu menyimpan legenda yang penuh misteri dan menyimpan kekayaan alam bagi warga sekitar.

Obyek Wisata

Bledug kuwu adalah obyek wisata dengan luas sekitar 45 hektar. Kawasan tanah lumpur yang lumpur bledug kuwu grobogan jawa tengahdisertai dengan letupan-letupan yang bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter tingginya. Letupan-letupan ini bukan berasal dari magma bumi atau effect dari kwah vulkanik. Karena letupan di kuwu ini tidak terasa panas, kalaupun panas itu hanya dari sengatan matahari. Dugaan peristiwa ini adalah proses kimiawi dari gas bumi dan air laut, ini dibuktikan air disekitar letupan-letupan lumpur mengandung garam. Padahal letaknya sendiri jauh dari laut.

Nama Bledug Kuwu diambil dari kata Bledug dan Kuwu. Bledug yang berasal dari bahasa jawa memiliki arti letupan, karena setiap kali meletup mengeluarkan bunyi “Bledug”. Sedangkan Kuwu sendiri adalapintu masuk bledug kuwu grobogan jawa tengahh nama desa tempat kawah lumpur tersebut berada. Ada beberapa kawah di Bledug Kuwu. Kawah yang terbesar dinamakan Kwah Jaka Tuwa yang berada di sisi sebelah timur dan kawah yang terkecil dinamakan Kawah Rara Denok yang terletak disisi barat.

Singkat cerita konon keanehan itu disebabkan ada lubang yang menghubungkan kuwu dengan laut selatan. Lubang tersebut terjadi dari perjalanan pulang Joko Linglung dai laut selatan menuju Kerajaan Medang Kamolan, setelah melaksanakan tugasnya untuk menangani Prabu Dewata Cengkar Raja Kerajaan Medang Kamolan sebelum Aji Saka yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan. Hal itu dilakukan Joko Linglung yang berwujud ular naga sebagai syarat agar Joko linglung diakui sebagai anaknya Aji Saka Raja Kerajaan Medang kamolan.

Adanya kandungan garam di airnya, masyarakat setempat memanfaatkannya menjadikanpetani garam bledug kuwu grobogan jawa tengah garam dengan cara tradisional dengan cara mengeringkan di bilah-bilah bambu. Hasil dari pengolahan air Bledug Kuwu lebih putih, lebih halus dan lebih gurih dibanding dengan garam hasil air laut biasanya. Konon garam dari bledug Kuwu digunakan untuk bumbu semua makanan yang disajikan di Keraton Kasunanan Surakarta. Dan di percaya lumpur Bledug Kuwu bila digunakan sebagai lulur akan bermanfaat sebagai pencegah penyakit kulit dan menghaluskan kulit. Apabila anda menginginkan untuk membawa pulang, disekitar obyek wisata banyak dijual lumpur serta air dari Bledug Kuwu yang dikemas dalam botol-botol bekas air mineral.

Lokasi

Bledug Kuwu berlokasi di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Indonesia.

Akses

Untuk menempuh perjalanan ke Bledug Kuwu anda hanya dapat menggunakan jalur darat. Akan lebih praktis apabila menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak banyak angkutan umum yang menuju atau dari sana. Diawali dari Semarang anda harus melewati kota purwodadi dahulu setelah itu menuju ke Bledug Kuwu dengan arah Purwodadi-Blora.

Akomodasi

Karena berada jauh dari perkotaan, di area Bledug Kuwu masih jarang di temui penginapan ataupun hotel. Apabila akan menginap, disarankan untuk menginap di Kota Purwodadi sembari merasakan kelezatan Swike yang menjadi andalan kuliner khas Kota Purwodadi.

3 responses to “Bledug Kuwu. Antara Fenomena Alam, Legenda dan Manfaatnya”

  1. Bagus Setyawan says:

    bukan hanya sweke tapi arak kradenan yang menjadi minuman keras no 1 di jawa tengah.

  2. Mama elfa says:

    Menjawab rasa penasaran saya kemana dulu ibu saya mengajak wisata…. semoga bisa napak tilas bersama anak dan suami kelak…. inget bledug kuwu jadi inget caping…. thx infonya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom