Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Bermacam-macam Keindahan di Pantai Lembupurwo Kebumen Jawa Tengah

pantai lebupurwo kebumen jawa tengah

Kebumen adalah sebuah kota kecil yang berada di Propinsi Jawa Tengah, dan berdekatan dengan kota Yogyakarta yang banyak terdapat tempat wisatanya. Hal itu menjadikan Kota Kebumen ini hanya sebagai akses lewat pengunjung yang melancong dari Pulau Jawa bagian barat. Ternyata Kota Kebumen memiliki destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi. Sebuah pantai dengan nama Pantai Lembupurwo yang merupakan bagian dari gugusan pantai selatan

Obyek Wisata

gumuk pasir pantai lembupurwo kebumen jawa tengahPantai Lembupurwo berada di Kota kebumen bagian timur selatan, hampir berbatasan dengan Kota Purworejo. Pantai ini layaknya sebuah pantai selatan dengan ciri khas ombak yang besar dan luas. Pantai ini masih terbilang masih alami, karena baru sedikit bangunan-bangunan buatan manusia yang berdiri di area pantai.

Yang berbeda dari pantai ini dengan pantai yang lain adalah pemandangan uniknya. Dari area parkir pengunjung akan dibawa menempuh sebuah perkebunan milik warga sekitar yang berwarna khas hijau dedaunan dengan ornament warna merah dari buahnya. Setelah melewati perkebunan, pengunjung akan dilaguna pantai lembupurwo kebumen jawa tengahajak melewati sekumpulan gundukan pasir yang disebut dengan gumuk pasir bak padang pasir yang kalau disiang hari akan sangat menyengat panasnya. Disarankan apabila berkunjung dipantai ini pada waktu pagi hari ataupun sore hari. Dari gumuk pasir akan nampak beberapa genangan-genangan kolam air diantara tumbuhan air yang hijau yang membentuk sebuah laguna, laguna ini terbentuk dari sewaktu air laut mengalami pasang. Dengan ukuran yang luas, laguna ini juga terdapat ikan-ikan kecil laut,udang dan beberapa aneka kerang yang menghiasi bawah air laguna ini. Karena kedalaman laguna yang tidak terlalu dalam, menjadikan tempat ini sebagai tempat bermain air ataupun berenang oleh pengunjung. Setelah melewati sebuah laguna, pengunjung akan dibawa melewati rerimbunan pohon yang teduh dan sambutan pasir hitam bersih serta luasnya gagaris pantai lembupurwo kebumen jawa tengahris pantai yang memanjang dari ujung timur sampai ke barat.

Pada saat hari libur, pantai ini akan ramai dengan pengunjung. Banyak gubug-gubug yang digunakan oleh penjaja makanan khas Pantai Lembupurwo yang berupa tempe mendoan yang anget dan keripik undur-undur ( binatang sejenis crustacea, rasanya agak mirip udang ). Selain itu pengunjung dapat bermain layang-layang, bermain bola ataupun membangun istana pasir sambil menikmati indahnya sunset.

Lokasi

Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah.

Akses

Rute jika naik kendaraan umum bisa naik Kopada berwarna kuning dari depan pasar Kulon Prembun. Cukup membayar 3-4 ribu. Turun hingga di poolnya, pas di perempatan dekat balai desa Lembupurwo baru dilanjutkan jalan kaki ataupun naik ojek.

Fasilitas dan Akomodasi

Ada beberapa fasilitas berupa kamarmandi dan penjaja makanan di area pantai. Untuk masalah penginapan bisa didaptkan di Kota Kebumen.

One response to “Bermacam-macam Keindahan di Pantai Lembupurwo Kebumen Jawa Tengah”

  1. memang begitu banyak tempat wiata di jawa tengah yang belum kita kunjungi yah, informasi ini sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin menghabiskan masa liburan bersama keluarganya. terimakasih informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom