Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Wisata Alam Gunung Pancar

wana-wisata-gunung-pancar

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Wisata Alam Gunung Pancar memang layak untuk dikunjungi karena dapat mengusir kepenatan setelah kegiatan rutinitas harian. Obyek wisata di Jawa Barat ini mudah dijangkau, murah, dan juga menyediakan aktivitas yang menyenangkan untuk Anda dan keluarga. Tidak seperti Jakarta dengan polusi udara yang tinggi dan penuh kebisingan, tempat ini memiliki nuansa pegunungan nan hijau dan nyaman.

Obyek Wisata

pemandian air panas wana wisata gunung pancarSetiba dilokasi obyek wisata Gunung Pancar, ribuan pohon cemara tinggi menjulang akan mengantar Anda kepada Alam Gunung Pancar. Dengan ketinggian sekitar 800 m dpl dan suhu pada malam hari rata-rata 24°C, sedangkan suhu pada siang hari tertinggi 33°C. Gunung ini tidak berkawah, tetapi memiliki banyak bebatuan besar-besar. pohon-pohon ditanami sejak tahun 1971. Tempat ini mengkombinasikan hutan buatan dengan alam sesungguhnya sehingga matahari pagi pun malu-malu mengintip dari balik dahan pohon.

camping ground wana wisata gunung pancarAktivitas yang dapat Anda lakukan di sini adalah hiking, berkemah, berkuda, tenis, berenang, lintas alam dan bersepeda Down Hill. Biasanya, diadakan pada Sabtu atau Minggu. Rute dan fasilitas disesuaikan untuk kegiatan menyehatkan dan menantang. Setelah lelah bersepeda, tidak seberapa jauh dari trek sepeda bertanah liat ini, terdapat tempat untuk memanjakan diri. Anda bisa menikmati Spa dengan air yang berasal dari panas bumi, bukan air belerang. Satu bilik, satu kolam dengan batu alam, dan penataan yang sangat alami dapat Anda sewa per jamnya Rp. 50.000,-. Masih berada di kawasan yang sama, terdapat pula pengobatan alternatif. Pemandian air panas yang menyediakan terapi pijat atau totok dari air panas yang disemprotkan dengan selang. Banyak orang yang datang untuk mengobati berbagai penyakit berat seperti stroke.

Selain itu, Anda akan menjumpai petani yang menanam singkong, bayam, dan padi. Ada aliran sungai yang arusnya cukup bersahabat, bisa untuk bermain air dan merendam kaki, tetapi Anda tetap harus berhati-hati karena alam tidak bisa ditebak. Jadi, tunggu apalagi? Let’s Go Green! Dimulai dengan mendatangi tempat wisata alam yang ditumbuhi pohon tinggi menjulang.

Tiket Masuk

Wana Wisata Gunung Pancar memberlakukan tiket masuk bagi orang dewasa sebesar Rp. 2.000,-. Berdasarkan cara kedatangan, pengunjung yang menggunakan kendaraan roda 2 dikenakan biaya Rp. 1.500,-, kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp. 2.000,-

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas wisata di Wana Wisata Gunung Pancar diantaranya yaitu pusat informasi, pondok kerja, sarana olah raga, camping ground, tempat bermain anak, pemandian air panas, shelter, akomodasi penginapan dan ruang pertemuan.

Akses

Dari arah Jakarta, silakan Anda mengambil jalan tol Jagorawi, keluar di pintu tol Sentul Selatan. Lanjutkan menuju Babakan Madang. Anda bisa juga melewati daerah Bogor Baru menuju Desa Karang Tengah. Jaraknya sekitar 25 km dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam. Ikuti petunjuk jalan “Gunung Pancar” dan Anda akan menemukan kawasan wisata alam ini.

Info Tambahan

  • Untuk mencapai tempat ini, kendaraan jenis jip akan lebih memudahkan perjalanan Anda.
  • Lokasinya memang tidak seberapa jauh. Dapat dicapai melalui Sentul atau Bogor, tetapi jalan masuk terbilang agak susah. Jadi, jangan malu untuk bertanya.
  • Bawa bekal makanan sendiri karena tidak banyak warung makan di daerah ini.


View Wisata Gunung Pancar in a larger map

6 responses to “Wisata Alam Gunung Pancar”

  1. nia ratri says:

    selamat pagi..
    di campground ini berkapasitas berapa orang ya?
    terimakasih

    • admin says:

      camping ground yang merupakan rerumputan asri dengan dikelilingi pohon pinus ini berkapasitas sekitar 500 orang.

  2. Benedictus Anindito says:

    Selamat siang
    Boleh minta informasi ttg fasilitas dan biaya camping groundnya??
    Terima kasih.

  3. ester says:

    Kalau pergi kesana pakai transportasi umum bisa tidak ? Kalau bisa bagaimana caranya ? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom