search
top

Wisata Belajar di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo, tempat ini layak dimasukkan ke dalam daftar kunjungan wisata liburan Anda. Karena tempat ini menawarkan keriangan ketika masa kanak-kanak, bernyanyi dan menari bersama dengan nuansa pedesaan dan dengan iringan alat musik Angklung.

Alat Musik Angklung

alat musik angklung

Kata angklung berasal dari kata ang atau angka, yang berarti nada dan lung berarti rusak atau hilang. Jadi, angklung berarti nada yang tidak lengkap. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari dua tabung bambu yang melekat pada bingkai bambu. Angklung sudah populer di seluruh Asia Tenggara. Alat musik ini digunakan dan dimainkan oleh orang Sunda sejak zaman kuno. Namun, baru pada tanggal 18 November 2010, UNESCO menetapkan angklung sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Ini merupakan penghargaan sekaligus pengakuan bahwa angklung merupakan milik bangsa Indonesia dan wajib dilestarikan sebagai warisan.

Obyek Wisata

Didirikan tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena beserta istrinya, Uum Sumiati. Pendirian Saung Angklung Udjo atau disingkat SAU terinspirasi dari filosofi guru Udjo Ngalagena, yaitu Daeng Soetigna (pencipta angklung pada tahun 1938). Beliau berpendapat, bahwa untuk mengembangkan warisan leluhur tanah Sunda (angklung), terdapat lima unsur utama, yaitu mudah, murah, mendidik, menarik, dan masal atau dikenal dengan nama 5M. Udjo menyempurnakan filosofi ini dengan menambahkan satu nilai, yaitu meriah. Semua terbukti ketika Anda memasuki area ini, sebuah gambaran keharmonisan antara alam dan budaya.

pertunjukan saung angklung udjoDiadakan pertunjukan internal dalam satu paket, yaitu pertunjukan bambu petang yang menyuguhkan pertunjukan bermain angklung bersama, tari topeng, dan lain-lain. Sementara itu, kegiatan eksternal berisi pertunjukan interaktif, permainan lagu populer dengan angklung, dan lain sebagainya. Semua kegiatan melibatkan prinsip dasar masyarakat Sunda, “Kaulinan Urang Lembur” atau Permainan Orang Desa, yang merupakan hakikat keriangan orang desa menyambut keberadaan alam dan daur hidupnya. Agar lebih mudah, sesuaikan kunjungan Anda dengan waktu pertunjukan, yaitu pukul 08.00 – 14.00 untuk para pelajar dan 15.30 – 17.30 untuk umum.

Lokasi

Saung Angklung Udjo terletak di Jl. Padasuka No.118, Bandung. Telp: 022-7271714 dan Faks: 022-7201587. Kunjungi situs resmi Saung Angklung Udjo untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk, termasuk souvenir kalung angklung dan minuman selamat datang sebesar Rp. 50.000,- per orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 80.000,- per orang untuk wisatawan mancanegara, dan untuk pelajar dikenai biaya Rp. 35.000,- per orang.

Akomodasi dan Fasilitas

aneka kerajinan saung angklung udjoGuest House Angklung, Tempat Parkir, Guest House Arumba, Toko Cinderamata, Pusat Produksi Angklung, Bale Karesmen (tempat pertunjukan), Tepas Udjo, Warung Hawu, Buruan Sari Asih, Studio Musik, Perpustakaan, serta Sentra Penyuluhan Kehutanan. Jika Anda ingin menginap di obyek wisata Jawa Barat ini, klik di sini untuk mencari dan memesan hotel dekat Saung Angklung Udjo.

Akses

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan beberapa agen travel yang sudah bekerjasama, seperti Cipaganti Travel, Jackal Travel, MG Holiday, Panorama, dan Pacto. Jika naik kendaraan pribadi, pilih arah cipularang. Naik ke jembatan layang, ikuti papan petunjuk ke Cicaheum. Sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ikuti papan petunjuk menuju Jalan Padasuka. Anda akan menemui petunjuk ke lokasi. Anda juga dapat menggunakan angkutan umum sebagai pilihan. Dari Surapati, pilih angkutan umum 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom (arah Cicaheum). Turun di perempatan Padasuka (100 meter sebelum Cicaheum), lanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju Saung Udjo (500 meter).


View Saung Angklung Udjo in a larger map


One Response to “Wisata Belajar di Saung Angklung Udjo”

  1. fazri says:

    Terima kasih kami ucapkan kepada pengelola situs ini yang telah membuatkan artikel mengenai Saung Angklung Udjo sebagai salah satu objek wisata di Bandung, Jawa Barat.

    Dengan ini kami hanya ingin memberikan informasi mengenai update Harga Tiket Masuk yang berlaku saat ini (21 Agustus 2014) :

    Harga Tiket Masuk hari Senin-Jumat dan Minggu:
    Domestik : IDR 60.000,- (dewasa), IDR 40.000,- (anak-anak)
    Mancanegara : IDR 100.000,- (dewasa), IDR 60.000,- (anak-anak)

    Harga Tiket Masuk khusus hari Sabtu:
    Domestik : IDR 70.000,- (dewasa), IDR 50.000,- (anak-anak)
    MAncanegara : IDR 110.000,- (dewasa), IDR 70.000,- (anak-anak)

Leave a Reply

top