Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Pantai Pangandaran dan Taman Wisata Alam

Pantai Pangandaran Jawa Barat

Salah satu objek wisata yang ada di Kab. Pangandaran (merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis) Jawa Barat yaitu Pantai Pangandaran. Objek wisata Pantai Pangandaran berada di sebelah tenggara Provinsi Jawa Barat, tepatnya terletak di Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Pantai Pangandaran pernah dinobatkan dalam deretan pantai terbaik di Pulau Jawa.

Objek Wisata

Pantai PangandaranAnda dapat menikmati keindahan alam di Pantai Pangandaran. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di objek wisata Jawa Barat ini adalah berenang, menyelam, dan menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam di tempat yang sama. Kontur pantainya yang landai dan airnya yang jernih memungkinkan Anda untuk berenang dan menyelam untuk melihat batu karang dan beberapa ikan laut dengan jelas.

Taman Wisata Alam PangandaranSelain itu, terdapat objek wisata Taman Wisata Alam Pangandaran yang berada di sebelah timur Pangandaran. Di objek wisata ini, Anda bisa berjalan-jalan menjelajah hutan dengan iringan suara penghuni taman ini. Jika Anda beruntung, Anda akan menjumpai rusa dan monyet yang berkeliaran bebas di taman wisata ini. Selain menjelajah hutan, Anda bisa melakukan aktivitas susur gua. Di Taman Wisata Alam ini memang terdapat banyak sekali gua, seperti Gua Punggung, Gua Parat, Gua Miring, dan lain sebagainya.

Pada bulan-bulan tertentu ada beberapa even yang digelar di Pantai Pangandaran, seperti Hajat Laut, yaitu ritual melarung sesaji ke laut lepas. Biasanya dilakukan oleh para nelayan yang tinggal di sekitar pantai. Acara Hajat Laut digelar pada tiap bulan Muharram. Ada juga Festival Layang-layang Internasional atau disebut juga Pangandaran International Kite Festival yang digelar pada bulan Juni atau bulan Juli.

Lokasi

Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Akses

Jika Anda menggunakan transportasi jenis bus dari Kota Bandung, Anda bisa menggunakan bus jurusan Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran. Dari Kota Jakarta Anda bisa menggunakan bus jurusan Kampung Rambutan-Pangandaran.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran Rp. 3000,-/orang (tidak termasuk kendaraan).
Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Pangandaran Rp. 9.500,-/orang

Fasilitas dan Akomodasi

Berbagai fasilitas dan akomodasi yang ada di Pantai Pangandaran relatif lengkap, seperti tersedianya area parkir, penjaga pantai, beragam penginapan seperti wisma atau hotel berbintang, tempat berkemah, pemandu wisata, pusat informasi, warung makan, restoran, persewaan pelampung dan sepeda, serta fasilitas penunjang lainnya.


View Pantai Pangandaran, Jawa Barat in a larger map

One response to “Pantai Pangandaran dan Taman Wisata Alam”

  1. obyek wisata says:

    pantai pangandaran green canyon begitu indah
    thanks bro infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom