Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Obyek Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

kawah-ratu-gunung-tangkuban-perahu1

Salah satu obyek wisata di Jawa Barat yaitu Gunung Tangkuban Perahu, yang merupakan obyek wisata andalan di Propinsi Jawa Barat. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 m dpl. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Cerita Legenda

kawah ratu gunung tangkuban perahuTerdapat cerita legenda Gunung Tangkuban Perahu ini, diceritakan dahulu kala, Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri, yaitu Dayang Sumbi, bersikeras untuk memperistrinya. Karena mengetahui ikatan darah tersebut, Dayang Sumbi menolaknya dengan memberi syarat yang berat. Sangkuriang harus membuat sebuah perahu dalam waktu semalam. Akhirnya, perahu yang diminta Dayang Sumbi tidak selesai tepat pada waktunya. Karena marah dan kesal, perahu itu ditendang oleh Sangkuriang dan membentuk sebuah gunung berkawah yang menyerupai bentuk perahu tersebut.

Obyek Wisata

kawah domas gunung tangkuban perahuBeberapa obyek wisata selain Kawah Ratu sebagai daya tarik utamanya, ada beberapa obyek wisata lainnya di lokasi ini. Sangat disarankan untuk mengunjungi obyek wisata alam lainnya ini. Sekitar 1 Km dari gerbang utama, Anda akan menemukan tempat parkir pertama yang ramai. Di situlah terdapat Kawah Domas. Anda diperbolehkan untuk mendatangi kawah ini, karena hanya berupa kawah kecil dengan semburan air panas. Tetapi Anda harus berjalan kaki sejauh 1.3 Km. Di Kawah Domas, Anda bisa memasak telur yang bisa disantap setelah matang dengan cara dimasukkan ke dalam kawah, Anda pun juga bisa merendam kaki untuk sekedar menghilangkan capek setelah berjalan mengelilingi Tangkuban Perahu. Setelah menikmati Kawah Domas, Anda bisa melanjutkan  perjalanan untuk melihat Kawah Upas yang berada tepat di seberang Kawah Ratu. Dalam perjalanan, Anda akan ditemani pemandangan yang sangat asri oleh pepohonan rindang di kanan kiri jalan. Ditempat ini, suasana jalannya cukup sepi karena pengunjungnya tidak banyak. Jika Anda lelah berjalan kaki, Anda bisa menyewa kuda dengan harga sewa Rp. 20.000,-.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk di obyek wisata ini adalah Rp. 12.500,-/orang, Rp. 9.000,-/mobil, Rp. 4.000,-/motor, dan Rp. 17.500,-/bus.

Fasilitas dan Akomodasi

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, banyak terdapat berbagai macam yang bisa Anda beli, seperti pakaian, boneka, aneka kerajinan tangan, jajanan, serta obat tradisional belerang untuk reumatik dan sakit gula. Beberapa penginapan/hotel juga tersedia di tempat ini. Klik di sini jika Anda ingin menginap di hotel dekat Gunung Tangkuban Perahu.

Akses

Berjarak sekitar 30 Km dari Bandung dan dapat ditempuh dengan mudah melalui jalur Bandung-Ledeng-Lembang. Bagi pengguna kendaraan roda dua, gunakan jalur alternatif Bandung-Lembang, yaitu melalui Dago dan Pagerwangi yang berjarak sekitar 5 Km, melewati Pasar Lembang. Jalan menuju kawasan wisata ini sudah teraspal dengan baik, tetapi terdapat beberapa tikungan tajam yang curam. Dari Lembang, hanya 11 Km ke arah Subang untuk dapat mencapai gerbang utama obyek wisata.

Info Tambahan

  • Jika Anda berencana untuk berkunjung pada hari libur, usahakan datang pagi-pagi sekali untuk menghindari kepadatan jalur, terutama di kawasan Lembang.


View Gunung Tangkuban Perahu in a larger map

Leave a Reply

bottom